Resep es kelapa muda gula merah – Buah kelapa muda merupakan salah satu  tanaman yang tumbuh dan berkembang di iklim tropis yang unik karena disamping komponen daging buahnya dapat langsung dikonsumsi, juga komponen air buahnya dapat langsung diminum tanpa melalui pengolahan. Air kelapa merupakan bagian dari buah kelapa yang mempunyai kandungan zat gizi/nutrisi lengkap bagi kesehatan manusia.

Air kelapa yang baik adalah yang diperoleh dari kelapa tua optimal, tidak terlalu tua dan tidak pula terlalu muda. Air kelapa muda, sudah sejak lama dikenal sebagai minuman yang menyehatkan, serta mengandung gula reduksi, kalium,
natrium, kalsium, vitamin C dengan pH 5,5.

Resep es kelapa muda gula merah

Es kelapa muda gula merah yang merupakan perpaduan bahan alami untuk kebaikan yang kaya berbagai manfaaat

Es kelapa muda berikut bisa juga ditambah dengan pelengkap lainnya, kali ini ditambahkan gula merah sebagai kombinasi rasa. Campuran gula merah dan kelapa muda selain segar ditenggorokan juga mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas.

Bahan-bahan yang diperlukan :

  1. Kelapa muda 1 buah
  2. Gula aren +-200 g
  3. 1 sendok teh gula pasir
  4. Es batu/serut

Anda tentunya dapat menambahkan kombinasi seperti : Cincau, sirup aneka rasa atau bahkan susu kental manis (sesuai selera)

Langkah-langkah penyajiannya :

  1. Siapkan mangkuk saji, masukkan kedalamnya es batu ukuran agak besar. Jangan terlalu penuh.
  2. Lelehkan gula merah balok dalam api kecil, tambahkan gula pasir dan tambah air secukupnya hingga mencair.
  3. Tuangkan air kelapa serutan daging buah kelapa muda ke batu es.
  4. Masukkan pula gula merah yang sebelumnya telah dilarutkan terlebih dahulu.
  5. Tambahkan bahan pelengkap (sesuai selera).
  6. Es kelapa muda siap disajikan.

Mudah bukan, Kalau anda bisa membuatnya sendiri kenapa harus beli ?

Dengan membuat sendiri tentunya kita akan tahu bahan-bahan yang digunakan memang telah hiegenis dan tidak mengandung bahan pengawet dan penyedap rasa. Selain itu cara dan biaya yang diperlukan tidak terlampau mahal dan yang paling penting diketahui bahan-bahan campurannya.

Sebab belakangan ini marak sekali dicampur dengan pemanis buatan semisal sakarin, yang berbahaya bagi kesehatan ginjal. Perlu kita ketahu bersama bahwa pedagang hanya mencari keuntungan sebesar besarnya tanpa peduli terhadap kesehatan pelanggannya.

Penggunaan gula merah menurut para ahli tata boga lebih menyehatkan dari pada gula pasir. Namun demikian saat ini ada 2 jenis gula merah yakni gula tebu dan gula aren, lebih disarankan menggunakan gula aren.

Selamat mencoba.