Taukah anda berbagai jenis biji kopi di indonesia yang sangat mendunia ? Indonesia merupakan produsen kopi terbesar di dunia, setelah Brazil dan Kolombia. Pemerintah menyatakan terdapat 16 jenis kopi yang diminati pasar Internasional.  Berikut adalah beberapa jenis biji kopi terbaik di Indonesia berkuailtas tinggi dan sukses mendunia. Tetapi sebelumnya mari kita ulas pengertian dari kopi itu sendiri.

Pengertian Kopi

Kopi adalah minuman seduhan biji kopi yang telah menjadi bubuk. Minuman ini merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudiyakan lebih dari 50 negara. Dua jenis pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu kopi robusta dan kopi arabika.

Sejarah Kopi

Berbagai sumber mencatat bahwa tanaman kopi berasal dari Abyssina. Namun tidak diketahui bagaimana orang-orang abyssinia memanfaatkan tanaman kopi. Kopi sebagai minuman pertama kali dipopulerkan oleh orang-orang Arab. Biji Kopi dibawa oleh para pedagang Arab ke Yaman menjadi komoditas komersial.

Di masa awal, bangsa Arab memonopoli perdagangan biji kopi. Mereka mengendalikan perdagangan lewat pelabuhan Mocha, di Yaman. Dari pelabuhan Mocha, biji kopi diperdagangkan sampai ke Eropa. Saat itu Mocha menjadi satu-satunya gerbang lalu-lintas perdagangan biji kopi, sampai-sampai orang Eropa menyebut kopi sebagai Mocha.

Memasuki abad ke-17 orang-orang Eropa mulai mengembangkan perkebunan kopi sendiri. Pertama-tama nereka mengembangkannya di Eropa, namun iklim di sana tidak cocok untuk tanaman kopi. Kemudian mereka mencoba membudidayakan tanaman tersebut di daerah jajahannya di berbagai penjuru bumi. Usahanya berhasil, orang-orang Eropa mampu menggeser bangsa Arab dalam memproduksi kopi.

Salah satu pusat produksi kopi dunia ada di Pulau Jawa yang dikembangkan bangsa Belanda. Untuk masa tertentu kopi Jawa pernah mendominasi pasar kopi dunia. Saat itu secangkir kopi lebih terkenal dengan sebutan “Cup of Java”  atau “Secangkir Jawa”.

Manfaat Kopi Bagi Kesehatan

  • Kopi dapat mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.
  • Dapat mengurangi risiko terkena pengakit Parkinson.
  • Kopi dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek manusia.
  • Hal ini terutama disebabkan karena kafein yang dikandungnya bereaksi secara kimia menstimulasi dan membantu kita untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima lebih baik untuk jangka pendek tertentu.
  • Merupakan antioksidan efektif.
  • Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi membuat lebih sering buang air kecil. Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.
  • Juga membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Biji Kopi Terbaik Di Indonesia

1. Biji Kopi Terbaik Di Indonesia Arabika Gayo (Sumatera) 

 Kopi ini merupakan kopi terbaik di Indonesia yang  berasal dari Aceh. Memiliki tekstur yang lebih encer atau tidak terlalu pekat dengan tingkat keasaman yang seimbang. Jenis kopi yang satu ini sangat cocok bagi anda yang bukan penyuka kopi asam. Masyarakat Aceh mempunyai cara penyajian tardisional yang khas. Bukan diseduh, tetapi kopi dan air direbus dalam panci hingga mendidih, lalu dituang ke dalam gelas berisi susu dan gula.

2. Biji Kopi Terbaik Di Indonesia Arabika Kintamani (Bali)

Kopi Arabika Kintamani menjadi salah satu kopi yang populer di Jepang, Eropa, dan beberapa negara Arab. Tujuan ekspor utama kopi Kintamani memang di tiga negara tersebut. Memiliki rasa yang unik karena dominasi asam citrus segar dan aroma wangi bunga, dengan tingkat keasaman dan kekentalan sedang.

3. Biji Kopi Terbaik Di Indonesia Arabika Toraja

Kopi Toraja adalah salah satu kopi terunggul di Indonesia yang diekspor ke negara Jepang dan Amerika. Alasan mengapa kopi ini di ekspor ke 2 negara tersebut adalah karena karakteristiknya yang unik, sesuai dengan kebiasaan minum kopi disana. Biasanya setelah minum kopi ini tidak menyisakan rasa pahit yang mengganggu bagi sebagian orang yang menikmatinya.

Sensasi pahit yang ditimbulkan biji kopi Toraja hanya ada di awal dan hilang dalam sekali tengguk. Kopi Toraja dan mayoritas kopi lainnya yang tumbuh di Sulawesi cenderung mempunyai rasa seperti tanah atau hutan dengan kandungan asam rendah.

4. Biji Kopi Terbaik Di Indonesia Arabika Java Ijen Raung

Kopi Java Ijen Raung khas Bondhowoso ini pertama kali diekspor pada tahun 2011, dan popularitasnya kian meroket. Hingga tahun 2016, Indonesia berhasil mengekspor 858,91 ton kopi. Mempunyai ciri khas yang unik yaitu rasanya yang sedikit pedas dengan aroma bunga hutan. Mempunyai tingkat keasaman yang sedang, tetapi cenderung ke asam jawa daripada citrus.

5. Biji Kopi Terbaik Di Indonesia Liberika Rangsang Meranti (Riau)

Kopi Liberika adalah salah satu kopi terbaik di Indonesia yang bersal dari Kepulauan Meranti. Malaysia dan Singapura merupakan negara tujuan ekspor terbesar. Tumbuhan ini berasal dari Belanda dan menyebar ke Indonesia pada abad ke-19 dikarenakan kopi jenis arabika mulai menyusut populasinya.

6. Biji Kopi Arabika Flores Bajawa

Kopi Arabika Flores Bajawa memiliki kekentalan yang cukup pekat, tetapi tingkat keasamannya rendah. Berbeda dengan kopi- kopi lain di Indonesia, kopi arabika dari kawasan Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur, mempunyai rasa dominan cokelat dan vanili dengan rasa akhir yang sedikit nutty. Amerika adalah negara tujuan sebagian besar ekspor komoditas kopi Flores Bejawa.

7. Biji Kopi Robusta Temanggung

Kopi Robusta Temanggung memiliki aroma yang cukup unik, yaitu aroma tembakau dengan rasa pahit pekat dan mendominasi. Namun itulah yang membuat kopi khas Temanggung, Jawa Tengah ini sangan autentik dan digemari. Bahkan pasar ekspornya sudah mencapai negara-negara Eropa, Timur Tengah, hingga Amerika Latin.

8. Kopi Terbaik Di Indonesia Kerinci

Kopi kerinci adalah kopi terbaik di Indonesiai. Berasal dari Gunung Kerinci yang datarannya tinggi (1500 diatas permukaan laut), membuat kopi Kerinci tumbuh subur dan menghasilkan kopi dengan citarasa yang unik dan nikmat. Kopi kerinci memiliki aroma dan rasa yang sweet bercampur dengan empah. Untuk rasanya, terdapat sensasi asam lemon berpadu dengan manis alami dari kopi, oleh karena itu bisa di katakan kopi Kerinci memilih Acidity yang tinggi.

9. Kopi Terbaik Di Indonesia Arabika Bengkulu

Tanah Bengkulu sangat subur, sehingga sangat baik untuk hasil perkebunan, terutama kopi. Memiliki rasa dan aroma yang unik yang membuat kopi Bengkulu semakin digemari oleh para pecinta kopi. Kopi Bengkulu memiliki perpaduan rasa lemon dan coklat yang nikmat. Jenis kopi ini adalah Arabika.

10. Kopi Terbaik Di Indonesia Papua Moanemai

Moanemai adalah salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Papua Barat. Struktur tanah di Moanemani sangat subur. Para penduduk menyebut tanah mereka sebagai tanah hitam, karena tanahnya yang berwarna hitam dan mengandung unsur hara yang sangat tinggi. Semua tumbuhan tumbuh subur di daerah Moanemani. Keunggulan dari Kopi Papua Moanemani ini adalah rasanya yang unik, memiliki rasa winey dan coklat yang kuat, memiliki sensasi tersendiri ketika menikmati kopi ini.

Kunjungi juga Resep Kue Kelapa Sederhana Rumahan Dan Nikmat