Struktur badan usaha milik desa paling penting – Struktur BadanUsahaMilikDesa (BUMDes) merupak salah satu kunci keberhasilan BUMDeas sebagai sebuah lembaga. Konsep struktur yang mempunyai ke jelasan tugas danwewenang sangat berpengaruh pada proses kerja lembaga ini.

Tetapi tentusaja juga sangat di pengaruhi kualifikasi person orang – orang yang duduk disana. Seperti apasih se baiknya bentuk struktur  Badan Usaha Milik Desa sendiri?

Setidaknya BUMDes mempunyai tiga posisi yang paling penting yaitu Ketua atau direktur , sekretaris danjuga bendahara.

 

1.Ketua (Struktur Badan Usaha Milik Desa)

Tentu fungsi dari ketua jelas sangat penting karena menjadi kapten yang akan memimpin jalan nya lembaga tersebut.

Karena BUMDes sangat lekat dengan kepentingn usaha makadari itu seorang ketua harus memiliki visi usaha yang cukup kuat sekaligus bisa memberikan konsolidasi sosial atau memiliki keahlian dalam pendekatan kepada masyarakat.

2.Sekretaris

Struktur badan udaha milik desa sekretaris

Sekretaris berfungsi tidak hanya mencatat semua hasil rapat saja tetapi harus juga bisa menciptakan rancangan bagaimana hasil dari rapat harus di delegasikan pada bagian – bagian yang saling berkaitan.

Sekretaris juga meng-hubungkan semua catatan dari proses kinerja perusahaan hingga menjadi sebuah konsep yang sinkron satu sama lainnya. Jadi , sekretaris tidak hanya salah satu peserta rapat yang cuma mencatat hasil rapat saja atau menjadi notulen saja.

Baca juga Tujuan Di Dirikan Badan Usaha Milik Desa

3.Bendahara

Struktur Badan Usaha Milik Desa

Fungsi dari bendahara sendiri sudah sangatumum , memiliki tanggung jawab tentang keuangan yang ada dilembaga.

Tapi bedanya dengan fungsi bendahara pada organisasi, bendahara BUMDes harus lah mempunyai keahlian untuk mengatur lalu – lintas uang yang masuk ke-kas BUMDes untuk kemudian di distribusikan untuk berbagai kebutuhan ke uangan mulai dari gaji, membayar pengeluaran rutin sampai menentapkan besaran dana guna biaya operasional usaha.

Fungsi bendahara sangatlah penting didalam BUMDes karena memilliki fungsi sebagai menejer ke uangan yang akan mengatur berbagai alur pendapatan dari berbagai setiap unit usaha yang di jalankan dan menentukan modal kerja bagi usaha-usaha itu.

Dan juga bendahara harus mempunyai keahlian dalam membaca potensi peluang ketika BUMDes akan mengembangkan usaha.

Catatan penting nya yaitu, semua pengurus BUMDes ini harus lah orang – orang yang berkompeten dan mempunyai dua kemampuan sekaligus. Yakni bisa menjalankan tugas dengan baik dan bertanggung jawab sesuai dengan posisi nya tadi. Sekaligus mempunyai keahlian berkomunikasi yang baik kepada semua orang didesa.

Sekian yang dapat saya sampaikan , untuk membaca artikel menarik lain nya kunjugi disini