Aturan minum jus mengkudu perlu anda perhatikan ketika ana berencana ingin mengkonsumsi jus yang satu ini. Mengkudu memang terkenal akan khasiatnya, namun jika anda mengkonsumsinya dengan cara yang tidak benar maka hasilnya tidak dapa maksimal.

Pada artikel ini kami coba menjelaskan singkat tentang aturan minum jus yang perlu anda ketahui, agar anda bisa merasakan khasiatnya secara maksimal. Buah mengkudu telah di guanakan selama ribuan tahun untuk merawat penyakit.

Jus ini dapat dikatakan mampu mengatasi berbagai masalah. Jus mengkudu dapat anda buat dengan cara yag mudah, cukup dengan memblender dan menyaing bijinya. Bagi anda yang tidak mau repot membuatnya anda dapat membeli kemasan jus mengudu yag sudah jadi dan bisa anda konsumsi langsung.

Belum ada penelitian secara langsung yang membuktikan khasiat dai jus ini. Bagi anda yang ingin mengkonsumsi jus ini kami saranka konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum meminum jus ini. Hentikan konsumsi jus mengkudu jika Anda mengalami gangguan kesehatan.

baca : Jangan Anggap Remeh..!!! Jus Mengkudu Bau Tapi Kaya Akan Manfaat

Aturan Minum Jus Mengkudu

Ada beberapa aturan minum jus mengkudu sebelum anda mengkonsumsinya, diantaranya:

1. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum meminum jus mengkudu.

Jus mengkudu bukanlah suplemen herbal. Pertama anda harus memastikan keamanannya terlebih dahulu dengan dokter sehingga aman dikonsumsi. Jus mengkudu memiliki banyak manfaat kesehatan, tetapi belum ada yang membuktikan (penelitian misalnya) terbukti dan bahkan mungkin memiliki efek samping.

  • Lakukan konsultasi secara rutin dengan dokter seandainya Anda mengalami reaksi negatif dari jus mengkudu.

2. Awali dari jus dengan porsi sedikit.

Mulailah dari porsi sebanyak 1/10 cangkir (30 ml). Anda hanya perlu satu teguk jus per porsi. Jika sudah terbiasa, Anda bisa menambahkan porsinya atau meminum porsi kedua di kemudian waktu. Jangan minum secara berlebihan,  tiga cangkir (750 ml) per hari.

  • Untuk ekstrak mengkudu dalam bentuk kapsul, batasi konsumsi 500 mg per hari, jangan lebih dari itu. Baca dengan teliti label di kemasan untuk mengetahui banyaknya ekstrak per pil.

3. Tidak di anjurkan mengkonsumsi jus mengkudu jika Anda hamil atau menyusui.

Di masa lalu, jus mengkudu digunakan untuk aborsi,  tetapi belum ada bukti nyata perihal hubungan jus mengkudu dengan janin masih belum ada, sebaiknya Anda berjaga-jaga. Hapuskan jus mengkudu dari menu diet Anda untuk sementara waktu.

4. Jangan konsumsi buah mengkudu jika menderita gangguan hati atau ginjal.

Penderita sakit hati atau ginjal harus menjauhi mengkudu. Kalium dan komponen lain dalam jus mengkudu dapat  memperparah kondisi Anda. Konsultasikan dengan dokter untuk mencari alternatif lain.

  • Gejala penyakit ini di antaranya menurunnya berat badan, keletihan, dan mual-mual. Mungkin, kulit Anda akan terlihat menguning saat menderita penyakit hati. Sakit ginjal juga menyebabkan pembengkakan wajah, tangan, dan kaki.

baca juga : Cara mudah membuat masker madu kelengkeng

5. Jauhi jus mengkudu bagi penderita kadar kalium tinggi.

Buah ini memberikan banyak kalium ke dalam tubuh. Hiperkalimea, atau kadar kalium tinggi, dapat memengaruhi detak jantung dan kerja otot anda. Jika kadar kalium Anda berubah atau mulai mengalami gangguan, segera hentikan konsumsi jus mengkudu.

  • Gejala-gejala kadar kalium tinggi dalam tubuh adalah kelelahan, mati rasa, mual, nyeri dada, dan debaran jantung

Demikian penjelasan singkat tentang aturan minum jus mengkudu dari kami. Semoga dapat bermanfaat. Salam suksess..