cara laminating dengan setrika – Mesin laminating adalah alat yang digunakan untuk melapisi kertas dengan menggunakan plastik agar dokumen menjadi lebih awet dan terbebas dari debu maupun kotoran.Kelebihan dalam menggunakan mesin laminating yaitu kertas atau dokumen yang dilaminasi menjadi lebih awet karena terbebas dari gangguan kotoran.

Sedangkan kelemahan mesin laminating yaitu laminating membuat plastiknya menempel ke kertasnya. Sehingga ketika plastik pelapisnya rusak maka kertas yang dilapisi juga akan rusak.Begitupun kalau dalam proses laminasi terjadi kegagalan, dapat merusak dokumen aslinya.

Cara Menggunakan mesin laminating

Lakukan Pemanasan Mesin

Lakukan Pemanasan Mesin, Pemanasan mesin laminating dapat berlangsung kurang lebih 5 menit. Atur temperatur dengan suhu sedikit lebih tinggi,sehingga pemanasan bisa dipercepat. Misalnya sekitar pada suhu 150 derajat. Tunggu lampu  indikator berwarna hijau.Tanda lampu indikator hijau berarti mesin laminating sudah siap untuk digunakan.

Test Roll Menggunakan Kertas Kosong

Jika lampu sudah berwarna hijau, cek suhu panasnya. Caranya dengan menjalankan roll pada sebuah kertas kosong yang masih dalam kondisi baik atau tidak ada tekukan. Pastikan kertas tersebut dapat berjalan dengan baik tanpa ada hambatan atau macet ditengah.

Proses Laminating Dokumen dengan Kertas Laminatingnya

Masukan dokumen ditengah-tengah plastik laminating. Perhatikan bagian depannya adalah sisi yang tertutup. Sedangkan bagian belakangnya adalah bagian yang terbuka. Setelah itu, biarkan roller tersebut menarik sesuai dengan kecepatan mesin laminatingnya. Jangan dipaksa keluar ataupun menariknya dengan sengaja.

Jika kertas yang dilaminating sudah keluar maka anda dapat melihat hasilnya. Apabila plastik sudah terlihat bening secara merata, artinya dokumen dan kertas, namun bila masih terdapat seperti bintik, tandanya kertas laminating dan dokumen tidak menempel sempurna.

Kenapa hal itu bisa terjadi?Hal itu bisa terjadi karena mesin kurang panas. Sebaliknya, jika plastik terlihat seperti memuai, berarti suhu terlalu panas. Jadi, pastikan terlebih dahulu panas mesin sudah pas.

Matikan Jika Sudah Tidak Digunakan Kembali

Jika Anda sudah tidak mengunakannya lagi, matikan mesin laminating tersebut. Lakukan dengan memutar suhu ke arah terendahterlebih  dahulu kemudian baru tekan tombol OFF. diamkan untuk beberapa saat. Setelah itu baru dicabut sumber daya listriknya.

Cara Laminating Dengan Setrika

Jika anda ingin melaminating dokumen tetapi tidak punya mesin laminating maupun tidak punya waktu untuk ke toko foto kopian terdekat anda bisa melaminating dengan alat yang pasti ada disetiap rumah. Alat apakah itu?yaa, Setrika. Dengan Setrika pun anda bisa melaminating dokumen yang anda inginkan.Bagaimana caranya?

Cara Laminating dengan Setrika

  1. Panaskan setrika dengan temperatur panas yang sedang
  2. Masukkan kartu/dokumen pada plastik laminating, usahakan tata letaknya pas.
  3. Letakkan kartu yang sudah di beri plastik laminating di tempat yang datar. Pada bagian atasnya di tutupi kain (tidak terlalu tipis maupun tebal). Anda bisa gunakan kain lap.
  4. Setrika pada bagian atasnya, lihat hasilnya apabila kertas laminating ada yang belum melekat sempurna anda bisa ulangi kembali hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Cara Merawat Dokumen Selain Dilaminating

  • Masukkan dalam lemari

Simpan semua dokumen penting itu dalam tempat aman dan terkunci. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Pastikan tempat penyimpanan tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang memadai. Usahakan tempat penyimpanan jauh dari air, minyak, debu dan panas matahari langsung yang dapat merusak kertas dokumen.

  • Bungkus

Untuk dokumen yang tidak bisa dilaminating karena lembarannya banyak atau berupa sebuah buku maka caranya adalah membungkusnya dengan plastik yang tebal. Usahakan pakai plastik yang bening sehingga kalau suatu saat mencari dokumen tersebut tidak menghabiskan waktu terlalu lama.

  • Memperbanyak Dokumen

Cara aman yang utama adalah dengan memperbanyak dokumen yang Anda miliki secepatnya. Caranya dengan difoto kopi atau discan. Simpan dokumen kopian ini  di lemari Anda atau tempat aman lainnya. Untuk dokumen yang discan bisa disimpan di komputer.

Jenis Jenis Laminasi

Laminasi Doff

Metode Laminasi Doff adalah jenis laminasi yang menghasilkan lapisan plastik yang berwarna gelap dan tidak mengkilap. Teknik Laminasi Doff mempunyai kesan yang elegan, mewah dan eksklusif.Jenis laminasi ini sering digunakan untuk melaminasi produk seperti buku, majalah, undangan, kerta, surat, dan yang lainnya.

Laminasi Glossy

Metode Laminasi Glossy adalah jenis laminasi yang mempunyai karakter bersebrangan dengan Laminasi Doff. Kok bisa gitu ? Laminasi Glossy akan menghasilkan lapisan plastik yang berwarna mengkilap pada sebuah produk yang dilapisinya. Jenis laminasi Glossy juga tekstur yang licin ketika disentuh.Laminasi Glossy sering digunakan untuk melapisi permukaan produk seperti, Sticker, Poster, Pamfleat, dan masih banyka lagi.

Laminasi Window

Laminasi Window adalah laminasi yang mempunyai fungsi untuk membuat kemasan transparan / dalamnya kelihatan. laminasi Window digunakan pada kemasan sebuah produk yang mempunyai area terbuka. Yang mana area terbuka tersebut akan ditutup dengan plastik laminasi yang transparan.

Sehingga kemasan akan tertutup dengan optimal, namun tetap dapat menampilkan produk yang ada didalamnya.Laminasi Window banyak digunakan atau dimanfaatkan pada kemasan Roti, Mainan, Makanan, Alat Ektronik, dan pengemas kemasan lainnya.

Laminasi Spot Uvi

Metode Laminasi Spot Uvi adalah jenis laminasi yang hampir sama dengan jenis laminasi Glossy yakni mampu menghasilkan lapisan permukaan berwarna yang mengkilat.Hanya saja  Spot Uvi hanya digunakan untuk area tertentu sedangkan Laminasi Glossy digunakan untuk seluruh permukaan benda.

Laminasi Spot Uvi banyak digunakan pada benda tertentu seperti Undangan. Terkadang ada jenis undangan yang terdapat sebuah tulisan atau gambar yang memilik warna yang lebih mengkilat dibandingkan permukaan lainnya. Itulah salah satu contoh benda yang  mendapat lapisan laminasi Spot Uvi.

Itu tadi cara laminating dengan setrika yang bisa anda coba dirumah.Semoga Bermanfaat.