Cara Bikin Roti – Roti merupakan sumber karbohidrat yang terbuat dari bahan terigu, pengembang/ yeast, lemak, gula dan garam telah ada sejak ribuan tahun lalu. Cikal bakal roti berasal dari bangsa Mesir Kuno.

Namun pada zaman tersebut roti masih dibuat dengan cara yang sederhana sehingga bentuk dan rasanya tentu berbeda dengan roti saat ini.

Pada abad pertengahan, evolusi roti telah mencapai puncaknya, terutama di Benua Eropa. Pada saat itu cita rasa roti sudah sama seperti yang kita temukan saat ini, begitu juga dengan bentuk dan variasinya.

Cara Bikin Roti

Roti adalah salah satu hidangan kuno, dan mungkin yang paling penting posisinya khususnya pada waktu sarapan. Nutrisi lengkap dan baik jadi pengganti asupan setelah makan malam sebagai input berakhir 8 jam sebelumnya. Roti adalah sumber karbohidrat yang dirubah jadi energi dengan kandungan rendah lemak

Punya persediaan roti tawar cukup banyak, tapi bosen kalo cuma dioles selai doang….mumpung temanya lagi suka bikin snack yang serba digoreng, jadi pengen bikin Resep Roti Tawar GorengĀ aja….ntu roti digoreng dengan isian sayur plus makaroni, bikinnya guampang…yang jelas gak seribet risoles (lagi-lagi).

Ide bikinnya sih sebenarnya dari tabloid Saji cuma lupa edisi kapan, cuma yang dingget cara mbuatnya tentang isian suka-suka kita aja.

 

Cara Bikin Roti Tawar Goreng

Cara BikinĀ  Roti tawar goreng ini hampiiiir sama dengan bikin snack goreng yang sebelumnya (risoles, lumpia, dan kroket), beda di teknik ngelipet roti tawarnya aja. Untuk isian aku pake isian di Resep Kroket Kentang, cuma bedanya kentangnya kuganti makaroni (karena anakku seka banget makaroni)

Bahan :

  • 10 lembar roti tawar tanpa kulit
  • 200 ml susu UHT plain
  • 100 gram wortel potong kotak2 kecil
  • 100 gram makaroni rebus
  • bawang perai 1 batang, iris tipis
  • seledri 1 tangkai, iris tipis
  • bawang putih 2 siung, cincang
  • bawang merah 4 butir, cincang
  • garam secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • tepung terigu protein sedang 75 gram
  • telur ayam 2 butir, kocok lepas
  • tepung panir 75 gram

 

Cara Membuat Roti Tawar Goreng:

  • Potong roti tawar menjadi 2 bagian secara diagonal (jika mau ukuran kecil)
  • Celupkan roti pada susu (asal basah aja), setelah itu masukkan 1 sendok teh adonan isi, tutup roti sehingga menjadi bulat.
  • Setelah itu, tumis bawang putih dan bawang merah. Tambahkan bahan isi lainnya, masak sambil diaduk hingga matang. Angkat dan sisihkan.
  • Ambil campuran kentang secukupnya, pipihkan. Letakkan 1 sdt adonan isi, bentuk bulat lonjong. Lakukan hingga adonan habis.
  • Gulingkan bulatan kentang di atas terigu hingga rata. Celup dalam telur, angkat dan gulingkan di atas tepung panir hingga rata.
  • Simpan adonan yang sudah jadi dalam lemari es kurang lebih 30 menit (supaya tepung panir menempel dan tidak gampang lepas waktu digoreng)
  • Panaskan minyak, goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

 

Jangan lupa bagi beberapa yang memiliki alergi, roti tidak disarankan untuk dikonsumsi. Roti dapat mengandung garam/sodium tinggi, perhatikan jumlah asupan jika sedang dalam program diet untuk kesehatan.

Baca juga : manfaat minyak kelapa

Juga mengandung gluten yang memberi kelembutan dan kekenyalan dari tekstur roti, akan memicu alergi bagi mereka yang sensitif. Selalu perhatikan label informasi produk yang tercantum dalam kemasan untuk mengetahui kadar atau bahan yang digunakan.

Roti yang diproduksi masal terkadang diberi tambahan seperti pemutih, tepung kedelai dan karamel. Pilihan lain untuk hasil optimum dari kebaikan roti adalah jenis organik yang sekarang banyak tersedia dipasar.