bahaya air kelapa untuk ibu hamil –  Ketidaktahuan ibu hamil dalam mengkonsumsi makanan yang dianggap dapat membahayakan janin dalam kandungannya sekalipun jenis-jenis makanan tersebut banyak terdapat di wilayah mereka. Air kelapa mamang diyakini berdasarkan mitos yang beredar bila minum air kelapa muda supaya anaknya cantik saat dilahirkan.

Air kelapa adalah minuman tropis yang dikonsumsi seluruh dunia. Air kelapa memiliki manfaat medis khusus bagi wanita. Banyak wanita di seluruh dunia meminum air kelapa untuk meningkatkan kesuburannya dan memiliki kehamilan yang sehat.

bahaya air kelapa untuk ibu hamil

pohon kelapa yang dapat dimanfaatkan semua bagiannya

Hal tersebut tidaklah salah sebab kandungan nutrisi dalam kelapa mengandung vitamin dan mineral alami. Meminum air kelapa pada trimester pertama membantu mengurangi dehidrasi akibat morning sickness, Hal ini juga baik untuk mulas dan sembelit, gejala umum kehamilan.

Efek Samping Air Kelapa Selama Kehamilan?

Tidak ada bukti yang membuktikan bahwa air kelapa memiliki efek buruk pada kehamilan. Tapi ada dua hal yang perlu diingat:

  • Susu kelapa mengandung sodium, yang mungkin bukan pilihan tepat bagi wanita hamil yang menderita preeklampsia.
  • Air kelapa matang dapat menyebabkan sembelit.
  • Kelapa cukup tinggi kalori jadi perhatikan asupannya jika menambah berat badan menjadi perhatian Anda selama kehamilan.
  • Air kelapa mungkin alergi terhadap orang-orang yang memiliki riwayat alergi kacang pohon dan sejenisnya.
  • Dapat menurunkan tekanan darah.
  • Dapat meningkatkan kadar gula darah terutama yang memiliki diabetes gestasional atau sudah diabetes, harus membatasi asupan air kelapa karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.
Yang perlu diperhatikan konsumsi air kelapa selama masa kehamilan
  1. Jangan minum air kelapa jika Anda tidak menyukai rasanya atau bereaksi terhadapnya.
  2. Pastikan minum kelapa segera kelapa dipotong seperti saat itulah kaya nutrisi dan segar.
  3. Minumlah di gelas gelas bersih atau sedotan.
  4. Pastikan untuk memilih kelapa hijau muda segar yang langsung dipotong.
Manfaat khusus dari kelapa muda
  • Bahwa menghirup air kelapa selama trimester pertama membantu mengatasi morning sickness, sembelit dan sakit maag – beberapa gejala yang dapat membuat ketidaknyamanan besar bagi wanita hamil.
  • Air kelapa sudah dikenal bisa memperbaiki sirkulasi. Ini adalah kabar baik bagi wanita hamil karena volume darah meningkat sebanyak 50% selama kehamilan. Sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan pembengkakan, nyeri kaki dan kaki.
  • Keluhan lain yang umum terjadi pada kehamilan adalah infeksi saluran kencing yang ditakuti. Sampai 10% ibu mengalami salah satu dari ini selama kehamilan mereka, dan karena air kelapa merupakan diuretik alami, hal itu membantu untuk memadamkan infeksi lebih cepat.

Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya perlunya manfaat makanan bagi ibu hamil untuk meyakinkan pada masyarakat akan pentingnya makanan yang bergizi untuk memelihara kondisi kesehatan ibu hamil.