Belajar dan Berbagi

Resep, Tips dan Peluang Usaha Sekitar Kita

Nah Ini Dia Resep Kue Bolu Yang Simple Banget

Resep Kue Bolu – Bolu kukus, kue lembut yang rasanya hmmm lezat. Kue basah ini merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang sudah merakyat dan digemari oleh semua kalangan. Baik anak-anak hingga lansia. Sama seperti kue tradisional dan camilan khas Indonesia pada umumnya, bolu kukus juga mempunyai variasi yang bermacam-macam. Ada bolu kukus sederhana, bolu kukus yang berbentuk bundar saja. Ada pula bolu kukus mekar yang bentuknya mirip bunga.

Bolu kukus merupakan camilan yang wajib ada pada setiap momen atau acara spesial. Selain banyak variasi, bolu kukus pun rasanya bermacam-macam. Apapun variasinya, bolu kukus lezat, lembut, dan manis di mulut deh.

Seberapa sering Anda menemui bolu kukus? Atau seberapa sering Anda membeli bolu kukus? Tahukah Anda? Cara membuat bolu kukus mudah lho ternyata. Daripada Anda membeli, lebih baik Anda mencoba membuat sendiri bolu kukus di rumah yang dijamin rasanya gak kalah sama bolu kukus yang dijual di toko-toko kue. Langsung saja simak di bawah ini cara membuat bolu kukus sederhana.

 

Bahan Resep Kue Bolu :

  • Tepung terigu 200 g
  • Gula pasir 200 g
  • Susu bubuk rasa vanilla 5 sdm
  • Telur ayam 4 butir
  • Baking soda sdt
  • Air 100 ml
  • Margarin
  • Cetakan kue

Cara membuat :

  1. Siapkan cetakan yang hendak dipakai olesi dengan margarin, sisihkan.
  2. Buat karamel dari 100 g. Setelah jadi tambahkan air 100 ml. Masak hingga mendidih. Dinginkan.
  3. Ayak tepung terigu, baking soda, dan susu bubuk.
  4. Kocok telur dan gula pasir dengan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang.
  5. Masukkan ayakan dalam wadah (mangkuk). Lalu campurkan dengan karamel. Aduk hingga rata.
  6. Tuang kocokan telur dan gula pasir. Kocok dengan mixer berkecepatan sedang.
  7. Tuang adonan pada adonan yang telah diolesi margarin.
  8. Kukus selama 20 menit atau hingga mengembang sempurna.
  9. Dinginkan pada suhu ruangan selama 5 menit lalu keluarkan kue dari cetakan.

Bagaimana? Mudah bukan? Selain cara membuat bolu kukus sederhana di atas. Ada lagi variasi bolu kukus yang wajib Anda coba di rumah. Apalagi kalau bukan bolu kukus mekar.

Baiklah mungkin cukup sekian pembahasan tentang resep kuebolu  nya semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin mencoba nya hehehe,bagi anda yang suka dengan kue bolu lainya klik disini http://showcasemu.id/resep-kue-bolu-simpel-easy 

Ingin Meningkatkan Keberdayaan Desa? Baca Manfaat Dana Desa

Manfaat Dana Desa – Desa di Indonesia mendapatkan hadiah yang sangat bermanfaat sejak 3 tahun belakangan ini dari Pak Presiden Jokowi. Banyak manfaat dana desa yang dimanfaatkan masyarakat sekitar di suatu desa agar kualitas desa tersebut meningkat.

Kira-kira kamu tau ga, ada berapa jumlah desa di Indonesia? Di Indonesia saat ini ada sekitar 74,754 desa yang terdiri dari desa mandiri, desa maju, desa berkembang, dan desa tertinggal. Tentunya manfaat Dana Desa diharapkan agar desa tertinggal bisa naik kelas menjadi desa berkembang, dan akhirnya desa tersebut harus bisa mandiri.

Manfaat Dana Desa untuk Desa di Indonesia

Tentunya agar sebuah desa bisa mandiri, harus banyak hal yang diperbaiki dan ditingkatkan, misalnya yang terpenting adalah infrastruktur serta beraneka ragam sarana dan fasilitas di desa tersebut. Walaupun baru bergulir 3 tahun, manfaat dana desa tentunya sudah mulai bisa dirasakan oleh masyarakat.

Contohnya saja di tahun 2016 ada sekitar 66,800 km jalan desa serta 511 km jembatan yang dibangun. Selain itu, ada juga pembangunan 7,500 unit Posyandu, 11,200 PAUD, dan 686 unit Embung Desa (Embung itu semacam ‘kantung air’ yang digunakan untuk menampung air hujan). Tahun 2016 berarti baru 2 tahun Dana Desa berjalan, tapi sudah banyak hal yang dibangun.

manfaat dana desa 2016 - kadungcampur

Sebenarnya manfaat dana desa, tidak hanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, namun juga diperuntukan untuk masyarakatnya sendiri alias dalam hal tenaga kerja. Diharapkan porsi untuk upah tenaga kerja adalah sekitar 20 – 30%.

Makanya ke depannya, akan dikedepankan konsep swakelola untuk proyek-proyek di pedesaan, dan minim atau bahkan tidak menggunakan kontraktor lagi. Namanya juga dana desa, tentunya dananya harus mutar di desa itu. Bicara soal tenaga kerja, ternyata di tahun 2015 aja, udah ada sekitar 986 ribu tenaga kerja (jangka pendek – 3 bulan) yang terserap, dan di tahun 2016 meningkat menjadi 1,84 juta tenaga kerja.

Selanjutnya, efek apa yang bisa terlihat di sini? Ketika masyarakat desa memiliki pendapatan, maka tentunya sama dengan memiliki daya beli. Dengan adanya daya beli, tentunya lama-kelamaan bisa meningkatkan beragam sektor usaha yang ada di dalam desa tersebut, seperti contohnya toko kelontong.

Program Pemerintah Dalam Memajukan Desa

Selain program dana desa, Pak Eko Putro Sandjojo bersama pemerintah juga memiliki beberapa program prioritas untuk memajukan desa, seperti misalnya Prukades atau Produk Unggulan Kawasan Pedesaan, Bumdesa atau Badan Usaha Milik Desa, kemudian ada Embung Desa, dan Sarana Olahraga. Saya hanya ingin mengambil dua poin yang menarik minat saya ketika mendengar pemaparan Pak Eko Putro Sandjojo di acara Rembug Desa Nasional 2017 baru-baru ini di Desa Panggungharjo, Jogjakarta. Ngomong-ngomong, selama pemaparan ini, saya dibuat kagum dengan Pak Eko Putro Sandjojo karena beliau banyak bicara dengan menggunakan angka.

Prukades Untuk Pemberdayaan Desa

Dengan adanya program Prukades ini, pemerintah mau agar desa-desa fokus ke beberapa produk saja, misalnya jagung, kopi, padi saja. Nanti pemerintah akan membantu dengan mengajak beberapa kementrian, bank BUMN, bahkan dunia usaha juga untuk membantu dalam prosesnya.

Contoh dari program Prukades ini, misalnya Bupati Halmahera Barat yang mengajukan ke pemerintah untuk fokus ke jagung, padi, kelapa, dan ikan. Dari jagung saja, daerahnya memiliki 20,000 hektar tanah yang siap dikelola.

Embung Desa Untuk Mengatasi Kekeringan

Dengan adanya embung desa, diharapkan nantinya desa tersebut bisa menanam hingga 2 x lipat di lahan yang sama, karena dibantu dengan adanya sistem irigasi dari embung tersebut.

Selain itu, manfaat embung ga hanya untuk menampung air hujan aja kok. Embung tersebut bisa lho dikasih bibit ikan, sehingga bisa memberikan supply ikan air tawar ke desa tersebut, dan memperbaiki kualitas gizi untuk masyarakat desa tersebut.

Dan pastinya, bisa juga dijadikan sebagai tempat pemancingan umum, yang akhirnya bisa menjadikan area itu sebagai tempat wisata. Dengan adanya tempat wisata berarti dibutuhkan juga sarana homestay, ‘kan? Nah, jadi sumber pendapatanlagi deh ini untuk masyarakat di desa tersebut ?

Mandiri Dengan Inovasi Dan Kreativitas

Contoh inovasi bisa dimulai dari hal yang sederhana seperti sampah dan minyak goreng bekas. Kedua hal ini kalau misalnya diolah dengan baik, bisa mendatangkan pendapatan yang signifikan terhadap desa itu.

Lalu bagaimana dengan minyak goreng bekas? Contoh ini diambil dari pengalaman Desa Panggungharjo nih. Lalu apalagi yang bisa dilakukan oleh desa agar bisa tetap mandiri?

 

BACA : MANFAAT DANA DESA

BACA JUGA : UMKM DI DESA

Asas Dan Pengelolaan Keuangan Desa Dalam Permendagri

Asas Dan Pengelolaan Keuangan  Desa  – Asas dan pengelolaan keuangan desa sebagaimana tertuang dalam Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 yaitu  transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Berikut dibawah adalah uraian tentang asas dan pengelolaan keuangan desa.
Sebagaimana dengan uraian sebagai berikut:
20151218_asas-pengelolaan-keuangan-desa
Asas Pengelolaan Keuangan Desa
  • Transparan  yaitu prinsip keterbukaan yang memungkinkan masyarakat untuk mengetahui dan mendapat akses informasi seluas-luasnya tentang keuangan desa.  Asas yang membuka diri terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tidak diskriminatif tentang penyelenggaraan pemerintahan desa  dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Akuntabel  yaitu perwujudan kewajiban untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan dan pengendalian sumber daya dan pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.  Asas akuntabel  yang menentukan bahwa setiap kegiatan dan hasil akhir kegiatan penyelenggaraan  pemerintahan desa  harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat  desa sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Partisipatif yaitu  penyelenggaraan  pemerintahan desa  yang mengikutsertakan kelembagaan desa dan unsur masyarakat desa;
  • Tertib  dan disiplin  anggaran  yaitu pengelolaan keuangan desa harus mengacu pada aturan atau pedoman yang melandasinya.
Disiplin anggaran yang perlu diperhatikan dalam  Pengelolaan Keuangan Desa yaitu:
  • Pendapatan yang direncanakan merupakan perkiraan yang terukur  secara rasional yang dapat dicapai untuk setiap sumber pendapatan, sedangkan belanja yang dianggarkan merupakan batas tertinggi pengeluaran belanja;
  • Pengeluaran harus didukung dengan adanya kepastian tersedianya  penerimaan dalam jumlah yang cukup dan tidak  dibenarkan melaksanakan kegiatan yang belum tersedia atau tidak mencukupi kredit anggarannya  dalam  APB Desa/Perubahan APB Desa;
  • Semua penerimaan dan pengeluaran daerah dalam tahun  anggaran yang bersangkutan harus dimasukan dalam  APB Desa  dan dilakukan melalui Rekening Kas Desa.

 

BACA : ASAS DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

BACA JUGA : PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

Mekanisme Pengawasan Dana Desa Penggunaanya Oleh BPD

Pengertian Dana Desa

Didalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN, Pasal 1, ayat 2 : Dana Desa adalah Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.
Selanjutnya dalam pasal 6 disebutkan bahwa Dana Desa tersebut ditransfer melalui APBD kabupaten/kota untuk selanjutnya ditransfer ke APB Desa.


Mekanisme Pengawasan Oleh BPD

Menurut Direktur Pemerintahan Desa dan kelurahan pada Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kementerian Dalam Negeri Eko Prasetyanto Pengawasan Dana Desa dilakukan oleh masyarakat melalui BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan pemerintah di atasnya, yaitu pemerintah kabupaten/kota.
Bahkan menteri dalam negeri, Gamawan Fauzi, menekankan agar masyarakat tidak khawatir dengan potensi penyimpangan dana triliunan rupiah ini sebab setiap tahun akan dilakukan pengawasan sistem. Pemerintah, akan melakukan pengawasan dalam penetapan anggaran, evaluasi anggaran dan pertanggungjawaban anggaran.
Selain itu, kata dia, ada juga audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk memeriksa semua penyelenggara anggaran itu setiap akhir tahun. Meskipun Pemerintah telah meyakinkan agar masyarakat tidak khawatir mengenai penyelewengan dana desa tersebut tetapi dengan adanya fakta bahwa banyak kepala daerah terjerat kasus korupsi bukan tidak mungkin kalau ladang korupsi itu akan berpindah ke desa-desa.
Masyarakat desa sangat berharap agar BPD bisa menjalankan fungsinya untuk mengawasi penggunaan dana desa tersebut. Bagaimana sebenarnya mekanisme pengawasan yang dilakukan oleh BPD, adakah dasar hukumnya?
Untuk menjawab pertanyaan tersebut dibawah ini akan saya uraikan bagaimana BPD bisa melaksanakan amanat dari masyarakat desa yang mendambakan penggunaan dana yang transparan dan akuntabel.

Petunjuk Penggunaan Dana Desa Bagi Padat Karya Tunai

Petunjuk Penggunaan Dana Desa Bagi Padat Karya Tunai – Bingung dalam pelaksanaan Program Padat Karya Tunai? Kemendesa meluncurkan sebuah Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Desa Tahun 2018 Untuk Padat Karya Tunai.

Program padat karya merupakan kegiatan untuk pemberdayaan keluarga miskin, pengangguran danjuga keluaga dengan balita gizi buruk yang bersifat produktif berdasrkan pemanfaatan sumber daya alam(SDM), teenaga kerja & teknologi local dslam ranngka mengurangijumlah kemiskinan, meniingkatan pendapatn dan menvrunkan angka stunting.

Petunjuk Penggunaan Dana Desa Bagi Padat Karya Tunai

Berikut ini adalah penjelasan mengenai kerangka pikir Program Padat Karya yg sekarang ini sudah berjalan diberbagai wilayah di Indonesia:

Petunjuk Penggunaan Dana Desa Bagi Padat Karya Tunai

1.Padat karya di lakukan unstuk mengurangi angka kemiskinan, pengangguran dan gizi buruk. Maka padat karya ditujukam pada keluarga miskin, pengangguran, anggota keluarga dengam gzi balita buruk dan meripakan kesempata kerja semntara.

Padar karya juga di maksutkan sebgai kegiatam yg harus berdsmpak pada peningkaran pendapatam tanpa sepenuh nya menggantikan tenagapekerja yng lama.

baca juga  Pengaturan Penggunaan Dana Desa Terbaru

2. Manfaat  Program Padat Karya adalah untuk menyediakan lapangan kerja bagi pengangguran setengah penganggurn, keluarga miskin, keluarga dengan Balita gzi buruk. Padat karya di harapkan bisa pula mmbangun kekuaran kebersaman, keswadayaan gotong royong dan partisipasii masyarakat.

Padar karya berbasiss pada pengellolan sumberdara lokaal dan harus mampu meninggkatkan produktifitas, pendaptan dan daya beli masyarakar desa seksligus mengurangi angka pengangguran dan setengah pengangguran.

Padat karya jga haus bisa menguramgi beban keluarga miskin dankeluarga dengan balita brgizi buruk yang masih banyak terdapat diwilayah-wilayah desa.

3. Dsmpak Padat Karta adalah bisa menciptakan kemudahaan bagi masyarakat desa yg menjangkau pelayanan dasardan memudhkan mereka untuk menjalankan kegiaran sosial ekononi. Bisa menurunkan angka kemiskinan, penganggura dan jmlh Balita gzi buruk di perdesaan. Padat karya juga di harapkan dapat mengerem arus urbanisasi dan migrasi.

4. Sifat kegiatan Program Padat Karyaadalah Swakelolayaitu mementingkan tenaga kerja dan jug material lokal desa yang berasal dari desa serempat sehinggaa mampu menyersp tenaga kerja lokal dan meningkatkan pendaparan masyaraka desa.

Program tersebut juga di jalankan dengan sistem upah harian atau di bayarkan secra harian ataupun maksimal dibayar mingguan. Pola harian atau mingguan ini dimaksutkan supaya para tenaga kerja dapat membelanjakn uangnya secara harian untk memenuhi kebutuhan harian keluarganya.

sekian yang dapat saya sampaikan mengenai juknis dana desa 2018 untuk padat karya tunai semoga bermanfaat, dan untuk membaca artikel menarik lain nya silakan klik disini

Ini Contoh Program Dana Desa Yang Sukses Di Indonesia

Contoh Program Dana Desa – Sedikitnya 12 negara di wilayah Asia Pasific bahkan merekomendasikan Contoh Program Dana Desa seperti Indonesia menjadi program wajib Perserikatan Bangsa Bangsa di negara-negara berkembang. Memangnya apa saja keberhasilan program dana desa?

Di luar segala persoalan yang masih menyelimut pada pelaksanaan Program Dana Desa, inilah program pembangunan fisik yang telah terwujud dari Program yang berjalan di 74 ribu desa se-Indonesia:

  1. Dana desa telah membangun jalan desa sepanjang 121.709 kilometer
  2. Mendirikan 1.960 jembatan
  3. Mendirikan Pasar Desa sebanyak 5.220
  4. Telah berdiri BUMDes sebanyak 21.811
  5. Tambatan Perahu sebanyak 5.116 unit di berbagai desa pinggir laut dan sungai
  6. Melahirkan embung desa sebanyak 41.739 unit
  7. Menciptakan sarana olah raga sebanyak 2.366 unit

Nanti dulu, itu baru program pembangunan fisik. Selain itu dana desa juga telah menciptakan beragam program peningkatan kualitas hidup warga pedesaan di seluruh Indonesia melalui berbagai program berikut ini :

  1. Pembangunan penahan tanah sebanyak 291.393 unit
  2. Melahirkan sistem pengelolaan air bersih mandiri desa sebanyak 32.711 unit
  3. Mewujudkan MCK bagi warga desa sebanyak 82.356 unit
  4. Terbentuk Polindes sebanyak 6.041 unit
  5. Mewujudkan sistem drainase sehat sebanyak 590.371 unit
  6. Membangun Posyandu aktif sebanyak 13.973 unit
  7. Mewujudkan sumur 45.856 unit untuk mencukupi kebutuhan air bersih warga desa se-Indonesia

Berbagai capaian itu diraih berbagai desa di Indonesia setelah Program Dana Desa berjalan memasuki tahun ketiga. Tahun 2017 dana desa yang berjumlah Rp. 60 triliun ditargetkan lebih pada pemberdayaan ekonomi warga dengan fokus membangun geliat kegiatan ekonomi melalui BUMDes.

Dana desa juga didorong sebagai pemantik terciptanya lapangan kerja di tiap desa di seluruh Indonesia dengan sistem kegiatan padat karya. Program dana desa terbukti cukup mujarab menghidupkan potensi desa yang selama ini tertidur pulas di desa-desa di Indonesia.

Kebijakan pemerintah yang menempatkan desa sebagai subyek yang menjalankan sendiri program peningkatan kesejahteraannya melalui penggalian potensi desa juga terbukti mampu meningkatkan kapasitas perangkat desa dan mendorong terciptanya peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia di wilayah pedesaan.

Adanya dana desa membuat sebagian besar warga desa mulai sadar bahwa mereka sesungguhnya memiliki asset dan potensi yang bisa dikelola dengan baik untuk menghasilkan peningkatan kesejahteraan hidup warga desanya.

Tahun 2018 pemerintah telah menetapkan bahwa Program Dana Desa bakal terus digenjot dengan mengucurkan dana lebih besar lagi yakni Rp. 120 triliun, dua kali lipat lebih besar dari tahun 2017. Tahun 2018 program ini bakal memfokus pada terciptanya lapangan kerja dan kemampuan mengelola desa alias swakelola.

Untuk lebih jelas soal keberhasilan program dana desa kami sajikan rekapitulasi pemanfaatan dana desa dari tahun 2015 sampai tahun 2017 (tahap 1) bisa dilihat pada infografis dibawah ini.

BACA : CONTOH PROGRAM DANA DESA

BACA JUGA : PROGRAM DANA DESA AGAR BISA DIKELOLA

Posisi P3MD KemDes Lowongan Kerja Pendamping Desa

Lowongan Kerja Pendamping Desa –  Didalam suatu desa, membutuhkan pekerja terutama pendamping desa. Artikel berikut akan mengulas lowongan kerja pendamping desa, berikut posisinya.

Posisi Lowongan Kerja Pendamping Desa

P3MD KemDes, Pembangunan Daerah Transmigrasi Dan Tertinggal


Apa itu ?

Dalam rangka pemenuhan kebutuhan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) tingkat kabupaten/kota, kecamatan dan desa (TAPM, PDP/PDTI dan PLD) pada Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Tahun Anggaran 2017, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi melalui Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD) telah menetapkan pelaksanaan rekrutmen mulai bulan Agustus 2017.


Pendamping Lokal Desa (PLD)

Persyaratan Pencari Kerja :

  • Latar belakang pendidikan minimal Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau sederajat;
  • Memiliki pengalaman kegiatan pembangunan desa dan/atau pemberdayaan masyarakat minimal 2 (dua) tahun;
  • Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengorganisasi pelaksanaan program dan kegiatan di Desa;
  • Memiliki pengalaman dalam pengembangan kapasitas, kaderisasi dan pengorganisasian masyarakat;
  • Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Desa;
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
  • Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah Desa;
  • Mampu mengoperasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
  • Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas; dan
  • Pada saat mendaftar usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 45 (empat puluh lima) tahun.
  • Dilarang menjadi pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan politik yang dapat mengganggu kinerja.


Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP)

Persyaratan Pencari Kerja :

  • Latar belakang pendidikan dari semua bidang ilmu minimal Diploma III (D-III);
  • Memiliki pengalaman kerja dalam bidang pembangunan Desa dan atau pemberdayaan masyarakat minimal 4 (empat) tahun untuk D-III dan 2 (dua) tahun untuk Strata 1 (S-1);
  • Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengorganisasi pelaksanaan program dan kegiatan di Desa;
  • Memiliki pengalaman dalam pengembangan kapasitas, kaderisasi dan pengorganisasian masyarakat;
  • Pengalaman dalam melakukan fasilitasi kerjasama antar lembaga kemasyarakatan di tingkat Desa;
  • Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan Desa;
  • Memiliki kemampuan memberikan pelatihan dan pembimbingan mencakup aspek fasilitasi penyelenggaraan pelatihan, fasilitasi kaderisasi dan menguasai metodologi pendidikan orang dewasa;
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
  • Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah Desa;
  • Mampu mengoperasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
  • Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas;
  • Pada saat mendaftar usia minimal 25 (dua puluh lima) tahun dan maksimal 50 (lima puluh) tahun; dan
  • Dilarang menjadi pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan politik yang dapat mengganggu kinerja.


Tenaga Ahli Pemberdaya Masyarakat Desa (TA-PMD)


Persyaratan Pencari Kerja
 :

  • Latar belakang pendidikan dari semua bidang ilmu minimal S-1 (Strata-1);
  • Memiliki pengalaman kerja dalam bidang pembangunan Desa dan atau pemberdayaan masyarakat minimal 5 (lima) tahun;
  • Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengorganisasi pelaksanaan program dan kegiatan sektoral;
  • Memiliki pengalaman dalam pengembangan kapasitas, kaderisasi dan pengorganisasian masyarakat;
  • Pengalaman dalam melakukan fasilitasi kerja sama antarlembaga kemasyarakatan;
  • Mampu melakukan analisis kebijakan terhadap implementasi program di wilayahnya;
  • Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan kabupaten;
  • Memiliki kemampuan memberikan pelatihan dan pembimbingan mencakup aspek penyusunan modul sederhana, fasilitasi penyelenggaraan pelatihan, fasilitasi kaderisasi dan menguasai metodologi pendidikan orang dewasa;
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
  • Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah daerah kabupaten/kota;
  • Mampu mengoperasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet
  • Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas
  • Pada saat mendaftar usia minimal 30 (tiga puluh) tahun dan maksimal 50 (lima puluh) tahun dan
  • Dilarang menjadi pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan politik yang dapat mengganggu kinerja.


Tenaga Ahli Infrastruktur Desa (TA-ID)

Persyaratan Pencari Kerja :

  • Latar belakang pendidikan dari bidang ilmu Teknik Sipil minimal S-1 (Strata-1);
  • Memiliki pengalaman kerja dalam bidang pembangunan Desa dan atau pemberdayaan masyarakat minimal 5 (lima) tahun;
  • Memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam mengorganisasi pelaksanaan program dan kegiatan sektoral khususnya yang terkait dalam pembangunan infrastruktur;
  • Memiliki pengalaman dalam pemberdayaan masyarakat dan pengorganisasian masyarakat;
  • Pengalaman dalam melakukan fasilitasi kerja sama antarlembaga kemasyarakatan;
  • Mampu melakukan analisis kebijakan terhadap implementasi program di wilayahnya;
  • Memahami sistem pembangunan partisipatif dan pemerintahan kabupaten;
  • Memiliki kemampuan memberikan pelatihan dan pembimbingan terkait dengan pembangunan infrastruktur Desa;
  • Berpengalaman dalam perencanaan, pelaksanaan dan kontrol dalam pekerjaan teknik;
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik secara lisan dan tulisan;
  • Memiliki kemampuan dan sanggup bekerjasama dengan aparat pemerintah daerah Kabupaten/Kota;
  • Mampu mengoperasikan komputer minimal program Office (Word, Excel, Power Point) dan internet;
  • Sanggup bekerja penuh waktu sesuai standar operasional prosedur dan siap bertempat tinggal di lokasi tugas;
  • Pada saat mendaftar usia minimal 30 (tiga puluh) tahun dan maksimal 50 (lima puluh) tahun; dan
  • Dilarang menjadi pengurus partai politik manapun dan/atau terlibat dalam kegiatan politik yang dapat mengganggu kinerja.

BACA : LOWONGAN KERJA PENDAMPING DESA 

BACA JUGA : PENDAMPING DESA 

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Kentang Sederhana

Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Kentang Sederhana

Jika umumnya sajian kue lumpur selalu menyertakan kentang sebagai bahan utamanya. Lain halnya dengan sajian kue lumpur yang satu ini sebab kali ini kami tidak menyertakan kentang dalam resep kue lumpur kali ini. Ingin tahu seperti apa resep kue lumpur tanpa kentang yang enak? Mari simak resep mudahnya dibawah ini.

 

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Membuat Kue Lumpur Tanpa Kentang Sederhana

Bahan-Bahan Kue:

  • 200 gram tepung terigu
  • 1 buah daging kelapa muda
  • 250 cc susu
  • 120 gram gula pasir
  • 350 cc santan
  • 2 sendok makan mentega
  • 3 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Kue Lumpur Tanpa Kentang Sederhana

Cara Persiapan:

  1. Kita akan awali langkah kali ini dengan terlebih dahulu melakukan persiapan. Hal ini penting sekali untuk dilakukan karena dengan begini maka nantinya anda akan dapat dengan mudah membuat sajian kue ini dengan lebih praktis. Adapun persiapan yang lebih dulu kita lakukan adalah persiapan peralatan yang akan digunakan. Adapun beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membuat adonan kali ini diantaranya adalah sebuah kocokan atau mixer, cetakan kue lumpur dan sebuah garpu.
  2. Bila sudah selesai dengan peralatan diatas maka anda akan dapat melanjutkan langkah ini dengan mempersiapkan bahan-bahan yang ada pada resep, Adapun beberapa bahan yang perlu diolah yakni adalah mentega. Untuk mengetahui pengolahannya mari kita simak dilangkah selanjutnya.
  3. Untuk mengolah mentega anda hanya perlu mencairkan bahan yang satu ini. Caranya, silahkan panaskan sebuah wajan diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Setelah itu, masukkan margarin kedalamnya dan biarkan sampai meleleh.
  4. Kemudian angkat dan sisihkan agar bahan mentega atau margarin menjadi lebih dingin pada suhu ruangan namun tidak kembali beku.

Cara Membuat Adonan:

  1. Selanjutnya untuk dapat membuat adonan dapat dilakukan dengan mempersiapkan sebuah baskom dan masukkan kedalamnya tepung terigu bersama dengan gula, mentega, garam dan juga vanili. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk secara keseluruhan.
  2. Setelah itu, dalam wadah yang lain silahkan masak santan bersama dengan daun pandan sampai mendidi. Jangan lupa untuk terus mengaduk-aduk bahan ini agar tidak pecah yang membuat rasa dan penampilan dari santan menjadi berubah.
  3. Kemudian, masukkan kedalam tepung panas-panas dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata dengan cepat agar semua bahan dapat menyatu.
  4. Kemudian setelah itu, masukkan susu cair kedalamnya dan aduk-aduk kembali hingga semua tercampur dan lebih mengental.
  5. Setelah adonan hampir dingin, silahkan masukkan telur bersama dengan daging kelapa muda kedalamya dan aduk-aduk semua bahan ini secara merata sampai tercampur dan teraduk secara merata.
  6. Panaskan cetakan kue lumpur diatas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Lalu masukan adonan kedalamnya hingga 3/4 hampir penuh. Tutupi adonan dan masak sajian ini sampai matang dan berwarna kecoklatan.

Setelah matang, anda akan dapat mengangkat sajian ini dengan menggunakan garpu atau menggunakan sendok lainnya. Kini sajian kue lumpur tanpa kentang sudah bisa anda nikmati bersama dengan orang terkasih.

 

RESEP KUE CUBIT TANPA TELUR DAN CARA MEMBUATNYA

Resep Cara Membuat Kue Cubit Tanpa Telur

 

Biasanya membuat kue cubit itu umumnya sih  pake telur agar hasil kue dapat mengembang dengan baik dan menjadikan kuenya menjadi lembut. Namun sebenarnya tanpa telur pun bisa disiasati agar hasil kuenya lebih maksimal.

 

Berikut ini adalah hasil dari Resep Kue Cubit Tanpa Telur dan informasi lainnya yang berhubungan dengan Resep Kue Cubit Tanpa Telur yang bisa dicoba.

 

Bahan:

  • 300 ml air
  • 250 g tepung terigu
  • 75 g gula pasir
  • 1 bungkus Dancow isi 27 g
  • 1 sendok teh baking powder (BPDA)
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok makan selai cokelat teh hijau
  • Gula-gula warna-warni secukupnya
  • Minyak secukupnya

 

Cara Membuat:

  1. Dalam sebuah wadah campur rata terigu, gula pasir, susu bubuk, baking powder dan garam.
  2. Masukkan selai cokelat teh hijau dan aduk rata.
  3. Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai benar-benar tercampur rata.
  4. Saring adonan agar tidak ada yang menggumpal.
  5. Panaskan cetakan kue cubit dengan api kecil dan olesi dengan minyak.
  6. Isi cetakan dengan adonan menggunakan sendok sayur atau masukkan adonan ke dalam sebuah gelas takar jadi tinggal di tuang saja. Cetakan diisi sampai agak penuh, jangan sampai penuh karena adonan akan mengembang.
  7. Setelah adonan berlubang-lubang, taburi dengan gula-gula warna-warni kemudian tutup cetakan dan panggang sampai matang. Lakukan sampai adonan habis.
  8. Setelah matang, angkat kue cubit satu persatu menggunakan sendok makan.
  9. Kue Cubit Tanpa Telur siap dihidangkan.

 

 

Warnanya tidak hijau karena selai yang saya gunakan cuma sedikit. Harusnya saya kurangi sedikit jumlah gulanya agar bisa saya tambahkan selai dalam jumlah yang banyak.

 

 

 

Peluang Usaha Keripik Ubi Ungu Memiliki Keuntungan Yang Menggiurkan

Peluang Usaha Keripik Ubi Ungu – Banyak sekali kalangan masyarakat yang gemar memakan jajan atau ngemil. Dan banyak pula aneka jajan yang tersedia. Camilan yang dibuat dari ubi jalar memang memiliki kenikmatan tersendiri. Kerenyahan keripik ubi jalar hingga membuat semua orang tak pernah bosan menikmatinya.

 

peluang usaha keripik ubi ungu

Bahkan sekali menikmati akan menjadi ketagihan.  Kerenyahan dan kenikmatan yang tersuguhkan dalam keripik ubi jalar memang tak pernah tertandingi. Tak heran jika peminat masyarakat akan sajian keripik ubi jalar semakin meningkat. Peluang usaha keripik ubi jalar memang terbilang sangat menguntungkan jika dijalani. Dimana usaha keripik ubi jalar memang terbilang salah satu bisnis yang cukup menguntungkan. Keuntungan yang diperoleh melalui bisnis ubi jalar juga tidak sedikit sehingga terbilang sangat menggiurkan.

Dalam mengolah keripik ubi jalar pun juga bukan menjadi suatu hal yang sulit, karena keripik ubi jalar kini sudah banyak dijual di toko-toko maupun pasar tradisional. Melihat penggemar olahan keripik ubi jalar yang semakin meningkat hingga membuat peluang dari bisnis keripik ubi jalar patut tuk diperhitungkan.

Mungkin Anda tertarik menjalankan bisnis keripik ubi jalar? Ingin mencoba memulainya dari sekarang ? Bagi Anda yang ingin mencoba menjalankan kegiatan usaha keripik ubi jalar, silahkan simak detail langsung informasi dibawah ini.

Melihat Potensi Usaha Keripik Ubi Jalar

Ketika ingin menjalankan bisnis keripik ubi jalar maka perlu melihat potensi dari bisnis keripik ubi jalar. Camilan yang enak, gurih dan renyah ini memang sangat banyak peminatnya. Sehingga potensi bisnis keripik ubi jalar memang cukup bagus dan cemerlang.

Anda bisa menekuni bisnis keripik ubi jalar karena bisnis ubi jalar selain mudah dijalankan juga memiliki penggemar yang besar. Dengan bisnis keripik ubi jalar maka bisa mendatangkan laba yang besar.

Persiapan Modal Usaha Keripik Ubi Jalar

Pada saat ingin menjalankan bisnis keripik ubi jalar maka perlu menyediakan modal untuk membeli peralatan dan bahan baku. Persiapan modal bisnis keripik ubi jalar memang tidak besar. Anda bisa memulai bisnis keripik ubi jalar dengan modal yang sedikit dengan memanfaatkan peralatan rumah tangga seadanya. Dengan begitu akan lebih menghemat biaya pembelian peralatan.

Cara Membuat Keripik Ubi Jalar

Jika ingin menjalankan suatu bisnis maka perlu mengetahui cara pembuatan keripik ubi jalar dengan tepat. Pembuatan keripik ubi yang tepat juga bisa menghasilkan ubi yang lebih renyah dan nikmat.

Pembuatan keripik ubi jalar memang terbilang sangat simpel, cukup dengan menyedikan bahan uatam ubi kemudian mengupas kulit dan merajang menggunakan alat yang tepat agar bisa dengan mudah memproduksi keripik ubi jalar.

Pemasaran Usaha Keripik Ubi Jalar

Pemasaran keripik ubi jalar memang terbilang sangatlah mudah. Anda bisa menjual olahan keripik ubi jalar di berbagai tempat yang berada di kawasan yang strategis. Anda bisa membuka kios maupun warung kecil-kecilan yang berada di pinggir jalan. Atau bisa juga titipkan keripik ubi jalar di beberapa pedagang sayu, di toko dan di supermarket.

Selain itu, pemasaran keripik ubi bisa dipasarkan lewat jejaring sosial yang kini tengah populer dikalangan masyarakat. Anda bisa memanfaatkan telepon genggam sehingga jadikan pemasaran bisnis keripik ubi makin lancar.

Baca juga :

Cara Mengolah Ubi Menjadi Usaha Keripik Ubi yang Menghasilkan

« Older posts

© 2018 Belajar dan Berbagi

Theme by Anders NorenUp ↑