Pada kesempatan kali ini kita akan bahas berikut bahan pakan ternak sumber vitamin yang harus kalian ketahui. Ini penjelasannya.

Berikut Macam Macam Pakan Ternak Unggas Yang Harus Kalian Ketahui

Berikut Bahan Pakan Ternak Sumber Vitamin

 

Ada juga Jenis ternak yang sangat menguntungkan memang sangat ingin bila dipakai untuk usaha beternak baik bisa peternakan atau perikanan. ayam unggas ini bisa untuk membuat soto ayam kuning lamongan.
Namun juga ada banyak pertimbangan untuk usaha yang memungkinkan usaha tidak akan mengalami kendala modal.
Bagi pemula, jenis ternak kecil bisa untuk bisnis sampingan dengan modal yang sedikit akan bisa menjadi pilihan untuk usaha ternak yang menjanjikan.
Karena juga belum tentu ada usaha sampingan ini ternak bisa dipakai dirumah dengan disanding dengan pekerjaan lainnya.
Contoh usaha ini ternak yang mendapatkan dengan modalĀ  yang kecil berarti diharapkan ternak yang cepat menghasilkan banyak uang dibanding ternak lain.
Selain pemilihan pada ternak yang menjanjikan, kita perlu mempunyai kiat usaha dalam beternak agar usaha peternakan kecil tersebut bisa dapatkan berkelanjutan.
Hal yang kita perlu ketahui sebagai calon peternak sukses adalah ternak itu makhluk hidup butuh makanan sehat, perawatan yang baik.

2. Jenis Pakan Ternak Bebek

Ampas Tahu

Ampas tahu adalah bekas buat tahu padat yang berasal dari bubur kedelai yang sudah tidak dipakai lagi dari proses pembuatan tahu.

Sebaiknya di panaskan terlebih dahulu sampai kadar air kurang dari 13% karena yang dikasih untuk pakan bebek biasanya ampas tahu yang basah.

Yang perlu kalian ketahui adalah tempat pakan harus cepat harus berih agar tidak ditumbuhi jamur.

Agar pakan ampas tahu ini agar lebih tahan lama kalian juga bisa melakukan langkah-langkah dengan membuat ampas tahu fermentasi yang nanti nya akan lebih bisa bertahan biasanya sampai dua bulan.

Ampas Tempe

Ampas tempe merupakan limbah dari proses pembuatan tempe. Jenis pakan ampas tempe ini bisa mendapatkan sebagai bahan pakan karena ketersediaan yang cukup melimpah.

Hal ini dikarenakan juga banyak pabrik tempe yang sudah ada di Indonesia. Namun, juga penggunaan pakan jenis ini terbatas karena kandungan serat kasarnya yang sangat tinggi.

Onggok

Onggok merupakan limbah pengolahan singkong menjadi tepung singkong. Penggunaan onggok sangat terbatas dikarenakan kandungan serat yang kasarnya cukup tinggi.

Tepung Bekicot & Keong Mas

Tepung ini juga banyak dipakai sebagai bahan pakan sumber protein alternatif.

Namun, penggunaan tepung bekicot mentah ini maksimal 15%, sedangkan apabila yang direbus terlebih dahulu pemakaiannya dapat meningkat menjadi 20%.

Nasi Kering

Nasi kering merupakan bahan pakan alternatif sumber energi. Jenis nasi kering atau nasi aking akan menjadi nasi yang juga habis dikonsumsi kemudian dikeringkan.

Sebaiknya nasi kering ini jangan berasal dari nasi yang sudah bau atau berjamur karena bebek juga bisa terkena terhadap aflatoksin yang diproduksi jamur mikroskopik.

Indigofera sp

Indigofera sp ialah legum yang bisa menjadi bahan untuk pakan karena memiliki kadar protein yang tinggi.

Penggunaannya sangat terbatas dalam menggunakan pakan karena kandungan proteinnya yang tinggi dan mengandung antinutrien yaitu sebesar 9,35%.

Limbah Tauge

Limbah tauge adalah kulit tauge yang berwarna hijau dan sering ditemui di limbah pasar sayuran.

Jenis limbah ini untuk sebagai bahan pakan yang mendapat protein yang cukup tinggi.

Biji Kecipir

Kecipir adalah tumbuhan merambat yang juga banyak dipakai sebagai sayuran. Biji kecipir juga banyak dipakai sebagai untuk pakan sumber protein alternatif.

Biji kecipir yang berwarna putih juga dapat digunakan dalam jumlah yang banyak. Namun biji kecipir itu yang berwarna cokelat dan merah juga bisa untuk penggunaannya.

Itulah pembahasan tentang berikut bahan pakan ternak sumber vitamin yang harus kalian ketahui. Semoga bermanfaat.