Cardigan adalah pakaian pelengkap untuk tambah mempercantik penampilan dan memberikkan efek yang berbeda setiap kali dipasangkan dengan pakaian yang cocok, dan berbeda. Ternyata ada cara sendiri dalam membuat cardigan, kalian juga dapat belajar membuat cardigan dari baju bekas. Yuk simak pembahasan dibawah ini mengenai cara membuat cardigan dari baju bekas !

Bahan-bahan yang diperlukkan dalam membuat cardigan adalah :

  1. T-shirt atau baju bekas
  2.  Gunting
  3.  Pin Lurus
  4.  Kapur
  5.  Benang
  6.  Jarum

Baca juga tips membuka usaha depot air minum

Berikut juga langkah-langkah dalam membuat cardigan :

  1.  Langkah pertama buatlah pola pada T-shirt atau baju bekas menggunakkan kapur.
  2.  Pola ini Untuk menempatkan frill atau renda yang berguna untuk mempercantik cardigan yang dibuat.
  3.  Gunting kaos mengikuti pola yang telah anda buat tadi.
  4.  Untuk membuat pola renda, ambil sepotong kecil T-shirt dan buat ulang pola seperti sebelumnya dengan ukuran yang lebih kecil.
  5. Gunting sesuai dengan pola.
  6.  Letakkan T-shirt dan pola untuk renda dengan jarum pent untuk menjaga bahan dari pergeseran.
  7.  Bahan jahit dari bagian dalam mengikuti pola dengan jejak tusukan (jelujur).

Nah, itulah  langkah-langkah dan cara membuat cardigan dari baju bekas sendiri.

Baju bekas merupakkan pakaian yang telah lama tidak dipakai, atau pakaian yang sudah kekecilan atau tidak muat untuk dipakai, baju bekas selain bisa dimanfaatkan untuk membuat cardigan, juga dapat dimanfaatkan untuk membuat barang-barang yang berguna contoh nya seperti berikut :

  1.  Membuat Tote Bag dari Baju bekas

Bahan yang diperlukan:
• Kaus bekas yang sudah tidak terpakai. Lebih baik gunakan kaus berbahan tebal supaya tas tidak mudah robek
• Gunting
• Spidol non-permanen yang dapat dibersihkan

Langkah-Langkah :

1. Pilih kaus yang akan dijadikan tote bag, lalu gunting kedua bagian lengan. Supaya hasil guntingan terlihat rapi, lipatlah setengah bagian kaus ke belakang, sejajarkan bagian lengan, lalu gunting kedua bagian lengan dengan rapi. Apabila kaus terlalu tebal dan bagian lengan tidak bisa digunting sekaligus, gunting salah satu bagian lengan terlebih dahulu, lalu lipat setengah bagian kaus ke belakang. Jadikan bagian lengan yang sudah tergunting sebagai patokan untuk menggunting bagian lengan yang lainnya.

2. Pilih kaus yang akan dijadikan tote bag, lalu gunting kedua bagian lengan. Supaya hasil guntingan terlihat rapi, lipatlah setengah bagian kaus ke belakang, sejajarkan bagian lengan, lalu gunting kedua bagian lengan dengan rapi. Apabila kaus terlalu tebal dan bagian lengan tidak bisa digunting sekaligus, gunting salah satu bagian lengan terlebih dahulu, lalu lipat setengah bagian kaus ke belakang. Jadikan bagian lengan yang sudah tergunting sebagai patokan untuk menggunting bagian lengan yang lainnya.

3. Langkah selanjutnya adalah menentukan kedalaman dari tote bag yang akan kamu buat. Kamu dapat menggunakan penggaris atau buku untuk menandai seberapa dalam tote bag yang kamu inginkan. Masih dalam kondisi terbalik, tandai seberapa dalam tote bag yang kamu inginkan dengan menggunakan spidol.

4. Sekarang, gunting bagian bawah kaus yang sudah ditandai menjadi berbentuk rumbaian. Gunting bagian depan dan belakang kaus secara berbarengan, karena pada tahap selanjutnya, guntingan-guntingan tersebut akan disatukan dengan cara diikat.

5. Pada bagian ini, ikat kencang rumbaian kain yang sudah tergunting secara berpasangan, antara bagian depan dengan bagian belakang. Lakukan hingga rumbaian habis terikat. Usahakan untuk mengikat dengan kencang, rapat, dan sejajar supaya tas terlihat rapi.

6. Pada tahap terakhir, balikkan kembali kaus yang sudah dijadikan tote bag dan voilatote bagpun sudah siap untuk digunakan!

2.  Membuat Boneka dari Baju Bekas

Bahan-bahan yang diperlukkan :

  • Kaos Kaki bekas tentunya,
  • dakron atau kapas untuk isi boneka,
  • benang,
  • mutiara-mutiara untuk mata dan mulut boneka,
  • gunting,
  • pinset,
  • pulpen,
  • pensil, dan
  • jarum.
Berikut langkah-langkah membuat Boneka Panda dari Kaos Kaki Bekas, silahkan disimak :
  • Gambarlah bentuk bagian dasar boneka pada kaos kaki untuk mempermudah pemotongan, dan mempercepat pekerjaan.
  • Potong lah bagian-bagian nya sesuai garis agar rapi, dan ditemukan bentuk dasar boneka seperto berikut ini.Potong lah bagian-bagian nya sesuai garis agar rapi, dan ditemukan bentuk dasar boneka seperto berikut ini.
  • Jahit semua pinggiran dari bentuk dasar tersebut, kemudian isikan lah kapas atau dakron pada setiap bagian potongan untuk menghasilkan bentuk yang bagus.
  • Jahitlah semua bagian sisinya agar kapas atau dakron nya tidak keluar, disni kita udah mendapatkan semua bagian dasar boneka yang terisi kapas/dakron, sekarang tinggal menyatukan semua bagian tersebut dan dihasilkan lah sebuah boneka panda kecil dari kaos kaki bekas.
  • Dan setelah semua proses selesai kira-kira hasilnya akan seperti ini :