Artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat bakso ikan untuk dijual. Menu yang sangat lah disegani dan disukai oleh semua orang. Namun, sebelum itu mari simak resep dibawah ini.

1. Penjelasan Bakso Ikan

cara membuat bakso ikan untuk dijual

Bakso ini merupakan produk pangan yang terbuat dari bahan utama daging yangdilumatkan, dicampur dengan bahan lain, dibentuk bulatan, dan selanjutnyadirebus (Tazwir 1992). Istilah bakso, biasanya diikuti dengan nama jenis dagingyang digunakan sebagai bahan baku utamanya, seperti bakso sapi, bakso ayam,dan bakso ikan.

Bakso ikan adalah produk makanan berbentuk bulat, yangdiperoleh dari campuran daging ikan (kadar daging ikan tidak kurang dari 50%)dan pati atau serealia dengan atau tanpa penambahan bahan tambahan makananyang diizinkan SNI.

Bahan baku pembuatan bakso dapat berasal dari berbagaidaging jenis ternak, antara lain, sapi,babi, ayam dan ikan (Purnomo,1998). Jenis bakso ini yang banyak ditemukan di pasar adalah bakso daging sapi dan bakso daging ayam.

2. Cara Membuat Bakso Ikan Untuk Dijual

Bahan-Bahan:

  • 1 kg daging ikan kakap
  • 1 gelas air dingin
  • Es batu secukupnya, haluskan
  • 4 butir putih telur
  • 12 sendok makan tepung tapioka
  • 5 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah goreng, haluskan
  • 1 sendok teh lada
  • 1 sendok teh baking powder
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya

Cara Memasak Bakso Ikan:

  1. Masukkan daging ikan, garam, penyedap rasa, lada, bawang, air, putih telur, dan es batu.
  2. Aduk semua bahan sampai merata.
  3. Tambahkan tepung tapioka yang sudah dicampur dengan baking powder.
  4. Aduk terus adonan sambil dibanting supaya mudah dibentuk.
  5. Panaskan air hingga mendidih, lalu matikan.
  6. Bulatkan adonan bakso, kemudian masukkan dalam air mendidih.
  7. Nyalakan lagi kompor dan masak bakso hingga mengapung.
  8. Angkat, lalu masukkan bakso dalam air es, tiriskan.
  9. Bakso ikan siap disajikan dengan kuah lezat.

2. Peluang Bisnis Bakso Ikan 

Kebanyakan dari berbagai masyarakat Indonesia pada umumnya sangatlah hobi sekali menyantap bakso. Banyak sekali penikmat bakso ikan ini di Indonesia dari kalangan anak muda sampai orang tua menggemarinya.

Bakso terkenal dengan bentuknya yang bundar yang diproses menggunakan daging yang digiling dan beberapa bauran bahan lain. Rasa bakso ikan ini sendiri telah dikenal karena adanya citra rasa yang sangat lezat.

Cara penyajiannya juga terkadang dihidangkan bersamaan dengan tahu, mie, gorengan ataupun siomay dengan siraman kuah panas yang ditaburi dengan daun seledri dan juga bawang goreng. Untuk menambahkan citra rasa bakso yang enak ketika menyantapnya sering juga di tambahkan pula dengan sambal, kecap maupun saos.

Di Indonesia umumnya hampir di seluruh pelosok daerah ada yang menjual bakso dengan berbagai varian. Dan uniknya ialah makanan yang memakai bahan daging yang di giling ini di setiap kota seluruh Indonesia racikannya berbeda-beda.

Bakso menjadi kondang di Indonesia yang diolah oleh penduduk Tionghoa Indonesia. kata bakso ini juga mempunyai arti yang berasal dari dua kata yakni “bak” dan “so” dalam bahasa Hokkien (Taiwan) yang berarti daging giling.

Dikarenakan penduduk Indonesia mayoritas adalah muslim maka umumnya bakso dibuat dari daging halal seperti ikan, daging ayam, ataupun daging sapi .

Tingginya penggemar bakso di negara kita membuat celah dari usaha bakso semakin menelurkan celah yang terbuka lebar. Bisnis bakso tak akan lumpuh dan selalu maju dan meruak menjadi suatu usaha yang menjanjikan dan sudah banyak sekali pemain.

Itulah menu cara membuat bakso ikan untuk jual yang sangatlah mudah sekali dalam pembuatannya. Menu ini sangat lah enak dan dapat anda praktekan dirumah bersama dengan keluarga anda. yuk coba resep kali ini. Terimakasih.