Hallo berjumpa lagi dengan saya kai ini saya akan membagikan info mengenai buah yang mengandung vitamin A terbaik. Apa saja sumber vitamin A terbaik nya?

Nah saya akan membagikan beberapa ulasan buah yang mengandung vitamin A terbaik, Seperti apa? simak di bawah ini ya, jangan sampai ketinggalan.

jangan lupa juga jika kalian ingin mebaca  CARA MEMBUAT PANGSIT REBUS ENAK DAN BERGIZI

Vitamin A Terbaik

Tubuh memerlukan makanan untuk bisa tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Makanan yang kita komsumsi tentunya haruslah yang bergizi.

Agar bisa memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh, termasuk kebutuhan akan vitamin A. Berbicara soal vitamin A, tahukah bahwa retinol pada Vitamin A bukan saja sangat baik untuk mata kita, namun juga dapat menghambat pertumbuhan kanker, termasuk kanker payudara.

Bukan hanya itu loh, vitamin A juga berperan penting dalam mengoptimalkan perkembangan janin yang dikandung oleh ibu hamil.

Vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, serta sistem imun eksternal. Jadi penting bagi untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A.

Nah, kali ini CintaiHidup akan mengulas 10 buah dengan vitamin A tertinggi yang mudah ditemui, sebagai rekomendasi untuk kamu konsumsi.

 

buah vitamin a terbaik1

 

1. Melon

Melon sangat mudah kamu temui, baik di pasar tradisional atau supermarket. Daging buahnya yang lembut, manis dan mengandung banyak air terasa nikmat dan segar untuk dimakan, apalagi ketika hari sedang panas-panasnya.

Kandungan nutrisi terbanyak dalam buah melon adalah kandungan Vitamin A nya, tak aneh jika buah melon menjadi buah dengan kandungan vitamin A tertinggi.

Di dalam tiap 100 gram melon yang kamu konsumsi, kamu dapat mendapatkan 3382 IU vitamin A. Angka yang  sama dengan 563.67% Akg atau 112 % dari kebutuhan tubuh namu akan vitamin A.

2. Markisa

Markisa sering dijumpai dalam bentuk sirup. Baik berupa sirup cepat saji yang dikemas dalam botol, maupun sirup markisa yang berasal dari perasan langsung buah markisa segar.

Minuman yang terbuat dari perasan buah markisa segar tentunya lebih sehat. Dalam tiap potongan 100 gram markisa terdapat kandungan Vitamin A sebanyak 1274 IU, yang akan memenuhi  212.33 % Akg (Angka Kecukupan Gizi) tubuh Ladies.

3. Jeruk Bali

Jeruk bali merupakan buah musiman, jadi akan sulit kamutemui jika tidak musimnya. Namun saat sedang musim, kita bisa mendapatkan buah ini secara berlimpah.

Jeruk berukuran besar yang daging buahnya berwarna kemerahan dengan rasa manis yang sedikit masam ini, tetap terasa enak jika dikomsumsi langsung atau dijadikan minuman.  Kandungan Vitamin A dari buah Jeruk Bali juga cukup tinggi, yaitu 1150 IU tiap 100 gr buah jeruk bali atau memenuhi 191.67 % Akg.

4. Mangga

Meskipun buah ini juga merupakan buah musiman, namun kamu tetap bisa mendapatkannya dengan mudah sepanjang tahun.

Baik dimakan langsung atau pun dibuat jus, buah yang penuh serat ini tetap terasa manis dan mengenyangkan.

Memiliki kandungan vitamin A sebanyak 1082 IU, buah mangga termasuk dalam jajaran buah dengan vitamin A tertinggi yang bisa memenuhi 180.33 % Akg tubuh.

5. Pepaya

Pepaya memiliki daging buah yang sangat empuk dengan rasa manis dan kaya dengan air. Buah ini paling enak dimakan langsung.

Buah yang dikenal khasiatnya untuk pencernaan ini mempunyai kadar vitamin A yang juga cukup tinggi, yaitu sekitar 950 IU dalam setiap 100 gamnya. Atau setara dengan 158.33 % Angka Kecukupan Gizi tubuh kamu.

6. Ceri

Buah Cherry sering digunakan sebagai hiasan pada kue tart, juga sebagai topping pada kue Pie. Meskipun kecil, buah yang berwarna merah dengan bentuk bulat ini mampu memenuhi 127.83 % Angka Kecukupan Gizitubuh kamu, dengan  kandungan vitamin A sebanyak 767 IU pada setiap 100 gramnya.

buah vitamin a terbaik 2

 

7. Tomat Buah

Tomat adalah jenis buah yang mungkin cukup seiring kamu temui. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung, dijadikan jus, rujak, atau juga sebagai makanan penutup yang menemani timun.

Rasa manis pada daging tomat buah yang tebal memang tidak terasa sangat manis, namun tetap saja rasa buahnya enak dan menyegarkan.

Tomat memiliki kandungan vitamin A  sebesar 642 IU per 100 gramnya, angka yang setara dengan 107 % Akg yang diperlukan tubuh.

8. Jambu Biji

Jambu biji enak dimakan langsung, tapi lebih enak lagi jika di jadikan jus. Sebelum meminum jus jambu, sebaiknya saring bijinya dulu.

Meskipun membuat kenyang, jambu biji rendah kalori kamu bisa mendapatkan Vitamin A sebanyak 624 IU dari 100 gram jambu biji, atau setara dengan 104 % Akg.

9. Semangka

Semangka memiliki daging buah yang sangat manis, renyah, dan mengandung banyak air. Sangat segar dimakan ketika musim kemarau yang panas datang.

Selain kandungan lycopene, kandungan Vitamin A yang terkandung dalam semangka juga cukup tinggi. Sejumlah 569 IU dalam 100 gramnya, setara dengan 94.83 % Akg.

Demikian pembahasan mengenai buah vitamin A terbaik. Semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa juga untuk penuhi asupan vitamin A yaitu salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah vitamin a terbaik.