Pada kesempatan kali ini kita akan membuat bubur kacang ijo ketan hitam Resep legendaris, resep yang paling dicari oleh para pengusaha kuliner.

Cara membuat bubur kacang ijo ketan hitam ini sudah ada sejak zaman dulu, resep bubur kacang ijo ketan hitam yang akan dibuat kali ini adalah resep bubur kacang ijo spesial.

Jadi bubur kacang ijo ketan hitam ini akan sangat pas jika disajikan untuk hidangan keluarga, selain rasa yang nikmat bubur kacang ijo ketan hitam ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dengan kata lain bubur kacang ijo ketan hitam ini adalah makanan lezat yang bergizi, dan baik untuk kesehatan kita.

Oleh sebab itu mari kita mulai membuat bubur kacang ijo ketan hitamnya, membaca panduan dari resep legendaris.

Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam Resep Legendaris

Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam

Untuk memungkinkan kita perlu membuat bahan-bahannya terlebih dahulu, dan jangan khawatir jika di rumah kalian belum tersedia bahan-bahannya.

Kalian dapat membeli bahan-bahannya di warung dekat rumah kalian, karena bahan-bahannya mudah didapat dan memang bahan yang sering dibutuhkan oleh ibu rumah tangga.

Berikut adalah bahan-bahan yang harus kalian siapkan terlebih dahulu, sebelum membuat bubur kacang ijo ketan hitamnya.

Bahan-bahan Yang Digunakan

  1. 200 gram kacang hijau, rebus matang
  2. 200 gram beras ketan hitam, cuci bersih
  3. 1 ½ liter udara
  4. 170 gram gula merah sisir
  5. 100 gram gula pasir
  6. 4 lembar daun pandan, simpulkan

Selain bahan-bahan di atas kalian juga perlu bahan-bahan untuk membuat kuah santan, berikut bahan-bahan yang harus kalian siapkan lagi.

Kuah Santan Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam

  1. 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  2. 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit santan
  3. 2 lembar daun pandan
  4. 120 gram gula pasir
  5. ½ sdt garam

Tahap berikutnya yaitu mulai membuat bubur kacang ijo ketan hitamnya, membuatnya juga tidak kalah mudah dibuat dengan bahan-bahan diatas, cara ini sangat mudah namun memuaskan.

Sudah tidak sabarkan untuk membuat bubur kacang ijo ketan hitam, mari kita lanjutkan langkah-langkah berikut dengan benar.

Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam Sederhana

Pertama memasak ketan hitamnya terlebih dahulu dengan cara memasak diatas kompor gas dengan air ya, jangan lupa tambahkan gula merah agar menambah cita rasa, selain gula merah menambahkan juga gula pasir dan daun pandan.

Begitu pula dengan kacang hijaunya dimasaklah dengan cara seperti di atas, tapi memasaknya jangan disatukan ya.

Masaklah ketan hitam tersebut hingga menjadi bubur.

Kedua siapkan kuah santan untuk menambah rasa yang nikmat, enak santan dan daun pandan dengan gula pasir dan juga garam, masaklah sampai benar-benar mendidih dan gula pasirnya larut.

Kemudian kentalkan kuah santannya dengan larutan tepung maizena, lalu aduk sampai merata.

Setelah itu sajikan ketan hitam dan kacang hijau dalam satu wadah lalu beri kuah santan secukupnya.

Selain dari resep yang telah kita buat, saya juga memiliki resep lain yang tidak kalah  enak nya, yaitu resep bubur kacang ijo ketan hitam Madura.

Bagi kalian yang belum mengetahui nya pasti kalian kaget soalnya madura terkenal dengan satenya, ternyata ada masakan khas madura yang tidak kalah nikmat dengan sate madura, yaitu bubur kacang ijo ketan hitam madura.

Penasarkan, yuk mari kita simak resep-nya dibawah ini.

Resep Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam Madura

Mari kita siapkan telebih dahulu bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk membuat bubur kacang hijau ketan hitam nya.

Bahan-bahan Membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam Madura

  1. 250 gr kacang hijau, rendam 1 jam
  2. 1 liter air
  3. 3 cm jahe kupas, memarkan
  4. 2 lembar daun pandan
  5. 1/4 sendok teh vanili bubuk
  6. 150 gr gula pasir
  7. 1/2 sendok teh garam
  8. 1 liter santan

Bahan ketan hitam

  1. 200 gr ketan hitam, rendam 2 jam
  2. 1 lembar daun pandan
  3. 1/4 sendok teh garam
  4. 1000 ml air

Pelengkap Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam

  1. 5 lembar roti tawar
  2. 50 gr nangka, potong dadu
  3. 200 ml santan kental, rebus dengan sedikit garam

Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam Madura

  1. Ketan hitam: Kukus beras ketan 20 menit hingga mekar. Didihkan air, masukkan beras, daun pandan, dan garam. Masak hingga matang dan meresap, sisihkan.
  2. Didihkan air, rebus kacang hijau, jahe, dan daun pandan hingga lunak dan agak hancur.
  3. Masukkan santan dan vanili sambil diaduk perlahan hingga mendidih dan harum.
  4. Sajikan bubur kacang hijau dengan ketan hitam. Beri pelengkap, sajikan.

Tips-tips Agar Bubur Kacang Ijo Terasa Enak

Bubur kacang ijo ini sukses dimasak jika tekstur-nya agak kental, terasa empuk, dan creamy. Oleh karena itu inilah beberapa tips agar bubur kacang ijo yang kalian masak enak.

1 Rendam Kacang Ijo Semalaman

Tekstur kacang ijo yang mentah tentu-nya masih keras dan untuk melunakkan-nya rendam kacang ijo dalam air biasa minimal 3 jam hingga semalaman. Semakin lama direndam, tekstur kacang ijo akan semakin lunak sehingga waktu masaknya tak perlu lama-lama.

Merendam kacang ijo semalaman juga dapat membuat kacang-nya tidak pecah ketika dimasak. Tapi jika kalian malas untuk menunggu semalaman dan ingin segera mengolah-nya, kalian bisa langsung memasak kacang ijo mentah dengan menggunakan panci presto. Pastikan takaran air-nya cukup banyak untuk memasak kacang ijo.

2 Larutkan Gula Merah Agar Mudah Tercampur

Campurkan gula pasir dengan gula merah supaya bubur kacang ijo lebih harum, gurih, dan pas manisnya. Supaya lebih mudah tercampur dengan bubur, larutkan gula pasir dan gula merah dengan air terlebih dahulu. Caranya, sisir gula merah atau aren sesuai resep. Masukkan semua bahan-bahan dan gula ke dalam panci berisi air secukup-nya, lalu rebuslah hingga larut. Ada yang kalian harus perhatikan yaitu air untuk melarutkan gula tidak sama dengan yang dipakai untuk merebus kacang ijo.

3 Perhatikan Takaran Air Saat Merebus Kacang Ijo

Memasak bubur kacang ijo sangatlah mengandalkan air. Biji kacang ijo perlu serapan air yang cukup banyak agar bisa mekar dan empuk. Jadi jika air hampir habis saat merebus kacang ijo, tapi si kacang belum mekar juga, maka tambahkan air secukup-nya. Rebus hingga kacang ijo mekar dan terasa empuk. Jika terlalu lama dibiarkan kering tanpa tambahan air tekstur kacang ijo pasti akan gosong dan bau sangit.

4 Masukkan Gula Pasir Dan Santan Setelah Kacang-nya Mekar

Sebelum kacang ijo mekar dan empuk jangan masukkan santan, garam, dan larutan gula. Karena jika terburu-buru memasukkan semua bahan tersebut, kacang ijo akan semakin lama mekarnya. Nah kalau terlalu lama masaknya, bulir kacang ijo bisa pecah dan rasa bubur kacang ijo-nya akan kurang lezat dan manis.

5 Pakai Slow Cooker Untuk Memasak

Masak bubur kacang ijo itu memang butuh kesabaran. Kacang ijo memerlukan waktu yang cukup lama agar dapat empuk. Belum lagi kalian harus membolak-balik memeriksa keadaan bubur bila air-nya berkurang, sementara si bubur tak kunjung matang. Nah solusi praktisnya, pakai saja slow cooker, seperti Miyako SC400 Slow Cooker yang memiliki 4 tingkat pengaturan suhu. Sehingga kacang ijo bisa matang sempurna tanpa kehilangan kandungan zat gizi-nya.

Tekstur kacang ijo dapat empuk dan tak pecah yaitu karena dimasak dalam suhu yang rendah secara perlahan. Gunakan pengaturan “low” dan tunggu kacang ijo masak selama beberapa jam, sementara kalian bisa melakukan aktivitas lain.

Demikianlah Cara Membuat Bubur Kacang Ijo Ketan Hitam dengan resep legendaris, semoga resepnya dapat bermanfaat bagi kita semua.