Belajar dan Berbagi

Resep, Tips dan Peluang Usaha Sekitar Kita

Author: aji

Terungkap..! Cara Mengolah Biji Durian Menjadi Susu

Cara mengolah biji durian menjadi susu – Biasanya saat musim durian, kita akan menemukan biji durian yang dibuang dan hanya menjadi Limbah tidak berguna. Tetapi, kini pandangan tersebut telah dirubah menjadi minuman sehat yang mengandung protein tinggi.

Biji durian berhasil diolah menjadi susu dengan proses yang sederhana sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti susu sapi yang sedik mahal harganya.

Cara mengolah biji durian menjadi susu

cara mengolah biji durian menjadi susu

  1. Langkah pertama abis lu makan itu durian nya biji nya lu simpen, gak deng… Bijinya lu rebus semuanya jadi satu
  2. Nah, abis lu rebus lu kupas kulitnya.
  3. Udah di kupas? lu rebus lagi itu biji durian yang udah lu kupas.
  4. Setelah lu rebus lagi, potong-potong biji durian yg udah di kupas.
  5. Habis itu lu halusin, bukan alusin yg gimana-gimana, tapi maksut gue alusin disini lu blender biji durian yg lu potong-potong itu, pakai air pastinya blender nya. kalau bisa takaran airnya itu diatas dari tumpukan biji durian yg udah di potong-potong itu.
  6. Oh ya blender nya harus sampe halus banget loh yah, kaya bikin juice strawberry gitu, haus jadinya…
  7. Okay lanjut, setelah di blender.. lu saring biji durian yang udah lu blender itu
  8. Nah.. ini langkah yg hampir akhir sebelum lu minum. lu masak biji durian yang udah lu saring itu atau di rebus lah istilahnya, tapi rebusnya gak usah pake air lagi. oks?

Baca juga cara membuat keripik biji durian

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh biji durian :

1. Sebagai sumber energi dan tenaga

Selain daging buahnya, biji durian juga dapat menjadi salah satu sumber energy bagi tubuh. Hal ini dikarenakan biji durian memiliki kandungan sari pati yang cukup tinggi sehingga mampu menyuplai kebutuhan energy bagi tubuh.

Biji durian, terutama biji durian yang direbus dapat menggantikan fungsi ubi, singkong, bahkan nasi dalam hal pemenuhan kebutuhan energy yang dibutuhkan oleh tubuh sehari – hari.

Baik sebagai sumber energi dan tenaga.

2. Pembuatan tepung biji durian

Manfaat lain dari biji durian ialah dapat dimanfaatkan sebagai tepung. Biji durian yang dikeringkan dapat digiling hingga halus dan dimanfaatkan untuk dijadikan tepung. Tepung dari biji durian ini dapat menggantikan penggunaan tepung terigu yang biasa digunakan dalam pembuatan bahan makanan.

3. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Setelah diteliti lebih lanjut, biji durian memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang anda. fosfor dan kalsium ini merupakan dua zat yang penting untuk kesehatan tulang anda, seperti :

  • Membantu menjaga kesehatan tulang
  • Memperkuat struktur tulang
  • Menjaga kesehatan dan kekuatan gigi
  • Mencegah terjadinya osteoporosis
Baik untuk tulang dan gigi

4. Memiliki kandungan protein

Biji durian juga memiliki kandungan protein. Meskipun kandungan protein yang dimiliki oleh biji duren tidak banyak, namun kandungan protein ini dapat membantu memnuhi kebutuhan tubuh akan protein dalam sehari – hari. Berikut ini manfaat protein bagi tubuh :

  • Membantu mengikat lemak
  • Menguatkan otot
  • Memberikan energy bagi tubuh
  • Menjaga daya tahan tubuh

5. Sebagai campuran dari obat yang berbentuk tablet

Ekstrak dari biji durian juga sering dimanfaatkan untuk campuran dalam ppembuatan tablet – tablet dan obat – obatan yang biasa kita konsumsi sehari – hari.

6. Penguat rasa

Manfaat lain dari biji durian adalah sebagai penguat rasa durian, terutama ketika anda mencoba membuat es krim dengan bahan dasar durian. Buah durian yang masih menempel pada bijinya akan membuat rasa dan tekstur dari es krim durian menjadi lebih nikmat dan lezat untuk dikonsumsi.

7. Campuran pada kolak durian

Salah satu olahan yang sangat menggiurkan adalah kolak durian. Mirip seperti jenis kolak pisang, hanya saja menggunakan daging durian sebagai bahan dasarnya. Biasanya biji durian yang sudah matang dan layak dikonsumsi juga turut dimasukkan sebagai bahan campuran dari kolak durian.

Baca juga cara membuat keripik mangga

Mudah bukan..! cara mengolah biji durian menjadi susu. Selamat mencoba dan nikmatkan rasanya..!!

Terungkap Rahasia..! Keripik Kulit Mangga Spesial

Keripik kulit mangga – salah satu buah yang cukup terkenal dikalangan kita yaitu buah mangga. Seperti yang diketahui banyak sekali kandungan dan manfat dari buah tropis yang banyak tumbuh di Indonesia yaitu buah mangga.

Selain daging buah mangga yang manis dan enak serta kandungan nutrisi yang ada didalamnya, ternyata kulit mangga juga tidak kalah berkhasiat.

Banyak orang yang tidak mengkonsumsi kulit mangga hanya memakan daging buahnya saja, lalu membuang kulit buah tersebut.Berdasarkan hal tersebut, memunculkan ide untuk memanfaatkan limbah kulit mangga sebagai camilan yang sehat dan kaya manfaat.

Tidak hanya menciptakan kreasi baru dibidang makanan tetapi juga dapat memberikan pemasukan/pendapatan dari hasil kreasi tersebut.Dengan cara menggoreng dan member variasi rasa pada kulit mangga, dapat menciptakan camilan yang berbeda dari yang lain.

Sehingga menarik para konsumen untuk mengkonsumsi camilan ini.Pemanfaatan kulit mangga menjadi inisiatif untuk menghasilkan produk yang terbuat dari bahan olahan yang tidak bermanfaat menjadi bahan yang bermanfaat.

Dengan bahan sederhana yang dijadikan produk yang menyehatkan.Salah satunya dengan diolah menjadi kripik. Berikut cara pembuatan kripik kulit mangga :

Cara membuat keripik kulit mangga

keripik kulit mangga

 

Bahan-bahan

  1. 2 porsi
  2. Secukupnya minyak goreng
  3. 3 kg buah mangga (utuh)
  4. Secukupnya bawang putih
  5. Secukupnya garam

Bahan pelengkat :

  1. bubuk coklat, bubuk jagung, gula, keju

Langkah

  1. Kupas kulit mangga, ambil kulitnya saja. Lalu cuci.
  2. Haluskan bumbu yang berupa bawang putih dan garam jadi satu.
  3. Rendam kulit mangga dalam air yang sudah tercampur dengan bumbunya, selama 30 menit.
  4. Sementara menunggu 30 menit, panaskan minyaknya terleih dahulu
  5. Setelah 30 menit, goreng kulit mangga sampai kering
  6. Tiriskan kulit mangga sampai dingin.
  7. Campurkan kulit mangga dalam bahan penlengkat.
  8. Kemudian masukkan kedalam toples atau langsung dikemas.

Baca juga cara membuat keripik buah mangga

Cara membuat keripik kulit mangga

keripik kulit mangga

Bahan — bahan untuk membuat kripik kulit mangga meliputi:

  1. 3kg kulit mangga
  2. 500grm coklat bubuk
  3. 500grm keju
  4. 500gram bumbu balado
  5. 500gram gula halus
  6. 5siung bawang putih
  7. 5sdt garam
  8. 1 ½ liter minyak goreng
  9. 2liter Air

Cara pembuatan:

  1. Cuci bersih kulit mangga, lalu potong persegi panjang Haluskan bawang putih dan garam dan masukkan kedalam air pada baskom/mangkuk besar
  2. Rendam 15 menit kulit mangga pada air bumbu
  3. Panaskan minyak goreng
  4. Goreng kulit mangga hingga kering
  5. Siapkan bahan perasa ( coklat, keju, gula halus, dan bumbu balado) pada piring lebar yang terpisah
  6. Setelah kulit mangga dingin, masukkan pada bahan perasa
  7. Aduk-aduk kulit mangga hingga bahan perasa menempel agak tebal
  8. Bungkus dalam kemasan kulit mangga yang sudah di campur perasa
  9. Kripik kulit mangga siap didistribusikan.

Baca juga cara membuat keripik nangka muda

Nah keripik kulit mangga sudah siap disajikan untuk keluarga tercinta.Jika Anda sudah membaca cara membuat keripik kulit mangga dan gagal, silahkan Anda coba terus di rumah dan jangan pernah takut gagal, karena untuk mendapatkan hasil yang bagus itu kita harus berani gagal dulu.

Selamat mencoba dan siapa tahu dari resep diatas bisa mengawali Anda dalam berusaha.

Nah sekian dulu informasi mengenai cara membuat keripik kulit mangga. Semoga bisa Anda jadikan satu referensi dan semoga bermanfaat buat Anda. Selamat mencoba semoga mendapatkan hasil yang terbaik.

Disini Tempatnya Resep Spesial..! Keripik Nangka Muda

Keripik nangka muda – Mengingat kreatifnya dunia kuliner kita sekarang ini menjadikan kita berlomba – lomba untuk menciptakan ide baru, dulu buah – buah hanya bisa di ambil sarinya saja untuk dijadikan minuman.

Nah sekarang ini buah yang basah pun bisa kita bikin keripik contohnya buah salak,buah apel, buah nangka  muda dan masih banyak lagi. keripik buah nangka ini sebenarnya sudah lama di kenal tapi sebagian juga ada yang tidak tahu dan tidak pernah mencicpi keripik nangka.

Keripik nangka sangat lah cocok untuk oleh – oleh keluarga,dan keripik nangka juga sangat lah cocok untuk dinikmati saat santai bersama teman – teman,dan bisa jadi cemilan saat nonton tv serta bisa juga disajikan untuk tamu.

Artikel kali ini saya ingin berbagi resep cara membuat keripik nangka muda.

sebelum kita mengetahui bahan-bahan dan langkah – langkah cara membuat keripik nangka kita juga harus tahu kalau keripik nangka ini disukai banyak orang selain caranya pembuatannya yang cukup simpel keripik nangka juga rasa manisnya asli.

Hemm… keripik nangka ini masih sangat jarang lho

Nah dari pada penasaran langsung aja kita mengetahui bahan – bahan dan langkah – langkah membuat keripik nangka yang renyah dan gurih dibawah.

Cara membuat keripik nangka muda

keripik nangka muda

Bahan – bahan yang dibutuhkan

  • Siapkan buah nangka muda segar yang tidak terlalu matang sebanyak 1 kg
  • Sediakan air sebanyak 1 1/2 kg
  • Siapkan kapur sirih sebanyak 100 gram
  • Sediakan garam sebanyak 75 gram
  • Siapkan gula pasir sebanyak 150 gram
  • Sediakan minyak goreng sebanyak 2 liter

Cara membuat keripik nangka renyah dan enak:

1. Kupas buah nangka muda, kemudian bersihkan kulit beserta jerami – nya. belah daging buah lalu keluarkan biji – nya lalu potong – potong ujung – nya.
2. Kemudian rendam buah nangka muda pada larutan air kapur sirih selama 5 jam.
3. Cuci bersih buah nangka dan tiriskan sampai benar-benar kering.
4. Untuk mendapatkan hasil yang sedikit mengembang, sebaik – nya buah nangka dijemur terlebih dahulu selama 5 jam.
5. Setelah itu masukkan pada mesin vacum frying (mesin penggoreng hampa udara) menggunakan minyak yang dipanaskan pada suhu rendah tidak melebihi 90 CC.
6. Kemudian goreng sampai matang dan buih pada minyak semakin mengecil dan berkurang. lalu angkat dan tiriskan (dapat menggunakan peniris minyak, supaya keripik tidak mudah tengik).
7. Terakhir, simpan keripik nangka pada wadah atau toples kedap udara agar rasa gurih serta renyah – nya tetap terjaga.

Baca juga cara membuat keripik singkong pedas manis

Mudah dan simple kan cara membuatnya. Selain itu resep kali ini bisa dibilang resep cemilan yang ekonimis dan akan semakin ekonimis jika nangka berasal dari kebun sendiri.

Oke, cukup sampai disini dulu yah cara membuat keripik nangka muda dari saya, lain kali di sambung resep yang lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Spesial..! Resep Keripik Singkong Balado Pedas Manis

Sebelum kita membuat keripik singkong, maka kita harus memperhatikan bahan baku utama kita yaitu singkong tersebut. Pastikan saat membeli singkong lihat apa singkong tersebut masih dalam keadaan yang bagus atau masih baru di panen,

Bagaimana memilih singkong yang bagus …. nah kita bisa lihat pada pangkal ujung dari singkong tersebut …. jika berwarna putih maka singkong tersebut masih bagus … namun jika ada warna kehitaman … singkong tersebut sudah agak lama.
Kita juga bisa lihat singkong yang masih baru terdapat tanah yang menempel pada kulit nya.
Nah sekarang kita akan praktek membuat keripik singkong renyah, gurih dan enak untuk dihidangkan kepada keluarga tercinta dirumah …. ataupun bisa untuk kita jual sebagai lahan bisnis untuk kita. penasaran bagaimana membuat keripik singkong super renyah .. simak dibawah ini.

# Resep keripik singkong balado pedas manis

resep keripik singkong balado pedas manis

Bahan membuat keripik singkong :

  • 1 kg singkong kualitas bagus dan masih segar
  • 5 sendok makan garam
  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 300 ml air
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 5 siung bawang putih
  • minyak goreng secukupnya

Bumbu yang kita haluskan :

  • 150 gram cabai merah keriting
  • 8 butir bawang merah
  • 1 1/2 sendok teh garam

Cara membuat keripik singkong balado pedas manis :

  1. Kita bersihkan singkong, kupas kulitnya dan rajang dengan alat perajang yang bisa kita beli di pasar tradisional. pastikan saat merajang singkong ukurannya sama (ketebalannya sama).
  2. Kita campur air 300 ml dengan kapur sirih, aduk aduk hingga rata.
  3. Kemudian rendam singkong yang telah dirajang dalam larutan air kapur sirih … diamkan selama kurang lebih 1/2 jam. Angkat dan tiriskan.
  4. Panaskan minyak goreng dan goreng singkong hingga kering dan matang. Angkat.
  5. Kita panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus dan aduk aduk, kemudian masukkan gula pasir aduk rata dan meletup letup.
  6. Kemudian masukkan singkong yang telah digoreng aduk aduk hingga rata berbalut dengan bumbunya.
  7. Biarkan keripik singkong pedas manis hingga dingin dan setelah dingin siap untuk dikemas.

Baca juga cara membuat keripik singkong lainnya

# Resep keripik singkong balado pedas manis

Bahan-bahan

  1.  1/2 kg singkong
  2. 1 gengam cabe merah
  3. 1/2 genggam cabe rawit
  4. 1/2 sendok gula pasir
  5. secukupnya gula merah
  6. 1/2 sendok garam
  7. secukupnya penyedap (aku pakai masako rasa ayam)
  8. 5 siung bawang merah
  9. 3 siung bawang putih

Langkah :

  1. Rebus singkong yang sudah di kupas kulitnya dan sudah di cuci (selama 30 menit).
  2. Setelah singkong di rebus, tiriskan singkong kemudian tunggu hingga dingin.
  3. Setelah itu, iris tipis-tipis singkong.
  4. Kemudian goreng singkong sampai bewarna putih kekuning-kuningan (hati-hati jangan sampai gosong).
  5. Setelah singkong di goreng semua, tunggu kripik singkong nya dingin.
  6. Barulah buat sambal balado pedas manisnya, dengan memanaskan minyak tunggu hingga panas barulah masukan cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan putih yang sudah di belender sebelumnya.
  7. Pada saat sambal agak mengering masukan gula merah, gula pasir, garam, dan masako.
  8. Setelah matang, tunggulah sambal menjadi dingin, baru anda masukan singkong yang sudah di goreng dan aduk sampai rata.
  9. Mudah dan simple kan cara membuatnya. Selain itu resep kali ini bisa dibilang resep cemilan yang ekonimis dan akan semakin ekonimis jika singkongnya berasal dari kebun sendiri.
  10. Oke, cukup sampai disini dulu yah resep singkong dari saya, lain kali di sambung resep yang lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga cara membuat keripik usus pepaya

Mudah dan simple kan cara membuatnya. Selain itu resep kali ini bisa dibilang resep cemilan yang ekonimis dan akan semakin ekonimis jika singkongnya berasal dari kebun sendiri.

Oke, cukup sampai disini dulu yah resep singkong dari saya, lain kali di sambung resep yang lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Resep Spesial..! Cara Membuat Keripik Usus Pepaya Aneka Rasa

Cara membuat keripik usus pepaya – untuk memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi buah pepaya diolah menjadi keripik usus pepaya. Saya  berikan cara membuat keripik usus pepaya sebagai berikut.

Cara membuat keripik usus pepaya :

cara membuat keripik usus pepaya

Tahap persiapan

  1. Pepaya dikupas kemudian dicuci bersih.
  2. Kemudian dipotong memanjang dengan alat khusus agar ukuran tetep sama.
  3. Setelah itu pepaya yang telah dipotong dicuci dengan air dingin selama 3 menit agaraktivitas enzim terlarut tidak rusak.
  4. Selanjutnya air limbah ditampung dengan air cucian sebelumnya untuk pengisolasian lebih lanjut.
  5. Selanjutnya pepaya direbus dengan air mendidih selama 1 menit dan ditiriskan.
  6. Kemudian dijemur hingga kering, selama 4-5 hari. Alas yang dipakai adalah nonlogam misalnya alas berbahan kain atau plastik. Hasil dari tahap pengeringan ini adalah bahan keripik setengah jadi (kerecek ) dengan bentuk lebih keriting dan bisa disimpan lebih lama untuk produk jangka panjang.

Tahap pengolahan

  1. Krecek pepaya direndam dengan air selama 10 menit kemidian ditiriskan.
  2. Kemudian keripik pepaya diaduk menggunakan mesin aduk, dengan ditambah tepung berbumbu.
  3. Setelah proses pengadukan selesai kemudian digoreng hingga kering. Hasilnya akan menyerupai keripuk usus yang menanjang sehingga disebut “keripik pepaya” .
  4. Kemudian didinginkan. Bila keripik pepaya anda ingin diberi aneka rasa tingal ditaburi srbuk aneka rasa menggunakan ayakan dan diadauk rata.
  5. Hasilnya yang adalah keripik usus pepaya aneka rasa antara lain rasa balado, sate ayam bawang, barbeque, dan lain – lain sesuai selera.

Tahap terakhir dari pembuatan keripk usus pepaya adalah tahap pengemasan.

Kemasan kripik usus pepaya dibuat unik dalam berbagai rasa, dan warna kemasan. Pencantuman kelebihan kripik usus pepaya didalam kemasan dilakukan untuk menarik minat para konsumen.

Kelebihan kripik usus pepaya berbahan baku pepaya muda adalah kandungan gizi yang cukup antara lain kalsium, fosfor, serat, non kolesterol, protein, lemak, dan karbohidrat berasal dari pepaya dan bahan baku.

Adapun Vitamin A diduga rusak pada saat pengolahan. Kemasan kripik usus dibuat bervariasi disesuaikan daya beli dan tujuan konsumen.

 

Salah satu produk yang diminati konsumen saat ini adalah kripik usus yang memiliki rasa lezat khas. Dari segi pengolahan, kripik berbahan baku buah seperti kripik nangka, apel, salak, dan lain-lain kurang ekonomis. Proses pengeringan kripik buah tersebut diperlukan alat khusus yaitu rotary vaccum.Harga alat tersebut relatif mahal sehingga usaha kecil kesulitan menjangkaunya dan harga kripik yang dihasilkan juga mahal. Adapun kripik usus dibalik kelezatannya tidak menjamin bahwa produk ini aman untuk dikonsumsi. Kandungan kolesterol yang tinggi dan komponen berbahaya pada usus diduga akan memicu munculnya berbagai penyakit diantaranya penyakit jantung. Oleh karena itu, pengolahan pepaya menjadi kripik usus pepaya menjadi salah satu alternatif untuk menggantikan kripik usus. Kripik ini lebih aman dikonsumsi karena berbahan baku buah berserat dan bergizi tinggi.

Untuk itu pada kesempatan ini akan dicoba pengolahan pepaya muda menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis lebih yaitu dengan mengolahnya menjadi kripik usus pepaya.

 

Oh ya, jika anda penasaran dan mau tahu bagaimana cara membuat keripik buah lainnya, berikut kami berikan juga tips dan cara membuat keripik wortel dan Cara Membuat Keripik Buah Pepaya Cemilan Sehat.

Sangat mudah bukan untuk cara membuat keripik usus pepaya. Anda dapat mencoba resep dengan menambahkan sedikit perasa manis atau gurih di dalam pembuatannya.

Oke demikian info singkat tentang cara membuat keripik usus pepaya, semoga bermanfaat, selamat mencoba.

 

Cobalah..! Cara Membuat Keripik Salak dengan Penggorengan Biasa

Cara membuat keripik salak dengan penggorengan biasa – Salak tidak hanya dimakan langsung tapi salak bisa diolah menjadi cemilan atau makanan yaitu  keripik buah salak ini mungkin bagi anda jarang terdengar, dan tahukah anda jika sekarang faktanya keripik buah salak sangat populer di masyarakat sekarang ini.

Anda penasaran untuk membuat resep -resep membuat  keripik salak. Mari simak mengenai resep Cara Membuat Keripik Salak Dengan Penggorengan Biasa.

Cara Membuat Keripik Salak Dengan Penggorengan Biasa

cara membuat keripik salak dengan penggorengan biasa

Bahan yang diperlukan :

  • Buah salak yang sudah matang 2 kil0 gram
  • Air 2,5 liter
  • Kapur sirih 100 gram
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula pasir 250 gram
  • Garam

 

Cara membuat keripik salak dengan penggorengan biasa

  1. Cara pertama yang paling penting anda  harus memilih buah salak yang masih segar, Pilih buah salak yang masih baik dan tidak busuk.
  2. Selanjutnya kupas salak dan juga kupas kulitnya arinya sampai besih.
  3. Kemudian salak dipisahkan dari bijinya dan ambil daging salaknya saja, Tapi jangan dibuan bijinya karena bijinya bisa di buat menjadi kopi baca cara membuat kopi salak.
  4. Setelah itu anda harus membersihkan daging salak.
  5. Kemudian masukan kapur sirih pada air, kemudian tambahkan garam dan gula pasir. Aduk-aduk hingga semua bahan larut. Kemudian masukan daging salak direndam selama kurang lebih 1 jam. Fungsi perendaman menggunaka kapur sirih adalah untuk menghilangkan getah pada salak.
  6. Setelah direndam dengan sirih selama 1 jam, kemudian diangkat salaknya dari rendaman dan tiriskan.
  7. Panaskan oven tradisional pada wajan, dan masukan salak pada oven. Terlebih dahulu diatur letak daging salaknya agar tidak bertumpukan. Tujuan salak dioven adalah untuk menghilangkan kandungan air pada salak. Setidaknya bisa mengurangi kandungan airnya. Setelah salak kering lanjut ke tahap berikutnya.
  8. Kemudian proses itu dilakuhkan Panaskan wajan hingga benar-benar panas dan goreng salak hingga berwarna kuning ke emasan atau ke coklat.
  9. Setelah salak matang digoreng, kalau anda mempunyai alat sentrifugal atau pemusing bisa digunakan agar kandungan minyak salak bisa hilang, jika anda tidak punya alat tersebut anda hanya perlu meniriskan salak itu.  bila anda memakai mesin tersebut salak bisa tahan sampai satu bulan.
  10. Selanjutnya tinggal sajikan ,okeee.

 

Baca juga cara membuat keripik terong ungu

Demikian resep cara membuat keripik salak dengan penggorengan biasa yang renyah dan manis. Resep ini sangat mudah dipraktekan dan tidak perlu menggunakan mesin Vacuum Frying  dan mesin pemusing. Semoga bisa memberikan manfaat bagi yang ingin membuatnya dirumah. Terima kasih yah.

Pesan saya, jangan pernah lelah untuk memasak

Resep Rahasia.! Cara Membuat Keripik Terong Ungu Spesial

Cara Membuat Keripik Terong Ungu. Keripik atau kripik adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari umbi-umbian, buah-buahan, atau sayuran yang digoreng di dalam minyak nabati. Untuk menghasilkan rasa yang gurih dan renyah biasanya dicampur dengan adonan tepung yang diberi bumbu rempah tertentu.

 

Cara Membuat Keripik Terong Ungu

 Berikut 5 Cara Membuat Keripik Terong Ungu :

# Keripik Terong renyah

keripik terong merupakan cemilan sehat dan murah pula.

Bahan-bahan

  1. 2 buahterong ungu sedang
  2. 1/4 kgtepung beras
  3. 1 butirbawang putih (haluskan)
  4. sepucuk sdtketumbar bubuk
  5. 1 sdtgaram/ secukupnya
  6. 150 mlair/ secukupnya
  7. secukupnyaminyak goreng

Langkah

Potong terong tipis – tipis.

  1. Campurkan tepung, bawang putih, ketumbar, dan garam. Masukkan sedikit demi sedikit air hingga kekentalannya pas. Jangan terlalu encer ya.
  2. Masukan potongan terong dalam adonan tepung.
  3. Goreng dengan minyak panas hingga menguning. Tiriskan dan biarkan uapnya menghilang.
  4. Terong siap dinikmati. Bila ingin tetap renyah, masukkan dlm toples/ wadah tertutup.

 

# Keripik terong crispy

Makanan favorit saya dan teman2

Bahan-bahan

5 porsi

  1. 500 gramterong ungu, di iris bentuk kerupuk
  2. 200 gramtepung terigu
  3. 50 gramtepung jagung
  4. 1/2 sdttepung custard
  5. 1 butirtelur ayam
  6. 1 sdmmargarin
  7. 1500 mlminyak sayur
  8. 150 mlair
  9. garam dan penyedap rasa

Langkah

30 menit

  1. Cuci bersih terong yang sudah di iris,
  2. Campurkan tepung terigu, tepung jagung, tepung custard, margarin, telur ayam, garam, dan penyedap rasa.
  3. Aduk hingga tercampur semua hingga rata, lalu tuangkan air aduk hingga kental.
  4. Masukkan terong yang telah di iris. Aduk rata hingga tercampur semua.
  5. Panaskan minyak sayur, goreng terong hingga berubah warna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.
  6. Dan terakhir sajikan dengan saus kesukaan anda

 

# Keripik terong

Bahan-bahan

  1. 5 bhterong
  2. 5 sdmtepung beras
  3. 3 sdmtepung terigu
  4. 500 mlair untuk merendam

bumbu:

  1. 4 siungbawang putih
  2. 1 sdmgaram
  3. 1 sdtketumbar
  4. 2 lembardaun jeruk

 

Langkah

  1. Uleg semua bumbu
  2. Masukkan dlm wadah tambah air
  3. Potong terong tipis2, sy menggunakan parutan khusus membuat kripik
  4. Rendam terong 10 menit
  5. Angkat tiriskan smpai airny habis
  6. Tabur dgn tepung terigu dan tepung beras sedikit2 saja/tipis2
  7. Goreng hingga kering
  8. Angkat, sajikan

 

# Onion ring kriuk dan terong ungu yummy

Pas lagi ujan pengen yang anget” dan gurih

Bahan-bahan

  1. secukupnyaTepung terigu
  2. 1 butirtelur (kocok)
  3. 1 bungkusroyco ayam
  4. secukupnyaGaram
  5. secukupnyaTepung beras
  6. Terong ungu
  7. Bawang bombay
  8. Minyak goreng

Langkah

  1. Iris terong tipis dan bawang bombay potong melingkar jangan sampai putus
  2. Rendam potongan terong dan bawang bombay ke air yang sudah diberi sedikit royco ayam
  3. Lalu campurkan tepung terigu 1/4 dan tepung beras 5 sendok makan (sisihkan terlebih dahulu)
  4. Kocok telur lalu kemudian celupkan potongan terong dan bawang bombang
  5. Kemudian gulingkan ke tepung terigu yg sudah di campur tepung beras
  6. Setelah itu goreng dalam minyak panas dan biarkan sampai menguning lalu siap disajikan

 

# Terong ungu crispy

Lagi kangen makan terong, kebetulan dirumah ada sepupuh yang nginep, kalau mau di sambal si sepupuh ngak kuat pedas, eh tahunya dia juga ngak suka terong, tetap nekat bikin, di buat jadi crispy pas udah jadi, si sepupu yang ngak suka terong itu mau nyobain katanya penampilannya mengiurkan banget, pas si sepupuh coba agak deg-deg juga takut dia mual, eh tahunya di senyum , enak katanya kayak jamur crispy malah minta nambah hehehehe

Bahan-bahan :

  1. 2 buahterong ungu
  2. 5 sendok makantepung terigu
  3. secukupnyaTepung roti
  4. 1/2 sendok tehgaram
  5. Air

Langkah :

  1. Iris terong ungu sesuai selera
  2. Buat larutan tepung terigu yang terdiri dari 5 sendok makan tepung terigu,1/2 sendok teh garam di campur air, jangan terlalu kental ataupun encer ya
  3. Celupkan irisan terong ke larutan tepung terigu tadi kemudian balurkan di tepung roti
  4. Goreng di minyak panas dengan api kecil

 

Demikian yang bisa saya sampaikan. Selamat mencoba….

 

Lihatlah..! Efek Samping Air Kelapa Muda Sudah Terbukti

Efek samping air kelapa muda

Efek samping air kelapa muda

Efek positif air kela muda :

1. Sistem imun menguat
Anda tidak mudah sakit karena sistem imun dalam tubuh Anda membaik. Air kelapa memiliki kemampuan menghilangkan bakteri pada tubuh yang menyebabkan penyakit gusi dan infeksi saluran pencernaan. Air kelapa juga dapat melawan virus yang menyebabkan demam, tifus, dan infeksi.

2. Energi meningkat
Anda akan merasa lebih berenergi. Ini karena air kelapa dapat meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid. Hingga ke tingkat sel, tubuh Anda pun terasa lebih berenergi.

3. Organ-organ bekerja lebih baik
Air kelapa dapat mengeliminasi racun di tubuh dan memecah batu ginjal. Bahan ini juga berperan sebagai diuretik alami yang dapat membantu penderita penyakit ginjal. Saluran kencing lebih bersih, begitu pula dengan usus.

4. Sistem pencernaan membaik
Sistem pencernaan membutuhkan banyak serat untuk bekerja dengan baik yang dapat diberikan oleh air kelapa. Buang air Anda pun lebih rutin dan mudah dengan mengonsumsi air kelapa setiap harinya.

5. Berat badan menurun
Dengan mengonsumsi air kelapa selama seminggu, Anda lebih mungkin terlihat lebih langsing. Ini karena air kelapa dapat menjaga nafsu makan Anda. Selain itu, air kelapa juga rendah lemak sehingga tidak akan menambah beban kalori Anda.

4. Kulit lebih bercahaya
Efek hidrasi yang diberikan air kelapaterbukti dapat memberikan kilau alami pada kulit. Apalagi jika Anda mengonsumsinya setiap hari, Anda akan lebih mudah memenuhi kebutuhan hidrasi Anda.

5. Antioksidan 

Air kelapa muda memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik untuk membantu menghilangkan radikal bebas. Efek racun penggunaan antibiotik dan obat sulfa juga bisa di atasi dengan konsumsi buah ini.

Pada saat mengkonsumsi obat, air kelapa  juga baik karena akan membantu mempermudah penyerapan.

6. Membersihkan Racun dari Tubuh

Air kelapa merupakan minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme dan meredakan rasa lelah. Sehingga air kelapa dapat membersihkan racun dari tubuh.

 

 

Efek Negatif Air Kelapa

  1. Air kelapa merupakan minuman yang rendah lemak. Namun jangan menjadikan air kelapa sebagai obat penurun berat badan atau obat diet alami. Karena konsumsi air kelapa yang berlebihan kemungkinan dapat menyebabkan diare.
  2. Walaupun asam amino yang terkandung dalam air kelapa lebih tinggi daripada kandungan asam amino dalam susu sapi, tidak berarti kita berhenti minum susu dan menggantinya dengan air kelapa. Karena susu mengandung vitamin dan mineral yang lebih lengkap daripada air kelapa
  3. .Jadi ketika Anda mengganti susu dengan air kelapa, Anda akan mengalami kekurangan nutrisi dan dapat mengganggu kinerja organ tubuh.
  4. Air kelapa memang memiliki kandungan sejumlah zat mineral yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Namun mengkonsumsi air kelapa tidak menjamin kuatnya sistem imun kita melawan serangan penyakit yang disebabkan bakteri dan virus.
  5. Jangan meminum air kelapa saat Anda berada dalam perjalanan ke suatu tempat. Salah satu efek samping air kelapaadalah dapat menimbulkan kejang otot dan rasa lelah akibat kadar kalsium dalam kandungan air kelapa.
  6. Air kelapa memang bermanfaat bagi penderita penyakit batu ginjal, namun berbahaya bagi orang yang fungsi ginjalnya telah mengalami penurunan.  Maka harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada penderita batu ginjal tersebut.

Karena kalium dan zat elektrolit lainnya dalam air kelapa dapat menyebabkan hiperkalemi.Efek samping air kelapa pada penderita fungsi ginjal yang turun adalah dapat membahayakan jantung.

Terbukti..!Cara Menghilangkan Uban dengan Minyak Zaitun

Cara Menghilangkan Uban Dengan Minyak Zaitun – Rambut yang dahulunya berwarna hitam atau coklat menjadi putih, tentu ini membuat anda sebal dan tidak bergairah.

Untuk anda yang masih berusia muda namun sudah muncul uban, pasti kejadian ini membuat anda malu kepada teman anda. Nah, tenang saja di artikel ini kami akan memberikan tips menghilangkan uban dengan minyak zaitun.

minyak zaitun dikenal sebagai minyak yang banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya untuk mencegah penyakit, minya zaitun pun bisa menjadi salah satu cara menghilangkan uban pada orang orang yang sudah mulai menginjak usia tua atau akibat penuaan dini dan perubahan hormon.

Cara menghilangkan uban di usia muda yang seringkali muncul bisa dengan melakukan pengecatan rambut. Tapi tentu saja, teknik tersebut akan memberikan efek yang kurang baik untuk kesehatan kulit kepala dan juga rambut.

Lebih baik menggunakan cara alami yang sudah jelas memiliki efek yang baik untuk kesehatan dan dapat memelihara kulit kepala juga rambut dengan tidak menambahkan bahan kimia di dalamnya.

 

Selain sebagai salah satu cara menghilangkan rambut putih. Minyak zaitun pun bisa menjadi shampoo yang akan mengatasi berbagai keluhan yang terjadi pada rambut.

Ketombe yang seringkali membuat gatal pada kulit kepala secara alami akan berkurang dan menghilang jika diaplikasikan minyak zaitun untuk kulit kepala dan rambut.

 

Cara menghilangkan uban dengan minyak zaitun bisa menggunakan berbagai cara,

  1. menggunakan minyak zaitun secara langsung,
  2. menggunakan produk minyak zaitun yang sudah dalam bentuk shampoo,
  3. minyak rambut gel, dan lain lain. Pastikan kandungannya masih alami dan tidak ditambahkan bahan kimia.

Kandungan Minyak Zaitun dan Manfaat untuk Rambut

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit kepala dan juga rambut. Cara menghilangkan uban dengan minyak zaitun bisa dengan mengaplikasikannya secara langsung ke kulit kepala sembari memijat mijat kulit kepala untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan minyak meresap ke dalam kulit.

Sebagai cara menghilangkan uban rambut bisa juga dengan mencampurkan jus labu ke dalam minyak zaitun sehingga efeknya selain akan menghilangkan uban, juga bisa menjadikan rambut lebih sehat, berkilau dan menstimulasi tumbuhnya rambut baru yang lebih baik dan lebih kuat dibandingkan dengan sebelumnya.

Cara menghilangkan uban lainnya menggunakan minyak zaitun ialah dengan mengambil beberapa tetes minyak zaitun saja lalu dilumurkan kepada rambut. Diamkan beberapa lama atau bisa sambil dimalamkan sembari beristirahat. Hasil yang maksimal akan dirasakan jika kegiatan pelumuran ini dilakukan secara berkala.

Uban yang seringkali muncul akan menghilang digantikan dengan rambut hitam yang berkilau.

Demikianlah tips dari cara menghilangkan uban dengan minyak zaitun, begitu banyak dari manfaat minyak zaitun bagi tubuh kita. Semoga dengan tips ini dapat membantu anda menghilangkan uban dengan minyak zaitun.

© 2017 Belajar dan Berbagi

Theme by Anders NorenUp ↑