Bahan untuk membuat tepung terigu sangat mudah, Kehadiran tepung terigu memang menjadi solusi yang sangatlah bermanfaat dalam membuat berbagai macam produk kuliner. Sehingga bisa menghasilkan suatu produk kuliner yang enak, terutama di dalam kuliner kue.

Bahan untuk Membuat Tepung Terigu

Bagaimana gandum bisa berubah menjadi tepung terigu dan apa saja proses yang perlu dilalui gandum tersebut? Anda penasaran? Jika iya anda bisa melihat seluruh proses nya dari awal hingga akhir di bawah ini:

Tahapan awalnya adalah proses seleksi gandum. Dalam proses ini memang harus dilakukan penyeleksian yang bertujuan untuk memilih gandum yang berkualitas agar hasilnya nanti juga berkualitas. Anda harus mengklasifikasikan gandum yang sudah dipanen ke dalam varietas nya sendiri-sendiri agar memudahkan proses nya.

Proses pembersihan harus dilakukan setelah gandum sudah di seleksi karena gandum yang baru dipanen tentunya masih kotor dan bercampur dengan benda asing seperti debu, bebatuan dan lain sebagainya. Dalam proses ini juga gandum harus diberi cairan agar kulit ari gandum bisa di proses dengan mudah.

Proses membuat tepung terigu

bahan untuk membuat tepung terigu

Gristing adalah proses mencampurkan gandum dengan sejumlah gluten atau jenis gandum lain nya. Pada tahapan ini bertujuan untuk memperoleh kandungan tepung terigu yang sesuai dengan keinginan. Misalnya saja untuk mendapatkan tepung terigu yang berprotein tinggi harus di tambahkan gluten dengan kadar protein yang tinggi juga.

Tahapan ke empat adalah proses penggilingan atau bisa disebut dengan milling. Dalam hal ini ada 2 tahapan yang bisa anda ketahui. Yang pertama adalah gandum dimasukkkan ke dalam mesin yang berbentuk seperti gulungan agar kulit arinya bisa terpisah dengan bagian dalamnya yang berwarna putih. Kemudian anda akan mendapatkan bagian inti gandum nya. Sedangkan untuk tahapan yang kedua adalah pengubahan inti gandum menjadi serbuk putih yang akhirnya menjadi tepung terigu. Namun sebelumnya anda harus menyaring kulit ari nya terlebih dahulu pada proses yang pertama agar tidak terbawa pada proses yang kedua tadi.

Setelah gandum tadi di giling dan sudah berubah bentuk menjadi tepung. Maka tahapan selanjutnya adalah pengemasan sesuai dengan jenis tepung terigu yang ada. Yang popular di kalangan masyarakat adalah jenis tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein rendah dan masih banyak lagi sehingga anda perlu mengemasnya dengan baik dan benar.

Penutup

Bagaimana menurut anda? bukankah bahan baku yang nampaknya sederhana seperti tepung terigu tersebut ternyata juga harus melalui berbagai proses yang cukup panjang. Hingga menjadi sebuah bahan baku yang sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam membuat berbagai olahan kue atau makanan lainnya.

Dan apakah anda tertarik untuk membuat usaha tepung terigu sendiri? Anda bisa saja memulainya jika sudah memiliki modal untuk membeli bahan baku serta mesin yang akan anda gunakan dalam proses pembuatan tepung terigu.

Itulah cara bahan untuk membuat tepung terigu yang bisa anda coba di rumah atau sebagai pandangan anda jika ingin membuat usaha tepung terigu. Semoga hal seperti ini bisa membantu anda dalam memulai bisnis yang besar. Terima kasih.