Manfaat Daging Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil – Produksi air kelapa cukup berlimpah di Indonesia yaitu mencapai lebih dari 1 sampai 900 juta liter per tahun, Bahwa daging kelapa muda memiliki serat kasar dari 2.3 hingga 3.5%. Keunikan tersebut ditunjang dari sifat fisik dan komposisi kimia dan daging kelapa muda, Sehingga dapat digemari oleh kunsumen baik anak-anak maupun orang dewasa. Air kelapa muda  mengandung enzim yang bertugas membentuk daging kelapa.

Manfaat Daging Kelapa Muda Untuk Ibu Hami

Daging kelapa muda yang ternyata banyak khasiat dan manfaat

Beberapa warga berkeyakinan, selama hamil seorang ibu harus banyak minum air kelapa muda atau lebih baik lagi air kelapa gading.Ibu hamil juga dianjurkan banyak makan makanan yang berserat (daging, ikan,buah-buahan selain nanas dan durian, sayur-sayuran). Agar janin dalam kandungan mendapatkan asupan gizi atau nutrisi yang cukup .Dianjurkan meminum air kelapa muda, dengan tujuan agar kulit anaknya mulus dan kepalanya tidak berkerak. Bahkan di usia kandungan 9 bulan dianjurkan setiap hari meminum minyak kelapa yang dibuat sendiri agar anaknya lancar lahir.

Meminum air kelapa yang paling baik adalah sesaat setelah buahnya dibuka dan diminum langsung dari batok kelapanya dan dengan tanpa mengeruk daging kelapa tersebut.Hal ini untuk menjaga kualitas kandungan dari air kelapa itu sendiri, karena saat air sudah terbuka apalagi terlepas kontak dari kulit kelapa,zat-zat gizi dari air kelapa yang dipindahkan ke dalam daging buahnya maka sudah ada kandungan zat-zat bermanfaat yang berubah atau hilang.

Dalam air kelapa terkandung zat gizi makro berupa karbohidrat, lemak dan protein serta zat gizi mikro berupa vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam air kelapa yaitu vitamin B (B1, B2, B3, B5, B7 dan B9) dan vitamin C serta Nitrogen (N), Fosfor (P), Kalium (K), Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg)

Kurangnya cairan yang masuk menjelang persalinan menyebabkan energi dalam tubuh berkurang. Ini dapat mengakibatkan ekuatan ibu melemah, Akibatnya tidak mampu meneran. Kandungan air kelapa tersebut efektif dapat menambah kekuatan meneran pada ibu sehingga tidak terjadi persalinan macet atau persalinan lama.

Bagi ibu hamil pantang makan cumi-cumi, karena kelak bayinya menjadi lemah seperti yang tidak bertulang. Ibu hamil pantang makan gula merah karena dapat menyebabkan perdarahan saat melahirkan. Juga pantang makan nenas muda, karena menyebabkan keguguran. Kurangnya cairan yang masuk menjelang persalinan menyebabkan energi dalam tubuh berkurang.Kandungan air kelapa tersebut dapat menambah kekuatan meneran pada ibu sehingga tidak terjadi persalinan macet atau persalinan lama, karena air kelapa muda yang mengandung elektrolit, isotonik, mineral dan vitamin lainnya akan menambah kekuatan meneran pada ibu.

Persalinan normal lebih cepat dibanding dengan tanpa pemberian air kelapa. Hal ini terjadi karena dengan pemberian air kelapa akan memenuhi kebutuhan kalori pada saat intranatal dimana air kelapa dapat di serap oleh sistem pencernaan dalam waktu cepat yaitu 7 menit setelah diminum.

Buah kelapa muda merupakan salah satu produk pertanian yang bernilai ekonomi tinggi. Air kelapa mengandung bermacam-macam vitamin dan mineral dan gula sehingga dapat dikategorikan sebagai minuman ringan yang bergizi. Keuntungan praktis meminum air kelapa dan memakan dagingnya cukup menyegarkan tubuh dan mengganti ion yang hilang karena berkeringat dari aktivitas sehari-hari.Pemanfaatan buah kelapa muda harus diikuti dengan penanganan setelah panen, seperti pengawetan, pengemasan dan penyimpanan karena buah mudah rusak.

Manfaat Daging Kelapa Muda Untuk Ibu Hami

gambar daging kelapa dari batok kelapa

Buah kelapa merupakan salah satu tanaman tropis yang unik sebab disamping daging buahnya dapat langsung dikonsumsi, air kelapa muda dapat langsung diminum tanpa melalui pengolahan. Sebuah kelapa dikatakan belum matang antara enam sampai sembilan bulan dan komposisi air didalamnya terdapat 750 ml air yang akan menjadi daging. Untuk sampai ketahap kematangan buah kelapa membutuhkan waktu 11 sampai 12 bulan. Mutu buah kelapa muda dapat dipertahankan dengan upaya sebagai berikut: sebagian sabutnya dikupas menggunakan pisau lalu dibentuk sesuai keinginan kemudian direndam dalam larutan antioksidan (sodium metabisulfit) dan anti jamur (thiobendazole), dikering-anginkan lalu dibungkus plastik dan disimpan pada suhu 10oC, buah kelapa muda dapat disimpan selama 4 minggu.

Pada kelapa muda memiliki ciri-ciri sebagai berikut : batok berwarna putih serta daging buahnya berwarna putih dan lembut, serta air kelapa yang jernih. Komponen buah kelapa yang berbentuk bulat terdiri dari bagian 35% merupakan sabut, 12% diantaranya adalah tempurung, 28% daging buah serta 25% merupakan air.

Pada buah kelapa daging kelapa yang tua kaya akan minyak dan merupakan bagian paling berharga dalam buah ini, yaitu sebagai unsur penting makanan. Perbedaan mendasar antara daging buah kelapa muda dan tua adalah kandungan minyaknya. Kelapa muda memiliki rasio kadar air dan minyak yang besar, Dari daging kelapa segar telah mengandung 35,5% dan residu bebas minyak 16,5%.

Daging kelapa muda lezat dan penuh dengan vitamin, mineral selain itu Kelapa juga kaya akan protein & Kalsium, & bisa membantu meningkatkan kesehatan penderita diabetes. Bagian potongan dari kelapa segar mengandung 271 kcal dibanding 50 kcal dalam panci buah segar 100 gram.

Dari penelitian hasil analisis kimia pada daging buah kelapa muda memiliki kadar air cukup tinggi diatas 80% dan kadar lemak didalamnya diatas 5%. Bila dibandingkan dengan tanaman hortikultura kadar air, lemak dan protein daging buah kelapa muda mendekati komposisi buah alpukat yakni air mencapai 64,3%, lemak 6.5% dan protein 0.9%.

Bagi ibu yang sedang hamil disarankan memperbanyak makanan yang mengandung gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, sayuran, buah-buahan, mineral dan vitamin. Tidak lupa perlunya tambahan vitamin B1, B2, B6, B12 , C, D dab E serta suplemen makanan yang mengandung asam folat, omega-3 dan  zat gizi.

Ada beberapa tanda-tanda yang harus diperhatikan oleh ibu hamil yaitu : keluarnya darah dari vagina secara tiba-tiba, terjadi kejang, keluarnya ketuban sebelum waktunya serta terjadinya konstraksi. Makanya kelapa dipercaya dapat memperlancar proses kehamilan dan kandungan elektrolit pada air kelapa muda mampu menggantikan cairan tubuh sewaktu terjadinya proses persalinan.

Manfaat Daging Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

daging kelapa untuk asupan yang bermanfaat bagi perkembangan janin

Selain itu nutrisi juga diperhatikan selama kehamilan karena faktor penting dalam menentukan pertumbuhan dan perkembangan janinhal ini disebabkan adanya apa yang mengalir ditali pusar bayi yang memperoleh suplemen dari sang ibu yang bermanfaat pada perkembangan sel saraf janin. Dan jangan lupa bagi ibu hamil untuk menghindari makanan-makana yang mengandung, pengawet, pewarna, makanan berkadar garam tinggi, penyedap rasa, makanan pedas, makana yang olahannya tidak matang atau setengah matang.

Patut hindari juga minuman yang beralkohol, soda, soft drink, kopi dan teh. Disamping hal tadi tentunya dukungan moral dari keluarga dari masa awal kehamilan sangat berpengaruh pada kesiapan mental yang bail, supaya ibu hamil terhindar dari rasa takut dan cemas secara berlebihan.

Sebuah Penelitian  pasca kehamilan berdasarkan hasil analisis fisikokimia, daging buah kelapa muda sangat berpeluang untuk digunakan sebagai salah satu sumber bahan baku dalam proses pembuatan makanan bayi. Kadar protein buah umur 8 bulan berkisar antara 9,57-10,94% merupakan sumber protein potensial. Komposisi asam lemak esensial linoleat (omega 6) pada daging buah kelapa muda juga tergolong tinggi sekitar 2,35%, dan sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Anda juga bisa mencari tahu apa saja manfaat buah kelapa untuk kecantikan