Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara membuat cappucino dengan mesin kopi yang mudah dan nikmat.

Cappucino

Cappucino merupakan minuman khas Italia yang dibuat dari espresso dan susu, tetapi referensi lain juga ada yang menyebutkan bahwa cappucino berawal dari biji biji kopi tentara Turki yang tertinggal setelah peperangan yang di pimpin oleh Kara Mustapha Pasha di Wina, Austria melawan tentara gabungan Polandia-Germania.

Selain espresso yang baik, unsur terpenting dalam membuat kapucino adalah tekstur dan temperatur susu. Bila seorang barista yang terlatih baik memanaskan susu untuk kapucino.

Ia harus menciptakan “microfoam” dengan memasukkan busa-busa udara yang sangat halus ke dalam susu. Hal ini membuat susu itu sangat halus dan terasa manis.

Kapucino biasanya didefinisikan sebagai 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa.

Definisi yang lain menyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam. Kapucino berbeda dengan latte macchiato, yang kebanyakan terdiri dari susu dan sedikit busa.

Bagaimana Sih Cara Membuat Cappucino Dengan Mesin Kopi?

Pada awalnya, tidak terlalu susah untuk membuat segelas kopi cappucino. Bahkan Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan resep yang dimiliki.

Nah, untuk melengkapi koleksi resep coppucino kepunyaan Anda. harus mencobanya karena caranya begitu mudah. Café latte dan cappuccino terdiri dari espresso, steamed susu dan foam susu.

Biasanya dengan menggunakan mesin espresso, café latte dibuat dengan espresso dari mesin espresso dan susu beserta foam yang dihasilkan oleh steamer yang ada di mesin espresso tersebut. setelah ini cara yang sangat mudah untuk membuat kopi cappucino.

Cara Membuat Cappucino Dengan Mesin

Cara Membuat Cappucino Dengan Mesin Kopi

1. Giling Biji Kopi

  • Periksa konsistensi espresso giling tersebut dengan mencubit sedikit di antara ibu jari dan telunjuk anda. Espresso harus sedikit menggumpal menjadi satu, namun Anda tidak seharusnya melihat ada sidik jari.
  • Jika Anda melihat ada sidik jari yang kentara pada espresso giling atau espresso tersebut tidak menggumpal sama sekali, sesuaikan penggiling kopi Anda dengan instruksi pabrik.

2. Kosongkan Hasil Gilingan Di Portafilter.

Gunakan kelingking untuk sedikit menyentuh permukaan espresso giling guna mendistribusikannya secara merata di sekitar portafilter.

3. Padatkan Espresso Giling Ke Dalam Portafilter Dengan Menggunakan Espresso Tamper.

  • Tekan ke bawah bubuk espresso secara perlahan dan kemudian ketuk bagian luar portafilter untuk membuat sisa espresso yang menempel di bagian dalam portafilter jatuh.
  • Dorong pelet dengan tekanan yang kuat untuk memadatkan espresso tersebut ke portafilter.

4. Letakkan Portafilter ke Dalam Mesin Anda.

Jangan membuat kopi espresso dulu. Anda harus menunggu sampai selesai membuat busa pada susu.

5. Letakkan Cangkir Cappuccino Anda Di Bawah Dispenser Espresso dan Mulailah Siklus Penyeduhan Kopi.

Taruh cangkir kesayangan anda di bawah dispenser dan menyeduh kopi pun bisa anda lakukan.

6. Analisis Kualitas Kopi Seduhan Anda

Bagian pertama yang akan tertuang berwarna gelap diikuti dengan busa keemasan yang disebut crema.

7. Hitung Waktu Penyeduhan

Penyeduhan espresso harus dituang selama 20 sampai 30 detik untuk kualitas terbaik.

8. Simpan Hasil Seduhan Jika Telah Dituang Dengan Benar

Jika tidak, buang, dan kembali giling dan tekan espresso, dan coba kembali.

9. Tuang Busa Susu Ke Atas Seduhan Espresso

Cappuccino harus terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 susu uap dan 1/3 busa susu.

10. Nikmati

Anda dapat menaburi kayu manis pada busa cappuccino untuk tambahan rasa, jika Anda mau.

Itulah pembahasan kita mengenai cara membuat cappucino dengan mesin kopi. Semoga bermanfaat.