Belajar dan Berbagi

Resep, Tips dan Peluang Usaha Sekitar Kita

Author: Kiki Agus Setiawan

Resep Mie Pangsit Jakarta yang Spesial dan Enak

Mie pangsit atau banyak yang menyebutnya dengan mie ayam sebenernya sangat sederhana dan mudah untuk dibuat. Bahan utama yang digunakan adalah mie dan daging ayam yang di masak dengan menggunkan bumbu kecap, saus dan lain-lain.

Olahan ini merupakan salah satu resep mie yang bisa di sajikan sebagai menu utama maupun sebgai menu cemilan berat di sela-sela jam makan siang ataupun makan malam kalian semua. Kenikmatan rasa mie yang dipadukan dengan ayam dan pangsit bisa menggugah atau menggoyang lidah anda yang mencobanya.

Harganya pun sangat terjangkau bagi masyarat indonesia sekitaran 12000 ( dua belas ribu rupiah ) sampai 15000 ( lima belas ribu rupiah) . Menu Mie pangsit jakarta atau mie ini biasanya dijual di kaki lima maupun di restoran-restoran di Indonesia.

Resep mie pangsit jakarta ini adalah resep yang paling sering saya buat karena semua anggota keluarga kami sangat menyukai mie pangsit. Biarpun bahan-bahannya agak sedikit rumit tapi semua terjangkau dan mudah didapat kok. Tenang saja nggak sampai merogoh gocek yang sampai ratusan ribu dijamin. Selain itu rasanya pasti sangat menggoda dan bakal ketaguhan deh. Yuk mari kita siapkan bahan dan bumbunya.

Lihat Juga!Resep Mie Ayam Bakso Pangsit Lezat, Enak Dan Menggugah

Bahan untuk Pembuatan Mie Pangsit Jakarta

Beberapa bahan untuk Pembuatan  Resep Mie Pangsit Jakarta:

Untuk membuat taburan ayam pangsit:

  • 1/4 Kg ayam buras pilih yang dada
  • 1 ons lemak ayam
  • 2 butir telur
  • 5 siung bawang putih haluskan
  • 1/4 sendok teh meriba bubuk
  • garam secukupnya
  • minyak sayur untuk menumis kira-kira dua sendok makan

Mie pangsit:

  • 1 bungkus mie cap telur ayam (kalau pakai ini satu bungkus bisa jadi tiga porsi) atau sesuai selera mie basah juga bisa
  • Sawi 1 ikat kecil atau sesuai selera
  • minyak goreng 1/2 sendok makan untuk mencampur air waktu merebus mie, gunanya agar mie tidak lengket

Untuk bumbu mie:

  • 1 sendok makan minyak ayam
  • 1 sendok teh kecap asin cap ikan (untuk yang muslim harus hati-hati karena kebanyakan yang ada tanpa label halal, tetapi saya telah menemukan yang halal di supermarket  hargnya tidak mahal kok.
  • Garam sedikit sesuai selera
  • minya wijen 1/4 sendok teh
    Bahan lain untuk taburan yaitu daun bawang merah yang telah diiris dan bawang merah goreng.

Cara membuat Mie Pangsit Jakarta

Berikut ini adalah  cara membuat mie pangsit jakarta yang spesial dan enak

  1. Pisahkan dulu lemak ayam kemudian sisihkan. Ayam dikukus kira-kira 25 menit setelah itu dinginkan lalu blender.
  2. Lemak ayam dicampur dengan minyak goreng kira-kira empat sendok lalu dbiarkan sampai lemak ayam kering matikan dan masukkan bawang putih yang sudah dikeprek.
  3. Buat bumbu bawang putih, merica bubuk dan garam haluskan kemudian masak dengan ayam yang sudah diblender lalu campurkan dua telur ayaam yang sudah dikocok, aduk terus sampai ayam kering seperti gambar di atas.
  4. Campur minyak wijen, garam, minyak ayam,kecap asin ke dalam mangkok hidang.
  5. Didihkan air dengan lalu masukkan sawi setelah lunak angkat dan tiriskan. Sisa air yang masih mendidih tambah minyak goreng 1/2 sendok makan dan masukan mie. Kalau mie sudah lunak angkat tiriskan lalu taruh dalam mangkok yang sudah ada bumbunya tersebut, aduk sampai rata. Terakir beri taburan ayam  dua sendok makan diatas mie lalu taburi daun bawang merah dan bawang goreng siap untuk disantap.

Demikianlah artikel yang sudah saya buat tentang resep mie pangsit jakarta dan sekaligus pengertian mie,  langkah-langkah dalam membuat resep mie pangsit jakarta ini memang melelahkan, namun hasilnya akan menjadi makanan yang di suka bagi anak-anak maupun orang dewasa loh.

Baca Juga : Cara Membuat Resep Mie Pangsit Yang Lezat Dan Enak

Resep Kroket Mie Gulung Yang Enak dan Mudah Dibuat

Resep kroket mie gulung, Kroket  merupakan makanan berbentuk bulat lonjong yang diselimuti dengan breadcrumbs atau tepung roti dan digoreng. Biasanya jika di luar negeri maka bahan utamanya adalah kentang tumbuk, daging cincang (sapi, ayam atau kalkun), seafood, ikan, keju, sayuran, dan roti tawar yang direndam susu cair dan dilumatkan.

Semua bahan-bahan ini kemudian dicampur dengan saus putih (bechamel) bersama dengan bumbu-bumbu seperti bawang bombay, merica, daun rempah kering, dan pala. Adonan ini kemudian dibentuk bulat lonjong atau piringan bulat pipih dan digoreng dalam minyak yang banyak.

Kroket terkadang hadir begitu saja alias tidak menggunakan isi di dalamnya, namun jika diisi maka bahan pengisi kroket umumnya adalah tumisan bawang putih, jamur, dan telur rebus.

Kata croquette berasal dari bahasa Prancis, croquer yang artinya “to crunch”. Mungkin mengacu pada permukaan kroket yang garing dan renyah, sehingga ketika dimakan akan remuk dan mengeluarkan suara bergemersik. Makanan ini sangat populer di seluruh dunia selain sebagai camilan juga sebagai fast fod.

Di Indonesia sendiri, walau makanan ini sudah diperkenalkan sejak jaman penjajahan Belanda namun kepopulerannya sendiri tidaklah se-booming di negara asalnya. Mungkin karena kentang bukanlah makanan pokok di negara kita sehingga kroket pun hanya dianggap sekedar camilan selayaknya lumpia, risoles, bakwan atau tahu isi.

Kroket di negera kita berupa kentang yang dihaluskan dan digunakan untuk membungkus isi yang biasanya terbuat dari tumisan ayam dan sayuran. Adonan yang sudah dibentuk bulat lonjong ini kemudian di celupkan ke dalam kocokan telur dan dibalut tepung panir untuk kemudian di deep fried hingga permukaannya kering kecoklatan.

Tumisan isi roket yang biasanya disebut dengan ragout ini bisa dibuat dari daging ayam atau daging sapi bersama cincangan sayuran dan dikentalkan dengan tepung maizena. Sayuran yang umum digunakan biasanya hanya terbatas pada wortel dan kacang polong, sangat jarang sekali menemukan kroket yang diisi dengan sayuran yang terlalu bervariasi.

Bagian terpenting lainnya dalam membuat kroket adalah menggelindingkan bulatan adonan di permukaan tepung panir atau breadcrumbs. Jika breadcrumbs yang anda gunakan terlalu kasar (butirannya besar-besar) seperti yang saya gunakan pada gambar di bawah maka proses sebentar breadcrumbs dengan blender dry mill, tekan pulse dua atau tiga kali saja untuk memecahkan butiran tersebut agar menjadi lebih kecil.

Tetapi ingat jangan terlalu berlebihan menghancurkannya hingga menjadi halus seperti tepung.

Lihat Juga!Cara Membuat Mie Warna Warni Yang Mudah Dibuat Dirumah

Bahan-bahan yang harus di persiapkan:

  •  2 bks mie instant,
  •  1 ons daging cincang,
  •  daun bawang,
  •  1 siung bawang putih,
  •  3 bawang merah,
  •  minyak goreng,
  •  2 butir telur ayam,
  •  kecap manis.
  •  daun pisang

Cara Membuatnya:

1. Didihkan 1 gelas air, masukkan mie instant, didihkan beberapa saat, lalu angkat.
2. Bubuhi 1 pak bumbunya, ratakan. Jika sudah terserap airnya, masukkan telur yang sudah dikocok, ratakan, diamkan dulu.

3. Panaskan 2 sendok minyak di wajan, masukkan 2 macam bawang yang suduh digerus kasar, tumis, sampai berbau harum baru masukkan daging cincang, aduk-aduk sampai berubah warna baru masukkan irisan daun bawang dan bumbu-bumbu, bubuhi kecap 2-3 sendok makan.

4. Masak sampai daging tidak berair, taruh 1 sendok makan tepung terigu, ratakan pula sambil diaduk-aduk sejenak lalu angkat.

5. Adonan mie ditaruh di aas selembar daun yang sudah diminyaki, isi dengan daging, lalu gulung. Tutup kiri kanan dengan lidi. Kukus sampai masak.
6. Dinginkan, lalu potong-potong setebal jari. Celup ke dalam telur yang sudah dikocok lalu gulingkan ke tepung panir. goreng dengan minyak yang panas.

Baca Juga :Cara Membuat Resep Kroket Mie Banyak Variasi Yang Pastinya Enak

Demikianlah artikel tentang cara membuat resep kroket mie gulung, share artikel ini kepada teman – teman anda. selamat mencoba cara membuat resep kroket mie gulung ini dan terima kasih!

Cara Membuat Mie Warna Warni Yang Mudah Dibuat Dirumah

Mie kuning biasa sudah tidak  jaman lagi, kurang variasi, karena saya sebagai penggemar mie sejati harus coba coba segala macam mie dong, apalagi mie ayam satu ini warnanya unik, sehat lagi, bisa bikin sendiri tanpa bahan pengawet pula, yukk coba saja langsung ke  step by step cara membuat mmie warna warni.

Bahan :

  • 450 gr tepung terigu protein tinggi
  • 2 btr kuning telur
  • 150 gram bayam hijau
  • 3/4 sdt garam
  •  Sari hijau bayam 🙂 nya :
  • [caranya , ambil daunnya saja, lalu blender dengan 200 ml air.
  • Saring dan sisihkan.
  • Hasilnya sari bayam itu nanti 350 ml.
  • Jangan sekaligus dituang ya.
  • Tapi, sedikit2 hingga dirasa adonan cukup kalis untuk dibentuk menjadi mie.

Cara Membuat :

1. Campur tepung terigu dan garam
2. Masukkan kuning telur, lalu tambahkan jus bayam hijau sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis. Jumlah jus bayam yang diperlukan tergantung kebutuhan sampai adonan menjadi kalis.
3. Gilas menggunakan mesin pembuat mie dengan ketebalan sesuai selera. Lakukan 2 kali sampai hasil gilasan elastis dan halus.
4. Lalu gilas kembali menggunakan pisau pembuat mie (pake ukuran yg kecil)
5. Taburi hasil gilasan dengan tepung agar tidak lengket
6. Didihkan air, masukkan mie. Biarkan beberapa saat hingga mie matang
7. Angkat, tiriskan. Siap dicampur dengan minyak ayam, kecap asin, minyak wijen & taburi dengan tumisan ayam jamur.

Sekedar info  :

 Jika ingin membuat mie oranye, ganti sari air bayam dengan air wortel atau labu kuning dengan takaran akhir kurang lebih 300 ml. Begitu pun jika ingin membuat mie merah, blender 1 buah bit dengan 200 ml air, saring. Mie hitam, campur tinta cumi dengan air hingga berjumlah 200 ml.

Sedang mie pelngi, kita bisa mix mie- mie yang udah dibuat tadi sedikit- sedikit, jadi mie nya warna- warni deh.

Lihat Juga!Resep Kroket Mie Gulung Yang Enak dan Mudah Dibuat

Minyak Ayam

Bahan:

  • 500 ml Minyak sayur bening
  • 180 grm lemak/kulit ayam
  • 8 siung Bawang putih, dimemarkan agak halus yaaa!!
  • 1 ruas jari Jahe
  • 1 sdt Lada utuh, dimemarkan
  • 1 sdt Ketumbar utuh, dimemarkan

Info :

Alternatif: lada dan ketumbar bisa diganti dengan kemiri. Gunakan biji yang masih segar, yang akan berbau harum saat dimasak. Tidak bisa diganti dengan lada/ ketumbar bubuk karena yang berbentuk bubuk sudah tidak mengeluarkan minyak.

Cara membuat:

1) Tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga harum, lalu masukkan lemak/ kulit ayam. Tumis terus dengan api kecil hingga keluar minyak agak banyak.
2) Masukkan sisa minyak dan semua bahan lain. Masak hingga 15 menit dengan api kecil.
3) Gunakan untuk menumis/ membuat mie pangsit. Sisa minyak didinginkan, disaring, lalu disimpan di wadah yang bersih, kering dan tertutup.
4) Jangan mengoplos minyak ayam yang sudah jadi dengan minyak sayur.

Tumisan Ayam

Bahan:

  • 1/2 kg ayam
  •  [Pilih bagian dada, cincang halus. Tulang jangan dibuang, bisa untuk kuah kaldunya]
  • 1/4 kg jamur kancing segar [iris tipis]

Bumbu halus:

  • 10 bh bawang putih
  • 6 bh bawang merah
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/2 btl saus tiram
  • 1 sdt kecap ikan
  • 1 sdt kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen
  • gula, garam & merica bubuk secukupnya
  • sedikit air untuk meresapkan bumbu

Cara membuat:

  1. Tumis bawang putih & bawang merah hingga harum, tambahkan minyak wijen, kecap ikan, aduk rata.
    2. Masukkan cincangan daging ayam, aduk rata. Tambahkan kecap manis, saus tiram, kecap asin, gula, garam, merica. aduk. Masukkan jamur kancing, aduk kembali.
    3. Beri sedikit air. Biarkan hingga air menyusut & bumbu meresap. Angkat
    4. Tumisan ayam-jamur siap digunakan

Kaldu :

  • 1 liter air
  • Tulang2 sisa fillet an ayam
  • 4 bh bawang putih, memarkan sedikit halus
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 3 btg daun bawang
  • garam & merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Didihkan air, masukkan tulang ayam. Biarkan agak lama.
    2. Tumis bawang putih & jahe hingga harum. Angkat, tuang ke dalam air kaldu
    3. Tambahkan garam & merica, tes rasa. Biarkan mendidih kembali.
    4. Angkat, taburi dg daun bawang

Pelengkap :

  • Kulit pangsit goreng
  • acar timun
  • sayur sawi rebus
  • tongcai

Penyelesaian :

  1. Siapkan mangkok, letakkan 1 sdm minyak ayam, 1 sdm kecap asin, 1/2 sdm minyak wijen, aduk rata.
    2. Taruh diatasnya mie hijau yg sudah direbus tadi. Aduk-aduk agar semua tercampur rata.
    3. Tambahkan sawi rebus (jika suka), tumisan ayam-jamur dan tongcai.
    4. Lengkapi dg pangsit goreng dan acar timun

Demikianlah artikel tentang cara membuat mie warna-warni, share artikel ini kepada teman – teman anda. selamat mencoba cara membuat resep mie warna warni ini dan terima kasih!

Baca Juga : Peluang Bisnis Mie Ayam Pelangi Dan Proses Pembuatannya

 3 Cara Membuat Mie Warna-Warni Dari Sayuran yang Sehat

Siapa yang tidak menyukai mie ? Mie merupakan pengganti nasi dan banyak karbohidat atau lebih tepatnya sebagai makanan pengganjal perut, selain itu mie juga dapat diolah dengan berbagai macam jenis varian masakan mie, seperti mie rebus, mie goreng, bakmie, dan mie ayam pangsit dll.

Mi (atau juga sering ditulis mie) adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Langsung saja ke cara membuat mie warna-warni dari sayuran, semoga sukses!

Berbagai Macam Cara Membuat Mie Warna-Warni dari Sayuran :

1. Cara Membuat Mie Hijau

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 300 gram tepung terigu yang proteinnya tinggi.
  • 2 butir telur.
  • 75 gram tepung sagu.
  • 1 sendok teh garam.
  • 50 gram bayam yang sudah di-blender dengan air sebanyak 30ml.
  • 2 sawi hijau. Potong sesuai selera, lalu rebus sebentar.
  • 50 gram tepung terigu, nantinya akan digunakan untuk taburan.

Bahan tumisan ayam:

  • 2 paha ayam, potonglah kotak kecil-kecil.
  • 4 siung bawang putih, lalu cincang halus.
  • 200 gram jamur dan potong-potong.
  • 1 sendok teh garam.
  • ½ sendok teh merica hitam bubuk.
  • 150 ml air.
  • 1 sendok teh gula pasir.
  • 1 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

Bahan kuah:

  • 4 siung bawang putih, iris dan goreng.
  • 2000 ml kaldu ayam.
  • 4 siung bawang putih, iris dan goreng.
  • 1 sendok teh merica bubuk.
  • 2 ½ sendok teh garam.
  • ½ sendok teh gula pasir.
  • 2 batang daun bawang.

Bahan pelengkap:

  • Saus sambal sesuai selera.
  • Saus tomat sesuai selera.
  • 1 batang daun bawang.

Cara membuat tumisan:

  1. Panaskan minyak goreng terlebih dahulu dalam wajan.
  2. Setelah itu, masukan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tunggu sampai aromanya harum.
  3. Masukan ayam, lalu aduk secara merata sampai warnanya berubah.
  4. Masukan jamur, garam, merica hitam, dan gula pasir. Aduk merata tambahkan air sedikit. Aduk lagi hingga merata.
  5. Setelah matang sisihkan terlebih dahulu.

Cara memasak kuah mi:

Masak kuah, kemudian masukan garam, bawang putih, daun bawang, dan gula. Masak sampai matang.

Cara membuat mi hijau:

  1. Campur tepung terigu, bayam, tepung sagu, garam, dan telur. Aduk semua bahan sampai kalis. Lalu, diamkan selama 15 menit.
  2. Giling tipis-tipis di gilingan mi. Ketebalannya antara 1 sampai 4 cm . Lakukan 2 kali penggilingan untuk setiap nomor. Taburkan tepung terigu ke adonan supaya tidak lengket.
  3. Potong hasil gilingan menggunakan pemotong mi.

Cara memasak mi hijau menjadi makanan khas Indonesia:

  1. Didihkan 100 ml air dalam panci yang sudah ditambahkan minyak.
  2. Masukan mi hijau ketika air mendidih.
  3. Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  4. Sajikan mi di mangkuk. Tambahkan kecap asin 4 sendok makan dan merica bubuk 1/2 sendok teh.
  5. Siramkan kuah kaldu.
  6. Tambahkan bumbu tumisan dan taburi bawang.
  7. Tambahkan saus sambal atau tomat sesuai selera.
  8. Mie hijau spesial siap disajikan.

Baca Juga :Cara Membuat Mie Sehat Yang lezat dan Mudah di Praktekan

2. Cara Membuat Mie Merah 

Bahan-bahan membuat mi merah: 

  • 300 gram terigu protein tinggi.
  • 1 buah bit ungu.
  • 1 sendok makan minyak goreng.
  • 4 sendok makan kecap asin.
  • 1 butir
  • 1 sendok teh
  • 4 sendok makan minyak goreng.

Langkah-langkah membuat mi merah:

  1. Kupas buah bit ungu. Potong kecil-kecil bentuk dadu.
  2. Didihkan air secukupnya, lalu masukkan buah bit yang sudah dipotong. Masak dengan api sedang antara 3 sampai 4 menit. Tunggu sampai dingin, lalu blender halus.
  3. Campur terigu, telur, garam, minyak goreng, dan sebagian buah bit halus. Aduk sampai rata. Apabila adonan mi masih terasa kering tambahkan lagi buah bit. Setelah itu, bulatkan.
  4. Potong adonan mi menjadi 4 bagian. Pipihkan masing-masing adonan di mesin mi sampai ketebalan nomor 4 atau 5.
  5. Didihkan air, lalu masak setiap 1 bagian adonan 2 sampai 3 menit. Letakkan ke wadah yang telah diberi minyak goreng dan kecap asin. Aduk sampai Lakukan hal yang sama sampai adonan ke 4.
  6. Mi merah pun sudah jadi.

3. Cara Membuat Mie Ungu

Bahan-bahan membuat mi ungu:

  • 150 gram ubi jalar ungu.
  • 125 gram tepung mocaf.
  • 350 gram tepung terigu.
  • 2 sendok makan tepung tapioka.
  • ½ sendok makan garam.
  • 1 gram posmie.
  • Air secukupnya.
  • Garam secukupnya.

Langkah-langkah membuat mi ungu:

  1. Kupas ubi jalar ungu, cuci lalu kukus.
  2. Ubi yang sudah dikukus campur dengan tepung terigu, tepung mocaf, tepung tapioca, posmi, garam, telur, dan air secukupnya. Aduk rata sampai menjadi adonan yang kalis.
  3. Giling adonan tersebut menggunakan gilingan mi. Giling adonan 2 atau 3 kali sampai licin.
  4. Potong mi dengan ukuran yang sedang.
  5. Didihkan air dengan minyak makan. Rebus sampai mi terapung, angkat, lalu dinginkan.

Lihat Juga!Resep Mie Ayam Bakso Pangsit Lezat, Enak Dan Menggugah

Demikianlah artikel tentang cara membuat mie warna-warni dari sayuran, share artikel ini kepada teman – teman anda. selamat mencoba cara membuat  mie warna warni dari sayuran ini dan terima kasih!

Resep Mie Ayam Bakso Pangsit Lezat, Enak Dan Menggugah

Siapa yang tidak menyukai mie ayam bakso pangsit? Mie merupakan makanan yang termasuk pengganti makanan karbohidat atau lebih tepatnya sebagai makanan pengganjal perut, selain itu mie juga dapat diolah dengan berbagai macam jenis varian masakan mie, seperti mie rebus, mie goreng, bakmie, dan mie ayam pangsit.

Resep mie ayam bakso pangsit ini adalah resep yang paling sering saya buat karena semua anggota keluarga kami sangat menyukai mie pangsit. Biarpun bahan-bahannya agak sedikit rumit tapi semua terjangkau dan mudah didapat kok. Tenang saja nggak sampai merogoh gocek yang sampai ratusan ribu dijamin.

Selain itu rasanya pasti sangat menggoda dan bakal ketaguhan deh. Salah satu makanan mie yang terkenal dan paling banyak disukai oleh semua orang adalah mie ayam pangsit, selain rasanya yang enak dan lezat mie pangsit jenis kuliner yang harganya relatif terjangkau, biasanya 1 porsi mie pangsit harganya cuma goceng.

Karna itu banyak dipilih masyarakat sebagai makanan favorit dan dibawang ini adalah resep dan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat mie pangsit agar anda bisa membuatnya dirumah.

Lihat Juga! 3 Cara Membuat Mie Warna-Warni Dari Sayuran yang Sehat

Bahan Masakan Mie Ayam Bakso Pangsit

Bahan Mie:

  • Air Hangat
  • 1 kg tepung terigu
  • 3 butir telor
  • 1 sendok teh garam
  • Bahan Bumbu Mie:
  • 5 Siung Bawang Putih Cincang
  • 2 Siung Bawang Merah Cincang
  • 10 sdm Minyak Goreng
  • 2 sdm Garam
  • ¼ sdm Merica
  • ¼ sdt Ketumbar Halus
  • 1 Gelas Kaldu Ayam

Membuat Tumisan Ayam:

  • 1 Iris Daging Ayam Potong Dadu
  • 1 Siung Bawang Putih
  • Gula
  • Garam
  • Daun bawang
  • ½ Gelas Kaldu
  • Minyak Goreng

Bahan Kaldu Ayam:

  • Air
  • Ayamnya
  • Daun bawang
  • Seledri

Bahan Pelengkap:

  • Bakso secukupnya
  • Pangsit secukupnya
  • Sawi Rebus secukupnya
  • Sambal secukupnya
  • Saus secukupnya
  • Kecap Asin secukupnya

Cara Memasak

Cara Membuat Mie

  1. Campurkanlah semua bahan-bahan pembuat mie.
  2. Adon hingga menjadi kalis.
  3. Pipihkan dengan menggunakan alat.
  4. Potong dengan menggunakan alat pemotong/pencetak mie.
  5. Jika kesulitan, anda bisa membeli mie ayam di toko, pasar, atau supermarket terdekat.

Cara Membuat Bumbu Mie

  1. Panaskan minyak goreng di atas wajan.
  2. Masukan bawang merah, bawang putih kemudian tumis hingga harum.
  3. Jangan lupa masukkan kaldu ayam dan tambahkan garam, merica, ketumbar sampai mendidih.
  4. Setelah matang matikan api.

Cara Membuat Tumisan

  1. Panaskan minyak di atas wajan
  2. Tumis daun bawang dan ayam cincang di atas wajan hingga sdikit berubah warna
  3. Tambahkan kaldu, daun bawang dan gula sebagai penyedap rasa masakan anda.
  4. Masak dengan api kecil saja sampai mendidih.
  5. Jangan lupa menambahkan garam.
  6. Setelah matang dan daun bawang terlihat layu, angkat masakan anda.

Cara Membuat Kuah Kaldu

  1. Didihkan air kemudian masukan masukkan ayam.
  2. Panaskan dan biarkan hingga airnya menyusut sekitar ¾.
  3. Ambil ayamnya kemudian panaskan air bekas ayam tadi dengan api kecil.
  4. Jangan lupa untuk memasukkan daun bawang dan seledri.

Cara Membuat Mie Ayam Bakso Pangsit

  1. Langkah awal kita membuat minyak ayam dengan menyiapkan pengorengan kemudian panasakan lalu letakan kulit ayam, ketumbar dan bawang putih goreng di atas api yang kecil dan masak sampai kulit ayam mengeluarkan minyak lalu matikan api dan angkat.
  2. Selanjutnya membuat kuah kaldu dengan menumis bawang putih yang sudah dicincang sampai baunya wangi lalu kita tuangkan air, masukan kulit dan tulang ayam kemudian tambahkan merica bubuk gula dan garam masak sampai mendidih dan air berkurang atau hingga kuah mengental.
  3. Setelah itu kita membuat taburan ayam kita tumis bawang putih dan jahe yang dicincang halus sampai beraroma wangi kemudian masukan daging ayam giling, merica dan garamkita aduk-aduk rata sampai daging ayam berubah warna kecoklatan kemudian angkat.
  4. Siapkan mangkok lalu tuangkan minyak ayam 1 sendok makan kedalamnya bersama kecap asin, merica bubuk garam kemudian sisihkan.
  5. Kemudian kita panaskan air untuk merebus sawi hijau sampai setengah matang kemudian masukan mie kedalamnya masak sampai keduanya matang kemudian tuangkan rebusa mie dan sawi kedalam mangkok yang tadi sambil kita aduk rata.
  6. Kemudian kita beri taburan ayam diatasnya serta bawang merah goreng dan daun brambang,lalu tuangkan kuah kaldu dan sajikan.

Baca Juga :3 Cara Membuat Mie Ayam Bakso Yang Lezat Dan Enak

© 2019 Belajar dan Berbagi

Theme by Anders NorenUp ↑