Cara bikin keripik tempe tapioka berbeda dengan keripik tempe sagu. Jika cara bikin keripik tempe tapioka menggunakan tempe jadi. Lain halnya dengan cara bikin keripik tempe sagu. Karena menggunakan tempe yang asih berupa kedelai.

Keripik tempe merupakan salah satu camilan legendaris. Sebab sudah ada sejak lama. Selain itu, bahan dasarnya yang murah. Membuat banyak orang mencoba membuat camilan ini. Rasanya yang gurih dan renyah. Mampu membuat konsumen ketagihan.

Keripik tempe dapat Anda temui dimanapun. Bahkan Anda juga bisa membelinya di minimarket di dekat rumah. Sehingga tidak perlu bersusah payah. Mencari rumah produksi keripik tempe yang lezat itu.

Selain rasa gurih renyah yang ditawarkan. Harga keripik tempe cukup terjangkau. Hal ini karena bahan dasar keripik tempe yang murah. Sehingga  harga pasaran keripik tempe tidak memberatkan pembeli.

Jadi banyak orang yang memilih keripik tempe sebagai camilan. Baik untuk berkumpul bersama keluarga atau camilan saat sendirian. Tempe dapat diolah menjadi lauk pauk. Bisa juga dibuat menjadi olahan lain.

Pasti kalian sudah tidak asing dengan bahan dasar utamanya. Ya, tempe merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia. Berbagai kalangan dan usia menyukai tempe. Selain lezat, ada banyak sekali nutrisi yang dikandung tempe.

Semakin bertambahlah poin lebih untuk keripik tempe. Sekarang kalian bisa membuat keripik tempe tapioka sendiri di rumah, lo! Berikut adalah cara bikin keripik tempe tapioka renyah dan enak.

Cara Bikin Keripik Tempe Tapioka

keripik tempe tapioka

Bahan – Bahan :

  • 400 -500 gr tempe yang masih baru
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 100 gr tepung beras
  • ½ sdt air kapur sirih (boleh diganti soda kue)
  • 250 ml air dingin
  • 2 lembar daun jeruk purut, iris halus
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Halus :

  • 2 siung bawang putih
  • 2 cm kencur
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdm ketumbar
  • 3 lembar daun jeruk purut, buang tulangnya
  • 1 sdt garam atau sesuai selera

Cara Bikin Keripik Tempe Tapioka :

  1. Iris tempe setipis mungkin. Bentuk sesuai selera dan tergantung tempe yang dipakai. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang putih, kencur, kemiri, ketumbar. Haluskan juga daun jeruk purut dan garam sampai halus.
  3. Iris halus 2 lembar daun jerupuk purut, jika kalian pakai. Sisihkan.
  4. Masukkan tepung beras dan tepung tapioka ke mangkuk. Masukkan pula bumbu halus ke dalam mangkuk. Kalian bisa menggunakan wadah yang cukup besar.
  5. Tambarhkan air secara bertahap. Sambil di aduk agar membentuk adonan agak kental. Cicipi adonan. Jika perlu tambahkan lagi garam secukupnya.
  6. Masukkan irisan daun jeruk purut. Kembali aduk hingga rata.
  7. Panaskan minyak di atas wajan. Menggunakan api sedang. (kalian bisa menggoreng di mesin vaacum frying)
  8. Celupkan irisan tempe pada adonan. Pastikan semua permukaan tempe terlapisi sempurna.
  9. Goreng dan balik hingga keripik tempe kering.
  10. Setelah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan. Keripik tempe tapioka siap disajikan.

Pilihlah tempe yang masih baru dengan kualitas bagus. Yaitu tekstur tempe padat. Jika bau masih segar dan belum asam maka tempe kualitas baik. Selain itu pilih tempe yang masih berwarna putih. Jangan tempe yang sudah semangit.

Tes rasa adonan tepung. Kalian bisa menggoreng sedikit adonan tepung. Lalu setelah matang cicipi gorengan. Apakah asinnya sudah pas atau belum. Karena rasa saat sudah jadi dan saat asih adonan. Mungkin saja berbeda.

Jangan mencelup semua tempe ke adonan dalam saatu waktu. Celupkan satu tempe dan langsung goreng. Tujuannya agar adonan lebih mudah menempel. Adonan juga akan lebih merata. Sehingga keripik tempe lebih cantik

Gimana? Gampang banget kan cara bikin keripik tempe tapioka. Untuk varian agar tidak bosan. Kalian bisa menambahkan bubuk balado. Sehingga keripik tempe akan terasa pedas. Makin enak deh untuk camilan. Terutama saat berkumpul dengan keluarga.