Hallo berjumpa lagi dengan saya di kali ini Akibat kekurangan vitamin D, sudahkah kamu memenuhi asupan vitamin D dalam diri?

Nah seperti yang kita ketahui bahwa vitamin d sangat penting, jika kita tidak bisa memenuhi asupan vitamin D maka akan mengakibatkan beberapa gangguan pada organ. Simak dibawah ini akibat kekurangan vitamin D.

Akibat Dari Kekurangan Vitamin D

Kurangnya paparan sinar matahari berkaitan dengan berbagai penyakit, mulai dari flu, penyakit jantung, diabetes, multiple sclerosis, bahkan juga kanker.

Beberapa penelitian sudah merujuk pada suatu zat penting yang terkandung dalam paparan sinar matahari, iyalah vitamin D.

Kekurangan vitamin D ternyata berakibat serius untuk kesehatan, terutama di negara yang beriklim sub tropis yang hanya sedikit mendapat paparan sinar matahari.

Vitamin D tidak hanya membantu tubuh menyerap kalsium yang penting untuk tulang, namun juga berperan di dalam sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi peradangan.

Peradangan kronis diduga bisa memicu penyakit jantung dan kanker. Beberapa penyakit berbahaya yang dapat ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D antara lain:

Baca juga CARA MEMBUAT PANGSIT REBUS ENAK DAN BERGIZI

akibat kekurangan vitamin d1

 

1. Diabetes

Sebuah penelitian tahun lalu menemukan bahwa anak obesitas yang mempunyai kadar vitamin D rendah lebih mungkin mengalami diabetes tipe 2 saat dewasa.

Sedangkan pada orang dewasa yang mempunyai vitamin D kadar rendah, kemungkinannya terserang diabetes tipe 2 naik hingga 57 persen.

2. Kanker

Sebuah Penelitian menunjukkan bahwa orang yang darahnya banyak terkandung vitamin D akan mempunyai risiko 40 persen lebih rendah terserang kanker usus dibandingkan dengan orang yang mempunyai vitamin dalam kadar rendah.

3. Multiple Sclerosis

Para peneliti menyatakan bahwa ada hubungan antara kekurangan vitamin D dengan multiple sclerosis, peradangan yang terjadi pada otak dan sumsum tulang belakang.

Multiple sclerosis banyak menyerang pada orang yang tinggal jauh dari khatulistiwa dan hanya sedikit terpapar sinar matahari.

4. Rheumatoid Arthritis

Kekurangan vitamin D dikaitkan dengan rheumatoid arthritis atau radang sendi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, di antara bayi-bayi yang meninggal selalu mendadak, 75 persen di antaranya didapati bahwa bayi mengalami kekurangan vitamin D dalam tubuh.

Bagaimana Mendapatkan Asupan Sinar Matahari?

 

akibat kekurangan vitamin d2

 

Sinar matahari menyediakan 90 persen vitamin D yang dibutuhkan tubuh. Saat cahaya panas dan sinar ultraviolet menyentuh pada kulit, produksi vitamin D akan diaktifkan.

Dalam makanan, sumber alami utamanya yaitu hati dan minyak ikan. Telur mengandung sejumlah vitamin D, juga beberapa makanan seperti sereal, jus buah segar dan yoghurt yang diperkaya dengan vitamin D.

“Satu porsi makanan yang diperkaya hanya memberikan sekitar 20 persen dari kebutuhan harian vitamin D. Sulit untuk mendapatkan semua kebutuhan vitamin D hanya dari makanan saja,”

Banyak orang menghindari keluar rumah tanpa memakai tabir surya dan kemudian berakibat kekurangan vitamin D.

Penelitian telah menemukan bahwa orang yang didiagnosis mempunyai melanoma ganas, bentuk paling parah dari kanker kulit, adalah orang-orang dengan kadar terendah vitamin D.

Untuk mencukupi asupan dari vitamin D yang ideal, paparan sinar matahari secara teratur selama musim panas sangat diperlukan.

Durasinya 10 sampai 15 menit setiap hari tanpa tabir surya pada pukul 11:00 – 15:00, yaitu ketika matahari sedang panas-panasnya.

 

Kesimpulan

“Hampir semua orang di negara ini kekurangan vitamin D pada tahun ini. Kami tinggal terlalu jauh di utara dan tidak yakin cuaca akan cukup cerah untuk memproduksi asupan vitamin D yang cukup.

Kemampuan tubuh dapat membuat vitamin D berkurang seiring pertambahan usia. Orang yang berusia lebih dari 65 tahun disarankan mengkonsumsi suplemen vitamin D 10 mcg dalam setiap hari.

Orang berkulit gelap tidak dapat menghasilkan vitamin dengan mudah. Pada Ibu menyusui dan wanita hamil harus mendapatkan  suplemen vitamin D mcg 10.

Dan harus memastikan anak-anaknya mempunyai tulang yang sehat dan terlindung dari penyakit osteoporosis di kemudian hari.

Orang yang gemuk atau obesitas juga harus meminum suplemen, karena vitamin D dapat terkunci ke dalam sel lemak dan tidak dapat digunakan oleh tubuh. Kekurangan vitamin D sudah menyebabkan lonjakan kasus rakhitis pada anaksecara drastis.

Demikian pembahasan mengenai akibat kekurangan vitamin D, jangan sampai tubuh kamu kekurangan vitamin D, mari kita mulai menjaga pola hidup sehat agar kita terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Sampai jumpa.