Cara Bikin Kue Keciput memang kelihatannya mudah dibuat, tapi salah tekniknya bisa bikin hasilnya lembek. Banyak yang penting untuk diperhatikan, mulai dari pilihan tepung yang tepat hingga tambahan rempah khusus. Gunakan ketan putih bisa diganti tepung ketan hitam, selain itu tidak menghasilkan Kue Keciput yang krenyes.  Air kapur sirih ambil bagian beningnya, kalo nggak ada bisa diganti pake baking powder dan soda kue.

Cara Bikin Kue Keciput Tepung Ketan

Cara Bikin Keciput

Bahan:

  • Telur 1 butir
  • Kuning telur 1 buah
  • Gula pasir 4 sendok makan
  • Santan kental 120 mili liter
  • Garam 1 sendok teh
  • Tepung ketan putih 200 gram
  • Baking powder 1/2 sendok teh
  • Soda kue 1/2 sendok teh
  • Wijen putih 250 gram
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Campur telur, kuning telur dan gula pasir, kocok selama 2 menit dengan menggunakan mixer.
  2. Selanjutnya masukkan santan dan garam, aduk sampai tercampur rata.
  3. Masukkan tepung ketan yang sebelumnya sudah di ayak bersama baking powder dan soda kue sambil diaduk rata.
  4. Kemudian bentuk adonan bulat (jadi kue keciput bulat), bulat memanjang (kue keciput panjang) atau kotak kecil sesuai selera. Lalu gulingkan adonan di atas wijen. Lakukan pada semua adonan.
  5. Langkah akhir, panaskan minyak goreng cukup banyak, lalu kecilkan apinya. Goreng keciput sampai kekuningan. Kemudian gunakan api besar sampai keciput mengapung. Setelah terapung kembali kecilkan api dan goreng keciput sampai matang dan kering.
  6. Kalau cara di atas terasa ribet, bisa gunakan cara lain yaitu dengan goreng kembali keciput untuk kedua kalinya, yakni ketika sudah mengapung dan kekuningan segera angkat dan tiriskan sebentar. Nanti baru di goreng kembali sampai terapung, kering dan matang.
  7. Angkat dan tiriskan kue wijen tepung ketan pada tissue agar minyak yang berlebih bisa berkurang.
  8. Masukkan toples kedap udara, kue siap di santap untuk camilan maupun untuk sajian lebaran Idul Fitri. Krenyess!

Tips Sukses Cara Bikin Kue Kering Keciput Santan :

  1. Jangan sekali-kali meniriskan makanan ke koran bekas ya Bunda. Soalnya tintanya yang berbahan kimia itu bisa mencemari makanan yang kita goreng. Tentunya tidak mau bukan, makanan yang kita olah sendiri meracuni keluarga tercinta?
  2. Kue keciput ini ada juga yang memberikan variasi dengan salah satu bagian yang sengaja dibuat retak, sepeerti onde ketawa.
  3. Bentuk kue ini juga bisa disesuaikan dengan selera seperti yang sudah saya katakan di atas.
  4. Untuk wijen tak melulu harus menggunakan wijen yang berwarna putih saja. Karena kini ada kreasi kue kering keciput wijen coklat. Dan ada juga kreasi keciput keju serta kue keciput tanpa santan.
  5. Perhatikan saat proses penggorengan, lakukan step by stepnya dengan benar. Agar menghasilkan kue keciput yang empuk, renyah dan anti gagal. Biasanya untuk kue keciput yang gagal hasilnya keras kaya batu dan susah untuk di kunyah.

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai bahan-bahan, cara membuat dan tips membuat kue keciput wijen tepung ketan yang masih saudara dengan kue pelintir, kue kecipir / akar kelapa dan kue biji ketapang ini.

Jangan lewatkan resep olahan kue ini