Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana  cara membuat cemplon ubi ungu. Didalam ubi terdapat kandungan yang baik untuk kesehatan ?

Pengertian Cemplon

Cemplon ialah salah satu kue tradisional yang terbuat dari ubi kayu atau singkong. Cemplon adalah kue khas dari Jogjakarta tepatnya gunung kidul.

Kue cemplon berbahan dasar dari singkong, singkong atau ubi kayu termasuk salah satu jenis tumbuhan yang banyak dijumpai di Indonesia. Bahkan di sebagian daerah singkong menjadi makanan pokok.

Kandungan

Cemplon mengandung energi sebesar 94 kilokalori, protein 0,5 gram, karbohidrat 12,61 gram, lemak 5,28 gram, kalsium 8 miligram, fosfor 12 miligram, dan zat besi 0,2 miligram.  Selain mengandung banyak kandungan cemplon juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 0,01 miligram dan vitamin C 7 miligram di dalamnya.

Kandungan Ubi Ungu

Menjaga Tekanan Darah

Ubi jalar adalah merupakan salah satu makanan yang kaya akan kalium. Elektrolit ini sangat penting untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, kalium juga berperan aktif untuk mengendalikan fungsi otot dan fungsi saraf.

Mencegah Kanker

Seperti yang telah dijelaskan, Ubi jalar mengandung banyak beta karoten. Nutrisi ini merupakan zat yang bersifat antioksidan yang melawan radikal bebas dan mencegah kanker.

Menjaga Berat Badan

Orang yang gemar makan kentang, terutama dalam bentuk keripik atau kentang goreng berpotensi tinggi menambah berat badan. Tapi hal itu tidak berlaku bagi yang gemar makan ubi jalar, bahkan justru berat badan Anda akan stabil atau diurunkan.

Ubi jalar mengandung jenis serat larut , yang membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dalam darah. Salah Satu Sumber Vitamin A Terbaik Ubi jalar disebut sebagai makanan super oleh Center for Science in the Public Interest dalah hal kandungan gizi .

Sistem Kekebalan Tubuh

Beta karoten dan berbagai jenis nutrisi lainnya seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi dan fosfor dalam ubi jalar akan membuat sistem kekebalan tubuh kita meningkat.

Membantu Pencernaan Serat

yang dikandung ubi jalar ungu juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Jika hal ini dikombinasikan dengan mineral dalam ubi jalar seperti magnesium, maka makanan ini adalah pilihan yang tepat untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, ubi jalar juga sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi usus kecil dan lambung.

Membantu Mengurangi Gejala Arthritis

Kandungan beta karoten, magnesium, seng dan vitamin B kompleks membuat ubi jalar sebagai pilihan yang baik bagi penderita arthritis.

Membantu Penderita Diabetes

Orang dengan diabetes pasti disarankan untuk menghindari makanan manis atau mengandung gula. Walaupun ubijalar ungu rasanya lebih manis dan mengandung karbohidrat, namun makanan ini membantu sekresi dan fungsi insulin. Namun hal ini bukan berarti bahwa orang dengan diabetes bisa bebas makan ubi jalar. Akan tetapi penderita bisa mengubah asupan karbohidrat mereka dengan ubi jalar .

Mencegah Sakit Maag

Ubi jalar juga dikenal memberikan efek yang nyaman di lambung dan usus kecil. Kandungan Vitamin B kompleks, vitamin C, beta karoten, kalium dan kalsium sangat efektif untuk membantu mengurangi peradangan pada lambung.

Cara Membuat Cemplon Ubi Ungu

cara membuat cemplon ubi ungu

1. Cara Membuat Cemplon Ubi Ungu

Bahan-bahan :

  • 300 gr ubi ungu
  • 65 gr gula merah ( disissir halus )
  • 120 gr tepung ketan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 90 ml air hangat
  • kelapa parut secukupnya ( untuk taburan )
  • sedikit garam halus ( dicampur dengan kelapa parut )
  • air untuk merebus secukupnya

Cara Membuat Cemplon Ubi Ungu :

  1. Kupas kulit ubi ungu lalu dicuci sampai bersih
  2. Kukus ubi ungu sampai benar-benat matang dan empuk lalu dihaluskan
  3. Campurkan tepung ketan, garam dan ubi ungu
  4. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis dan mudah dibentuk
  5. Ambil sedikit adonan lalu diisi dengan gula merah dan dibentuk bulat ( lakukan sampai selesai )
  6. Panaskan air hingga mendidih lalu masukkan kue klepon yang sudah dibentuk bulat
  7. Rebus kue klepon sampai matang dan kenyal lalu diangkat sambil ditiriskan
  8. Kukus kelapa parut yang sudah dicampur dengan garam kira-kira selama 5-10 menit, angkat
  9. Gulingkan kue klepon dengan kelapa parut hingga merata dan siap dinikmati

Demikian artikel yang saya bahas kurang lebihnya mohon dimaafkan. Cara membuat cemplon ini sangat mudah serta  bahan nya juga mudah untuk didapatkan.