Lagi coba beralih menggunakan bahan bakar alami buat masak? Artikel ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat briket batok kelapa yang bisa digunakan sebagai bahan bakar alami. Tak lupa juga akan dibahas keunggulan dan peluang usaha yang bisa didapatkan dari pembuatan briket tempurung kelapa ini.

Cara Membuat Briket Batok Kelapa

cara membuat briket batok kelapa

Kita semua setuju jika kelapa merupakan buah yang penuh dengan manfaat mulai dari pohon, buah, hingga daunnya. Nah, tempurung kelapa ini menjadi salah satu bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif yang memiliki banyak keuntungan.

Cara membuat briket arang batok kelapa atau tempurung kelapa ini bermacam macam, ada yang dengan campuran serbuk kayu, sampah organik, dan lain sebagainya. Bahan-bahan pembuatannya yang mudah dan murah didapat membuat inovasi briket ini patut untuk dipertimbangkan. Berikut ini proses pembuatan briket arang termpurung kelapa yang ekonomis dan ramah lingkungan.

Alat dan Bahan

Alat

  • Mesin briket arang
  • Alat pencetak briket
  • Oven briket
  • Mesin pencampur adonan

Bahan

  • Arang tempurung kelapa
  • Tepung kanji
  • Air

Cara membuat Briket Batok Kelapa

  1. Proses Pengarangan :
  • Cara Manual Menggunakan Tong
    • Masukan batok kelapa ke dalam tong.
    • Kemudian dibakar dengan kondisi tertutup sampai hanya ada sedikit ventilasi pada tong arang tersebut.
  • Menggunakan Proses pirolisis
    • Masukkan batok kelapa dalam tangki pirolisis dalam keadaan tertutup.
    • Selanjutnya kepulan asap di kondensasikan sampai mendapatkan asap cair.
  1. Penepungan, arang yang telah melalui pembakaran manual atau menggunakan proses pirolisis selanjutnya ditepung menggunakan bantuan mesin diskmill.
  2. Proses Pengayakan, Setelah melalui proses penghancuran arang selanjutnya dilakukan pengayakan agar bisa menghasilkan arang batok kelapa dengan ukuran yang lebih lembut dan halus. Caranya ayak dengan menggunakan saringan ukuran kelolosan 50 mesh.
  3. Pencampuran media, tepung batok kelapa yang sudah halus lalu dicampur dengan menggunakan air dan lem kanji dengan takaran lem kanji sebanyak 2,5 % dari tepung batok kelapa tadi.
  4. Proses mencetak briket arang batok kelapa, Setelah semua bahan tadi tercampur dengan merata selanjutnya lakukan proses pencetakan dengan menggunakan cetakan.
  5. Pengeringan, yang terakhir keringkan briket yang sudah dicetak dengan menggunakan oven bersuhu 650  derajat C selama kurang lebih 2 jam, pengeringan ini bisa juga menggunakan bantuan sinar matahari.

Baca Juga : Cara Membuat Abon Sapi Pedas

Keunggulan Briket Arang Batok Kelapa

Briket yang terbuat dari bahan batok kelapa ini memiliki banyak keunggulan antara lain :

  • Lebih ekonomis karena relatif murah dari bahan lain.
  • Tidak memiliki resiko ledakan seperti pada kompor minyak tanah dan kompor elpiji.
  • Mampu menghasilkan panas tinggi dan konsisten sehingga sangat baik untuk pembakaran yang membutuhkan waktu lama.
  • Tidak mengeluarkan suara bising serta tidak berjelaga yang membuat peralatan memasak menjadi tidak cepat rusak.
  • Ramah lingkungan dan hasil pembakaran nya aman bagi kesehatan.
  • Batok kelapa yang menjadi bahan utamanya berlimpah dan mudah ditemukan.

Peluang Usaha Briket Batok Kelapa

Peeluang Usaha Briket Batok Kelapa

Terkadang ketika menjalankan usaha atau bisnis, hal utama yang sering dihadapi adalah sulitnya mencari konsumen dan memasarkan produk. Begitu juga briket arang ini, sangat penting untuk kita mengetahui peluang pasar briket arang ini terlebih dahulu.

Proses pengolahan tempurung kelapa menjadi briket memang tidak begitu mudah karena butuh ketelatenan dan perlakuan khusus. Namun jika dilihat dari peluang pasar yang ada sekarang, maka proses ini akan terasa sepadan dengan hasil yang akan didapat.

Karena briket tempurung kelapa ini termasuk bahan bakar alternatif yang sangat potensial untuk dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Meski belum sampai pada tahap krisis energi, tapi alangkah baiknya mengantisipasi dengan inovasi bahan bakar alternatif. Briket tempurung kelapa ini sendiri bisa menjadi solusi untuk mengurangi penggunaan energi konvensional yang berlebihan.

Namun, kesadaran masyarakat tentang hal ini belum sepenuhnya tumbuh. Permintaan briket arang tempurung kelapa sebagian besar justru dari pasar luar negeri, bisa dibilang 80% permintaan yang masuk ke Indonesia adalah untuk pasar ekspor. Melihat data ini, kalian bisa curi start untuk peluang besar pasar briket arang ini.

Bagi yang menjalankan bisnis briket arang ini tentu akan sangat diuntungkan dengan pasar ekspor dengan nilainya yang lebih tinggi. Terlebih peminat yang datang dari luar negeri cenderung akan memperhatikan kualitas, produsen briket arang dituntut untuk menjaga aspek kualitas serta kuantitas. Yang menjadikan bisnis yang dijalankan bisa bertahan lama dan tahan uji.

Nah, demikian akhir dari pembahasan artikel kali mengenai cara membuat briket batok kelapa dengan keunggulan, dan peluang bisnis dari pembuatan briket tempurung kelapa ini. Semoga informasi yang diberikan dapat mudah dipahami dan bermanfaat bagi pembaca, terimakasih.