​​​​​​​Service AC Jogja — Kali ini saya akan memberikan beberapa cara membersihkan AC Panasonic. Semoga berguna dan bermanfaat. Cara membersihkan AC Panasonic ½ PK memang bisa dikatakan gampang-gampang susah jika Anda tidak mengenali dengan baik karakteristik dari AC Anda sendiri.

Di daerah seperti ibukota Jakarta dimana udaranya terasa sangat panas entah itu di siang atau malam hari sekalipun. Hal ini bisa terjadi karena ada beberapa faktor yaitu padatnya penduduk yang tinggal di Jakarta, kendaraan di jalanan yang terlalu banyak, dan adanya area-area industri. Berikut caranya.

Cara Membersihkan AC Panasonic

cara membersihkan AC panasonic

  1. Gunakan Kemoceng,Vacum Cleaner, dan Lap

Manfaatkanlah kemoceng, vacuum cleaner, dan lap yang ada di rumah Anda untuk memudahkan Anda selama proses pembersihan AC. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mematikan atau mencabut AC dari sambungan listrik agar tidak muncul risiko tersetrum. AC mengandung air dan air adalah benda yang mempunyai sifat menghantarkan listrik sehingga jika AC tidak dimatikan maka bisa membahayakan nyama.

Selanjutnya, bersihkan bagian cover depan AC dengan menggunakan kemoceng. Bersihkan dari bagian luarnya terlebih dahulu. Lalu Anda bisa mengelapnya dengan menggunakan lap yang sudah dibasahi terlebih dahulu. Lakukan pengelapan secara menyeluruh agar sisa-sisa debu yang menempel dapat terangkat. Setelah dilap, lap lagi AC Anda dengan menggunakan lap kering untuk mengangkat uap kering agar tidak menimbulkan bercak-bercak air yang mongering sehingga cover AC tidak kotor.

  1. Bersihkan Filter

Saat Anda membeli barang elektronik pasti Anda mendapatkan buku panduan, begitu juga dengan AC. Bacalah buku panduan terlebih dahulu dan cari bagaimana cara membuka dan membersihkan bagian filter tersebut.

Baca dengan teliti dan pahami baik-baik. Jika Anda sudah paham, maka segera bersihkan debu yang ada di filter AC dengan menggunakan vacuum cleaner. Anda juga dapat menggunakan kuas kecil yang bersih. Gunakan alat apapun yang membuat Anda nyaman saat menggunakannya.

Kemudian, cuci bagian filter AC Anda dengan menggunakan air bersih dan sabun pencuci piring. Bilas filter AC hingga benar-benar bersih sehingga tidak perlu kerja dua kali. Lalu sandarkan filter AC di tempat yang terkena sinar matahari langsung sehingga dapat kering dengan maksimal. Saat sudah kering, maka lap filter sampai benar-benar kering dan bersih sehingga tidak ada air dan debu yang masih tersisa.

  1. Bersihkan Bagian Kumparan Evaporator Dan Kipas

Untuk membersihkan kunparan evaporator, Anda bisa membeli cairang pembersih AC yang bisa Anda beli di toserba atau di toko elektronik. Belilah cairan pembersih dalam bentuk semprotan agar Anda lebih mudah dalam menggunakannya.

Dalam melakukan penyemprotan pada bagain kunparan evaporator dan kipas membutuhkan ketelitian dan ketelatenan tersendiri karena bagian-bagian tersebut terpasang secara permanen pada bagian dalam AC. Apalagi saat Anda akan menyemprot ke bagian-bagain tertentu agar tepat sasaran. Selain itu, Anda juga harus melakukan pengalasan pada bagian dinding bawah AC dan juga lantai bawah AC untuk mencegah kotoran yang menetes dan berceceran di lantai dan dinding. Anda harus melakukan penyemprotan yang benar agar tidak merusak komponen AC Anda.

  1. Bersihkan Bagian Unit Outdoor

Banyak orang yang masih ragu untuk membersihkan bagian outdoor AC, padahal bagian tersebut juga harus Anda bersihkan. Lalu bagaimana cara membersihkan bagain outdoor AC yang baik dan benar? Pertama-tama, copot terlebih dahulu sambungan kabel yang terhubung langsung dengan listrik untuk mencegah risiko tersetrum listrik.

Jangan ragu saat menyemprotkan air yang bertekanan ke arah unit outdorr karena bagian tersebut sudah dirancang sedemikian rupa agar air tidak akan dengan mudahnya masuk ke bagian dalam sistem yang berhubungan langsung dengan listrik.

Penyemprotan dilakukan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang ada di bagian outdoor tersebut. Karena itulah Anda butuh usaha yang maksimal agar kotorannya terangkat. Cara membersihkan AC Panasonic ½ PK bagian outdoor tidak perlu Anda lakukan sering-sering.

Demikianlah cara membersihkan AC Panasonic yang dapat anda ikuti. Jika anda memiliki masalah pada AC kunjungi Jasa Service AC Jogja