Belajar dan Berbagi

Resep, Tips dan Peluang Usaha Sekitar Kita

INI DIA..!! Cara Membuat Bakso Menggunakan Blender Paling Mudah

Cara Membuat Bakso Menggunakan Blender – Pada artikel kali ini saya akan membaggikan resep cara membuat bakso menggunakan blender.

Bakso merupakan salah satu jajanan populer alias jajanan sejuta umat yang sangat digemari. Bakso bisa kita peroleh dengan mudah dan dengan harga yang relatif terjangkau.

Namun pasti kalian juga penasara bagaimana cara membuat bakso dan ingin mencobanya di rumah, untuk membuat adonan bakso juga sangat mudah kita hanya tingal mengiling daging sapi atau ayam menggunakan food processor/blender ataupun jasa pengilingan daging.

Tapi pasti pilihannya yaitu menggiling daging menggunakan blender selain mudah pasti di setiap rumah mempunyai blender. yuk, dari pada penasaran simak resepnya berikut ini :

Baca Juga : Resep Bakso Ayam Kenyal, Resep Bakso Urat

Cara Membuat Bakso Menggunakan Blender

cara membuat bakso menggunakan blender

Bahan-Bahan yang Harus Anda Siapkan

  • 500 gram daging sapi
  • 125 gram  tepung sagu
  • 1 sendok makan bawang merah goreng
  • bawang putih goreng 1 sendok maakan
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • Pala bubuk 1/2 sendok makan
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • Telur ayam 1 butir, gunakan putihnya saja
  • 250 gram es batu yang sudah dihancurkan
  • kaldu bubuk, secukupnya
  • garam, secukupnya
  • air untuk merebus bakso

Cara Membuat Bakso Sapi dengan Blender

  1. Pertama potong-potong / cincang daging sapi, usahakan supaya cincang sehalus mungkin, dan serat-serat putih yang menempel pada daging, kita pisahkan dan sisihkan dulu karena akan susah lumat ketika di blender.
  2. Blender daging sapi cincang bersama dengan es batu sampai lumat. Blendernya sebentar-sebentar ya, agar blender tidak cepat panas.
  3. Kemudian masukkan bumbu-bumbu seperti bawang merah goreng, bawang putih goreng, lada bubuk, pala bubuk, garam dan kaldu bubuk. Blender lagi sebentar.
  4. Jika sudah pindahkan daging sapi yang sudah lumat kedalam wadah. Masukkan putih telur, tepung sagu, baking soda, baking powder, dan serat-serat daging yang kita sisihkan tadi (jika ada).
  5. Kemudian uleni adonan bakso menggunakan tangan sampai benar-benar merata dan bisa di bentuk.
  6. Panaskan air dalam panci, jika sudah mendidih maka kecilkan apinya.
  7. Bentuklah adonan bakso menjadi bulatan-bulatan dengan ukuran sesuai selera. Langsung cemplungkan kedalam air mendidih.
  8. Bakso yang sudah matang akan mengapung ke permukaan air, segeralah angkat agar bakso tidak melar dan tetap kenyal. Lalu tiriskan.
  9. Bakso sudah jadi siap untuk disajikan, bakso bisa di goreng, di kukus atau di rebus kembali bersama kuah.

Demikian artikel kali ini semoga dapat membantu dan selamat mencoba..

 

Yuk Kita Bikin Manisan Dari Kulit Jeruk Yang Super Lezat

Cara membuat manisan dari kulit jeruk – Kalianpasti sudah familiar dengan manisan kan? Makanan kering yang biasa dibuat dari buah – buahan maupun sayuran itu cukup disukai karena rasanya yang manis plus asam. Bahkan, beberapa orang malah ketagihan karena sensasi rasanya yang tak biasa.

Tapi, tahukah kamu kalau manisan tak hanya bisa dibuat dari buah ataupun sayuran saja ? Kali ini saya akan mengajak kalian untuk membuat manisan dari kulit jeruk. Kalau kalian kebetulan sedang makan jeruk, coba kulitnya jangan dibuang dulu.

Karena ternyata kulit jeruk yang dianggap banyak orang sebagai sampah justru bisa dijadikan camilan yang enak loh !

Baca juga cara membuat keripik buah semangka

Begini cara membuat manisan dari kulit jeruk :

cara membuat manisan dari kulit jeruk

1. Siapkan Kulit Jeruknya

Pertama, pisahkan antara buah dengan kulit jeruknya. Usahakan pilih jeruk yang buahnya bisa dikonsumsi secara langsung biar gak sia-sia. Kalau bisa, jangan gunakan jeruk lemon, karena agak susah untuk mengolahnya sekalipun tidak dilarang juga sih.

2. Potong Berpola

Setelah kulit jeruk berhasil dikupas, potong memanjang dengan ukuran yang relatif sama. Lalu, hilangkan bagian putih yang tipis di bagian dalam kulit untuk menghilangkan sedikit rasa pahitnya.

Kalau misalkan buah jeruk tersebut masih ada atau kalian tidak berminat memakannya, simpan saja. Karena nantinya kalian bisa menggunakannya untuk memperkaya rasa manisan melalui perasan buahnya.

3. Saatnya Merebus!

Kulit jeruk yang sudah dirajang tadi, rebuslah menggunakan air secukupnya ( biasanya setengah liter ) hingga semua kulit jeruk tenggelam. Kira – kira, proses ini perlu waktu 15 menit, setelah itu tiriskan.

Di tempat yang berbeda, rebus air dengan jumlah yang relatif sama. Dan kali ini tambahkan gula sesuai selera, bisa 5 hingga 6 sendok makan. Saat air tersebut sudah mulai masak dan berada di titik didih, kalian bisa mulai masukkan kulit jeruk yang sudah ditiriskan tadi dan rebus selama 45 menit.

Sesekali tengok kulit jeruk tersebut menggunakan saringan. Pastikan kulit jeruk tersebut segera diangkat setelah 45 menit supaya tidak terlalu lemas karena kelamaan direbus.

 

4. Yuk, Diangkat !

Setelah ditiriskan, dalam kondisi kering dan masih panas, masukkan kulit jeruk itu ke dalam gula pasir dan balurkan hingga merata. Tunggu sampai dingin, kemudian masukkan ke dalam toples.

Eits, tapi kalian belum disarankan untuk langsung memakannya, ya. Setelah dilapisi gula, kulit jeruk tersebut harus didiamkan selama 1 – 2 hari sampai benar – benar meresap.

Baca juga cara mengolah biji durian menjadi susu

Cukup mudah kan cara membuat manisan dari kulit jeruk  ? Gak perlu bahan yang aneh – aneh lagi. Coba deh bikin di rumah terus pamerkan ke teman – teman, pacar, atau bahkan calon mertua. Oh ya, manisan kulit jeruk ini boleh juga diberikan pada orang terdekat karena bisa awet hingga 2 bulan. Selamat mencoba!

Coba dan Rasakan! Resep Kue Basah Praktis

Kue Basah Praktis – Anda mungkin sudah apa yang namanya kue, kue dibagi menjadi beberapa jenis yaitu kue kering dan kue basah. kue basah adalah sejenis kue yang dibuat dengan cara direbus dan juga dikukus. sedangkan kue kering adalah jenis kue yang dibuat dengan cara digoreng atau dengan cara dioven.

Kue Basah Praktis

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah resep, yaitu resep Kue Basah Praktis. maka dari itu untuk anda yang sedang ingin membuatnya dirumah saya sudah siapkan resepnya untuk anda. karena dengan membuatnya dirumah kita juga bisa lebih berkreasi dan juga bisa memilih bahan – bahan yang berkualitas dan terjamin.

tetapi ada satu hal lagi, yaitu harus mencermati resep – resep berikut ini karena ada hal penting yang harus anda perhatikan. NNah langsung saja, berikut ini adalah Resep Kue Basah Praktisnya.

Resep Kue Basah Praktis Pertama

Bahan – Bahan :

  • Tepung terigu 1 kg
  • 1 kg gula pasir
  • Buah kelapa 3 butir
  • Vanili secukupnya
  • Air mineral 18 gelas
  • Garam secukupnya
  • 300 gram maizena
  • Pasta pandan secukupnya
Cara membuat:
  • Pertama kita siapkan bahan – bahan dan peralatannya terlebih dahulu.
  • Setelah itu, buatlah kelapa menjadi santan dengan semua air.
  • Masukkan terigu, gula, garam, vanili dan maizena. Aduk sampai halus,
  • Kemudian disaring agar tidak ada adonan yang bergerindil.
  • Bagi adonan jadi 2 bagian. Kukus lapisan pertama, kalau disentuh sudah tidak lengket, taruh lapisan kedua, begitu seterusnya sampai adonan habis.
  • Kue siap dinikmati bersama teman atau saudara.

Resep Kue Basah Praktis Ke-Dua

Bahan – Bahan :
  • Tepung sagu 17 sdm
  • 5 sdm tepung terigu
  • Santan kara 65 ml 2 bungkus
  • 300 ml air
  • Gula pasir 13 sdm
  • Pasta durian secukupnya
  • 2 bungkus vanili
  • Pasta pandan secukupnya
Cara membuat:
  • pertama kita siapkan terlebih dahulu bahan – bahan dan peralaannya.
  • kemudian Panaskan kukusan.
  • Masak santan, air, gula pasir dan vanilli sampai mendidih lalu dinginkan.
  • Campurkan tepung sagu dan tepung terigu dan santan yang sdah dingin tadi.
  • Setelah itu, bagi adonan menjadi 2, adonan 1 diberi pasta durian. Adonan 2 beri pasta pandan.
  • Siapkan loyang, lumuri dengan minyak sayur.
  • Kukus adonan 1 hingga matang, lalu lapis dengan adonan 2 lakukan terus hingga adonan habis.
  • Kue siap disajikan bersama keluarga tercinta.

Resep Kue Basah Praktis Ke-Tiga

Bahan – Bahan :
  • 200 gr ubi ungu kukus (haluskan)
  • Tepung ketan 200 gr
  • 250 gr gula merah, sisir halus
  • Kelapa parut, tambahkan sedikit garam dan kukus
  • 1/2 sdt garam
  • Air secukupnya
Cara membuat:
  • Pertama ita siapkan bahan dan peralatannya terlebih dahulu.
  • Setelah itu, campur ubi ungu, garam dan tepung ketan uleni, beri sedikit air, sampai bisa dibentuk.
  • Ambil sedikit adonan, isi dengan sedikit gula merah dan bulatkan.
  • Rebus air sampai mendidih, masukan bulatan klepon, rebus sampai mengapung ke atas, angkat dan langsung gulingkan ke parutan kelapa.
  • Kue siap disantap bersama orang tercinta.

Resep Kue Basah Praktis Ke-Empat

Bahan – Bahan :
  • Tepung terigu 250 gr
  • 65 ml santan cair
  • Telur ayam 1 butir
  • 1 sdt garam
  • Pasta pandan 1/2 sdt
  • 1/2 buah kelapa parut
  • Gula merah parut 200 gr
  • 1 helai daun pandan
Cara membuat:
  • pertama siapkan bahan dan peralatannya.
  • Selanjutnya untuk isian, rebus 50 ml air lalu masukkan gula merah aduk-aduk hingga mencair.
  • Masukkan kelapa parut dan daun pandan. Aduk-aduk hingga kalis, sisihkan.
  • Campur tepung terigu, garam, telor, cairan santan, pasta pandan.
  • Jika perlu, saring setelah diaduk rata hingga tidak ada gumpalan. Panaskan teflon, beri lapisan mentega lalu tuangkan 2 sendok sayur adonan.
  • Segera ratakan adonan begitu dituang ke atas teflon hingga tipis merata. Matangkan kedua sisi, sisihkan.
  • Beri isian Dadar Gulung sebanyak 1/2 sdm, lipat sisi-sisinya lalu gulung rapi. Sajikan.
Bila anda belum berhasil mencobannya, janganlah putus asa. Terus mencoba sampai bisa, dan mencapai hasil yang maksimal.
Demikian dari saya bila ada salah kata  mohon maaf dan semoga artikel saya tadi bermanfaat untuk anda. terima kasih dan selamat mencoba.

Bunda !! Disini Ada Cara Membuat Mie Sayur yang Sangat Mudah !

Cara Membuat Mie Sayur.Mie ayam adalah jajanan rakyat yang semakin banyak di jual di perkampungan. Walaupun demikian, mie ayam adalah jajanan sehat serta bergizi. Terkecuali enak, makanan ini mempunyai kandungan gizi yang terbilang komplit, dari mulai karbohidrat, protein, dan gizi yang didapat dari sayuran pelengkap mie ayam.

Mie Ayam aslinya dari Cina Selatan terutama dari daerah-daerah pelabuhan seperti Fujian dan Guandong. Setelah gerakan besar imigrasi orang-orang Arab dan Cina pada 1870 ke Jawa karena politik keterbukaan imigran Pemerintahan Hindia Belanda maka berkembang kantong-kantong pemukiman penduduk timur asing.

Menurut sejarah, mie pertama dibuat di daratan Cina saat zaman Dinasti Han pada tahun 25-200 AD. Mie kemudian berkembang ke negara-negara Asia Tenggara seperti Jepang, Korea dan Taiwan. Tak berhenti sampai di situ, setelah Marco Polo berkunjung ke Cina, ia membawa serta mie pulang ke Eropa sebagai oleh-oleh. Pada perkembangannya, mie yang dibawa Marco Polo ke Eropa berubah menjadi pasta seperti yang kita tahu saat ini.

Bagi bangsa Cina, mie adalah simbol kehidupan yang panjang. Bentuknya yang panjang dan tidak mudah putus adalah gambaran harapan umur panjang. Karenanya mie sering dijadikan sajian wajib pada acara ulang tahun atau tahun baru, sebagai lambang umur panjang. Mie digunakan sebagai pengganti kue ulang tahun di China.

Dalam proses pembuatannya, mie sehat tentunya tidak menyertakan bahan pengawet, berbeda dengan mie dalam kemasan yang lebih sering kita jumpai. Bukan hanya itu saja, mie yang sehat pun tidak menyertakan zat pewarna selain warna alami dari bahan pembuatannya seperti sayur maupun buah atau ikan, lalu mie yang sehat juga tidak penggunakan zat pengenyal.

Mie yang sehat di Indonesia sendiri sekarang ini pun sudah ada yang hadir dalam bentuk instan, meski memang pilihan rasa sayurannya tidak sebanyak mie instan yang kebanyakan ada. Mie sehat berbahan dasar sayur dapat menjadi alternatif konsumsi sehat untuk kita ketika lapar.

Nah untuk kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara membuat Mie Sayur yang sangat mudah dan lezat di lidah kita.

Langsung saja untuk resepnya di bawah ini:

Cara Membuat Mie Sayur

Bahan – bahan:

  1. Mie telor ½ bungkus
  2. Udang dibersihkan dan kupas kulitnya 125 gram
  3. Wortel 1 biji
  4. Sawi hijau 1 ikat
  5. Kol putih 3 lembar
  6. Daun bawang 1 batang
  7. Seledri 3 batang
  8. Mentimun 1 buah
  9. Bawang goreng 1 sdm
  10. ½ potong jeruk nipis

Bumbu – bumbu yang dihaluskan:

  1. bawang merah 7 siung
  2. bawang putih 4 siung
  3. kemiri 3 butir
  4. merica (lada) bubuk 2 sdt
  5. kecap manis 3sdm
  6. garam dan penyedap rasa secukupnya
  7. minyak zaitun secukupnya untuk menggoreng.

Cara membuatnya:

  1. persiapkan sayuran
  2. cuci bersih
  3. dipotong rapi (jangan terlalu kecil),sisihkan
  4. Daging udang dilumuri garam dan perasan air jeruk nipis, biarkan 15 – 20 menit, cuci bersih dan goreng hingga kemerahan, sisihkan.
  5. Rebus mie telor hingga matang,sisihkan.
  6. Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan kemiri.
  7. Tumis bumbu halus dengan minyak zaitun, tambahkan garam, penyedap rasa dan lada halus. Jika berbau harum, masukkan udang goreng, tambahkan semua sayur dan mie telor. Aduk hingga rata, kemudian tuangkan kecap manis
  8. Aduk sekali lagi sampai mie tercampur rata dan matang.
  9. Sajikan bersama dengan taburan seledri dan bawang goreng, hiasi dengan irisan mentimun segar dan cabe rawit hijau.

Demikian artikel tentang cara membuat mie sayur yang tidak kalah lezat dengan mie lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Terimakasih.

Terungkap..! Cara Mengolah Biji Durian Menjadi Susu

Cara mengolah biji durian menjadi susu – Biasanya saat musim durian, kita akan menemukan biji durian yang dibuang dan hanya menjadi Limbah tidak berguna. Tetapi, kini pandangan tersebut telah dirubah menjadi minuman sehat yang mengandung protein tinggi.

Biji durian berhasil diolah menjadi susu dengan proses yang sederhana sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pengganti susu sapi yang sedik mahal harganya.

Cara mengolah biji durian menjadi susu

cara mengolah biji durian menjadi susu

  1. Langkah pertama abis lu makan itu durian nya biji nya lu simpen, gak deng… Bijinya lu rebus semuanya jadi satu
  2. Nah, abis lu rebus lu kupas kulitnya.
  3. Udah di kupas? lu rebus lagi itu biji durian yang udah lu kupas.
  4. Setelah lu rebus lagi, potong-potong biji durian yg udah di kupas.
  5. Habis itu lu halusin, bukan alusin yg gimana-gimana, tapi maksut gue alusin disini lu blender biji durian yg lu potong-potong itu, pakai air pastinya blender nya. kalau bisa takaran airnya itu diatas dari tumpukan biji durian yg udah di potong-potong itu.
  6. Oh ya blender nya harus sampe halus banget loh yah, kaya bikin juice strawberry gitu, haus jadinya…
  7. Okay lanjut, setelah di blender.. lu saring biji durian yang udah lu blender itu
  8. Nah.. ini langkah yg hampir akhir sebelum lu minum. lu masak biji durian yang udah lu saring itu atau di rebus lah istilahnya, tapi rebusnya gak usah pake air lagi. oks?

Baca juga cara membuat keripik biji durian

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh biji durian :

1. Sebagai sumber energi dan tenaga

Selain daging buahnya, biji durian juga dapat menjadi salah satu sumber energy bagi tubuh. Hal ini dikarenakan biji durian memiliki kandungan sari pati yang cukup tinggi sehingga mampu menyuplai kebutuhan energy bagi tubuh.

Biji durian, terutama biji durian yang direbus dapat menggantikan fungsi ubi, singkong, bahkan nasi dalam hal pemenuhan kebutuhan energy yang dibutuhkan oleh tubuh sehari – hari.

Baik sebagai sumber energi dan tenaga.

2. Pembuatan tepung biji durian

Manfaat lain dari biji durian ialah dapat dimanfaatkan sebagai tepung. Biji durian yang dikeringkan dapat digiling hingga halus dan dimanfaatkan untuk dijadikan tepung. Tepung dari biji durian ini dapat menggantikan penggunaan tepung terigu yang biasa digunakan dalam pembuatan bahan makanan.

3. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Setelah diteliti lebih lanjut, biji durian memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tulang anda. fosfor dan kalsium ini merupakan dua zat yang penting untuk kesehatan tulang anda, seperti :

  • Membantu menjaga kesehatan tulang
  • Memperkuat struktur tulang
  • Menjaga kesehatan dan kekuatan gigi
  • Mencegah terjadinya osteoporosis
Baik untuk tulang dan gigi

4. Memiliki kandungan protein

Biji durian juga memiliki kandungan protein. Meskipun kandungan protein yang dimiliki oleh biji duren tidak banyak, namun kandungan protein ini dapat membantu memnuhi kebutuhan tubuh akan protein dalam sehari – hari. Berikut ini manfaat protein bagi tubuh :

  • Membantu mengikat lemak
  • Menguatkan otot
  • Memberikan energy bagi tubuh
  • Menjaga daya tahan tubuh

5. Sebagai campuran dari obat yang berbentuk tablet

Ekstrak dari biji durian juga sering dimanfaatkan untuk campuran dalam ppembuatan tablet – tablet dan obat – obatan yang biasa kita konsumsi sehari – hari.

6. Penguat rasa

Manfaat lain dari biji durian adalah sebagai penguat rasa durian, terutama ketika anda mencoba membuat es krim dengan bahan dasar durian. Buah durian yang masih menempel pada bijinya akan membuat rasa dan tekstur dari es krim durian menjadi lebih nikmat dan lezat untuk dikonsumsi.

7. Campuran pada kolak durian

Salah satu olahan yang sangat menggiurkan adalah kolak durian. Mirip seperti jenis kolak pisang, hanya saja menggunakan daging durian sebagai bahan dasarnya. Biasanya biji durian yang sudah matang dan layak dikonsumsi juga turut dimasukkan sebagai bahan campuran dari kolak durian.

Baca juga cara membuat keripik mangga

Mudah bukan..! cara mengolah biji durian menjadi susu. Selamat mencoba dan nikmatkan rasanya..!!

Lihatlah dan Cobain Sendiri! Cara Membuat Kue Brownies

Cara Membuat Kue – Saya yakin anda sudah mengetahui tantang apa itu kue, kue adalah mekanan ringan yang banyak dijajakan dipasaran. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kue memang sangat digemari oleh banyak masyarakat, khususnya anak – anak dan remaja.

Maka dari itu tidak salah bila kita membuatnya sendiri, karena dengan membuatnya sendiri kita bisa memilih bahan yang berkuwalitas baik dan tidak kadaluwarsa.

 

Cara Membuat Kue

Meskipun anda tidak membuatnya sekarang…, tidak salah bila anda mengetahui resepnya terlebih dahulu. Nah langsung saja berikut ini adalah Cara Membuat Kue Brownies.

Cara Membuat Kue Brownies

Resep Pertama

Bahan – Bahan :

  • Cokelat blok 200 gr
  • 150 ml susu kental manis (cokelat)
  • Garam halus 1/2 sdt
  • 1/2 sdt
  • Vanili  1  sachet
  • 1/2 sdt baking powder
  • Ovalet 1 sdm
  • 250 gr terigu
  • Telur ayam 12 butir
  • 360 ml minyak goreng
  • Cokelat bubuk 100 gr
  • 450 gr gula pasir

Cara Membuat Kue :

  • Siapkan wadah, beri alas kertas roti dan olesi tipis-tipis dengan mentega atau minyak goreng di permukaan dalamnya. Sisihkan.
  • Siapkan juga kukusan dan bungkus tutupnya dengan kain bersih untuk menghindari air yang jatuh diatas adonan.
  • Kemudian ayak tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder dalam satu wadah. Sisihkan.
  • Larutkan coklat blok, kemudian campur dengan minyak goreng sampai merata. Sisihkan.
  • Masukkan telur, gula, vanili bubuk, garam, dan ovalet ke dalam baskom lainnya.
  • Aduk dengan mixerdengann kecepatan sedang sampai mengembang dan kental.
  • Masukkan campuran terigu ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dengan menggunakan spatula.
  • Tambahkan campuran cokelat dan minyak ke dalam adonan. Aduk hingga rata.
  • Ambil sedikit adonan, lalu campur dengan susu kental manis cokelat. Aduk rata dan sisihkan.
  • Tuang setengah adonan utama ke dalam loyang.
  • Kukus selama kurang lebih 10 menit.
  • Setelah itu, masukkan adonan yang diberi susu kental manis cokelat tadi di atasnya.
  • Kukus lagi selama 10 menit.
  • Terakhir, masukkan sisa adonan utama sampai habis.
  • Kukus lagi selama kurang lebih 20 menit atau sampai matang.
  • Kue siap disantap bersama keluarga tercinta.

Resep Ke-Dua

Bahan – Bahan :

  • 75 gram terigu
  • 4 buah strawberry
  • 2 butir telur
  • 75 gram gula pasir
  • 75 gram mentega
  • 170 gram coklat

Cara Membuat Kue :

  • Siapkan bahan-bahannya seperti gula pasir, mentega, coklat, terigu, telur dan strawberry untuk hiasan brownies.
  • Masukkan 2 butir telur dan gula pasir ke dalam wadah.
  • Kemudian aduk hingga rata menggunakan mixer.
  • Aduk terus sampai adonan mengembang dan berwarna putih.
  • Selanjutnya, masukkan terigu dan mentega yang telah dicairkan ke dalam adonan sambil tetap mengaduknya menggunakan mixer, bila belum ada mixer anda bisa juga menggunakan tangan untuk mengaduknya .
  • Sembari diaduk, tambahkan coklat yang telah dilarutkan sebelum ke dalam adonan.
  • Aduk kembali adonan hingga benar-benar merata. Gunakan whisk untuk mengaduknya agar semua adonan tercampur rata.
  • Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam wadah yang sudah diolesi dengan mentega.
  • Masukkan adonan yang sudah dituangkan ke dalam loyang tadi ke dalam panci kukus.
  • Kemudian kukus selama kurang lebih 30 menit dengan api yang kecil, jangan menggunakan api yang terlalu besar supaya mekarnya bisa bagus. Angkat.
  • Kue siap dinikmati bersama saudara atau teman.

Bila anda telah mencobanya.., dan tidak berhasil, janganlah anda menyerah dan putus asa terus mencoba sampai hasilnya maksimal.

Sekian dari saya bila ada salah kata mohon maaf, semoga artikel saya tadi dapat membantu anda. Terima kasih dan selamat mencoba.

 

 

 

SPESIAL..! Resep Bakso Urat Paling Enak dan Lezat Terjamin..!

Resep Bakso Urat – Pada artikel kali ini saya akan membagikan resep bakso urat sapi, siapa sih orang yang tidak mengenal atau suka bakso?

Pasti semua sudah pernah mencobanya walaupun hanya sekali, bakso sangat banyak macamnya ada bakso urat, bakso setan ataupun bakso isi, dan lain-lain.

Nah pada artikel kali ini saya hanya akan membagikan resep bakso urat daging sapi saja, yaudah tidak usah lama-lama berikut resepnya

Baca Juga : Kreasi Makanan dari Bakso, Cara  Membuat Bakso Sapi,

Resep Bakso Urat Sapi Super Lezat

resep bakso urat

Bahan-Bahan Yang Digunakan Untuk Membuat Bakso :

  • 1 kg daging sapi, yang sudah di giling tapi jangan halus-halus tapi sedikit kasar
  • 50 gram urat daging sapi, yang sudah di  potong kecil-kecil
  • 150 gram tepung kanji
  • 5 siung bawang putih, yang di haluskan
  • ½ sensok makan merica bubuk
  • 1 sendok teh kaldu bubuk rasa sapi (opsional)
  • Garam secukupnya
  • 40 gram es batu

Bahan Untuk Membuat Kuah Bakso:

  • 1 liter udara
  • 4 butir bawang merah, goreng, haluskan
  • 5 siung bawang putih, goreng, haluskan
  • ½ sendok teh lada bubuk
  • 1 sendok teh kaldu bubuk rasa sapi
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukunya
  • 2 batang daun bawang, gunakan bagian putihnya, iris tipis

Bahan atau Bumbu Pelengkap:

  • Mie kuning secukupnya, rendam air panas, kemudian tiriskan
  • Mie sohun secukupnya, di rendam air panas, lalu tiriskan
  • 1 batang daun seledri, iris halus
  • Bawang goreng secukupnya
  • Sambal rawit goreng
  • Saus sambal
  • Kecap manis

Cara Membuat Bakso Urat Spesial :

  • Pertama masukan daging yang sudah di giling, juga tepung kanji, bawang putih, merica bubuk, kaldu bubuk, garam, dan es batu pada food processor, kemudian poses sampai halus dan tercampur rata.
  • Kemudian campur adonan dengan potongan urat sapi, lalu aduk sampai tercampur rata. Anda bisa menambahkan es batu jika adonan masih susah di bentuk.
  • Selanjutnya didihkan air pada panci. Dan kecilkan api.
  • Langkah selanjutnya ambil adonan secukupnya, kepal dengan tangan hingga adonan bakso keluar di antara ibu jari dan telunjuk (berbentuk bulat), lepaskan dengan bantuan sendok. Kemudian masukan ke panci yang berisi air panas. Silahkan ulangi cara tersebut hingga adonan bakso habis.
  • Kalian masak dengan api sedang sampai semua bakso mengapung, kemudian angkat dan tiriskan.
  • Buat kuah bakso dengan cara : Pertama siahkan panaskan air pada panci, kemudian masukan bawang merah, bawang putih, lada bubuk, kaldu bubuk, gula pasir, garam, dan irisan daun bawang. Lalu aduk sampai tercampur rata dan masak hingga mendidih.
  • Taruh mie kuning dan mie sohun pada mangkuk, tambah bakso urat, kemudian tuang kuah secukupnya dan taburi irisan daun seledri dan bawang goreng.Terakhir hidangkan dengan sambal rawit, sambal saus, dan kecap manis.
  • Bakso urat spesial siap untuk di nikmati.

Nah itu tadi resep bakso urat yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat dan dapat membantu terima kasih

Tips Praktis untuk Membuat Mie Samyang dengan Mudah !

Cara Membuat Mie Samyang.Samyang Foods sendiri adalah perusahaan pertama yang memproduksi mi instan di Korea Selatan pada 1963. Berdasarkan situs resminya, Samyang Foods memperoleh sertifikat halal internasional (KOLAS, ISO22000, HALAL) pada 2014.

Namun, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini mengumumkan hasil temuan bahwa dua produk mi Samyang mengandung babi, yaitu mi Samyang rasa U-Dong dan rasa kimchi. Kedua produk ini diimpor oleh PT Koin Bumi.

Dilansir dari Korea JoongAng Daily, Asia Tenggara termasuk Indonesia berkontribusi 35 persen terhadap total pasar dari mi Samyang pada 2016. Penjualan mi Samyang di Asia Tenggara juga tercatat sebesar 30 miliar won (Rp 351,92 miliar, kurs Rp 11,73 per won), atau melonjak hingga lima kali lipat dibanding 2015.

Mie samyang ini memang trend kuliner baru di negara kita. Pada mulanya memang anak-anak muda penggemar korean style yang menyukainya. Tetapi saat ini bahkan orang dewasa penggemar masakan pedas pun akhirnya banyak yang ikut-ikutan.

Dengan menggunakan bumbu khas dari negeri Ginseng ini, mie instant samyang ini saat ini memang sangat populer di tengah masyarakat. Padahal sebenarnya kelebihan dari resep mie samyang ini cuma di level rasa pedasnya saja lho. Kalau buat penggemar pedas, level rasa dari resep mie samyang ini tentu pas sekali di lidah mereka.

Kalau masalah selera tentu beda-beda bukan. Karena memang barang baru dan populer, maka banyak yang bilang kalau resep mie samyang dari Korea ini lebih nikmat dan lezat. Tetapi buat sebagian orang, rasa mie instan korea ini juga tidak terlalu berbeda dengan mie instan asli Indonesia.

Selain itu tentu saja bumbu pelengkap samyang noodle nya seperti jamur kering dan biji wijen nya yang membuatnya kelihatan lebih premium dibandingkan dengan mie instan lokal. Tetapi yang paling penting, kalau kita membeli mie ini harus ada logo halal dibagian depannya.

Harga mie instan super pedas asal korea ini memang jauh lebih mahal. Kalau dibandingkan dengan mie goreng instan lokal, harganya bisa sampai 8 kali lipat bahkan bisa lebih. Mungkin karena harus di import langsung membuatnya lebih mahal.

Selain itu memang penjual mie samyang noodle ini agak susah ditemukan. Kalau mie instan lokal kan di warung-warung kecil kita juga bisa membelinya dengan mudah. Nah untuk mengatasinya, kali ini kita akan berikan cara membuat mie samyang sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana.

Kebanyakan orang yang pada akhirnya menikmati Samyang mengaku, awalnya mereka tertarik mencari-membeli-dan mencoba karena melihat video-video yang berjudul Samyang Challenge di sosial media.

Dan hampir semua video itu memperlihatkan ekspresi kepedesan, hingga banyak orang yang ingin membuktikan, sepedes apa sih Samyang? Dengan muka merah, mulut megap-megap, keringetan, dan setelahnya langsung minum air bergalon-galon. Hal inilah yang sontak membuat banyak orang penasaran, hingga memburu Samyang ke mana-mana.

Walau begitu, ternyata masih ada aja orang yang menambah cabai atau sambal untuk Samyang Challenge ini. Tantangannya, mereka harus menghabiskan satu bungkus Samyang dan nggak boleh minum sampai Samyang di piring atau mangkok benar-benar tandang. Kamu bisa bayangin kan gimana pedasnya? mungkin mules-mules ya? hehehe.

Cara Membuat Mie Samyang

Bahan Martabak Mie Samyang :

  1. 1 butir telur
  2. potongan keju
  3. daging cincang (bisa juga kamu ganti dengan yang lain seperti sayuran)
  4. 1 bungkus mie samyang

Cara Membuat Martabak Mie Samyang :

  1. Rebus sampai matang
  2. Kocok telur yang sudah ditambah sedikit bumbu samyang, selagi kamu menunggu mie masak
  3. Jika sudah, campur mie dan telur tersebut, goreng hingga satu sisi matang dan jangan lupa membalikknya
  4. Silakan menuangkan saus mie samyang ke bagian yang sudah matang, taburi daging cincang, potongan keju atau toping lain yang kamu inginkan.
  5. Selamat menyajikan.

Bahan Samyang Super Pedas :

  1. 2 bungkus mie samyang
  2. 1 bungkus kecil bean bozzel
  3. 2 kg cabe rawit
  4. 1 bungkus bon cabe level 15 (ingat, yang bungkus bukan yang botol)
  5. 2 sendok sayur saos sambal extra pedas
  6. 1 bungkus cabe aida
  7. 1 bungkus maicih level paling tinggi

Cara Membuat Samyang Super Pedas :

  1. Pertama, masukkan dan rebus mie samyang sampai matang.
  2. Selama mie samyang masih masak, campur saus samyang, saos sambal, bon cabe, cabai rawit dan aida ke dalam mangkok.
  3. Sesudah mie matang, tuang ke dalam mangkok yang berisi campuran bumbu tadi.
  4. Aduk sampai mie tercampur rata dengan bumbu.
  5. Jika sudah, taburkan maicih level tertinggi serta bean bozzel.
  6. Mie samyang super pedas pun sudah bisa dinikmati.

Demikian artiikel tentang  Membuat Mie Samyang dengan Mudah. Unruk anda yang belum tau, bisa dilakukan dieumah dengan resep diatas.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Terimakasih.

Disinilah Tempatnya! Resep Kue Unik dari Singkong

Resep Kue Unik dari singkong – seperti yang sudah kita ketahui bersama singkong ternyata dapat diolah dengan berbagai pengolahan, baik dibuat menjadi kue ataupun dibuat menjadi berbagai macam makanan lainnya.

Sekarang ini saya akan mengkreasikan singkong menjadi sebuah kue yang sangat menarik dan unik, terutama dengan memiliki tampilan warna yang berbeda-beda. Kue singkong ini akan saya campurkan dengan pisang tanduk.

Resep Kue Unik

Kue ini juga termasuk dalam kategori kue basah yang biasa disajikan dengan taburan kelapa parut sehingga membuat kue singkong ini menjadi lebih gurih dan lembut saat dimakan.

Nah, langsung saja untuk anda yang ingin mencobanya dirumah dan tidak punya resep kuenya, saya sudah siapkan untuk anda. Berikut ini adalah resepnya, tapi ada satu hal lagi yang harus anda ketahui, anda harus membaca dengan cermat resep berikut ini karena ada yang harus anda perhatikan.

Resep Kue Unik Singkong Pertama

Bahan – Bahan :

  • Garam 1/2 sdt
  • 1 lbr daun pandan
  • 1 kg singkong
  • 500 gr kelapa parut
  • Pisang tanduk 2 buah
  • Pewarna makanan (hijau)
  • 1/2 sdt pasta vanili
  • Air bersih 200 ml
  • Gula pasir 200 gr
  • 1/2 sdt garam halus

Cara Membuat :

  • Bersihkan singkong terlebih dahulu kupas kulit singkong.
  • Parut singkong  kemudian diperas dan buang airnya.
  • Campurkan semua bahan lalu diaduk sampai merata sembari diuleni dengan tangan.
  • Simpan adonan pada tempat yang datar lalu pipihkan.
  • Simpan pisang tanduk diatas adonan bagian pinggir.
  • Gulung adonan yang sudah diisi pisang lalu dikukus hingga matang selama 45 menit.
  • Sambil menunggu kue matang siapkan juga bahan lapisan luar.
  • Campurkan semua bahan lapisan lalu kukus selama 5 menit.
  • Bila kue sudah matang potong melingkar adonannya.
  • Baluri dengan kelapa parut.
  • Kue siap dinikmati bersama teman atau keluarga.

Resep Kue Unik Singkong Kedua

Bahan – Bahan :

  • Oreo yang sudah haluskan 12 buah
  • 2 sdm susu kental manis cokelat 
  • 500 gr singkong parut
  • Garam 1/8 sdt
  • 75 gr gula pasir
  • 200 ml santan

Cara Membuat :

  • Campurkan semua bahan isi.
  • Aduk dengan rata.
  • Bentuk adonan menjadi bulat-bulat.
  • Setelah itu, aduk semua bahan kulit jadi satu.
  • Tuang ke dalam cetakan tabung berdiameter 5 cm yang sudah diolesi minyak goreng.
  • Masukan adonannya.
  • Tutup dengan adonan kulit.
  • Kukus di dalam pengukus di atas api minimal 30 menit.
  • Bila sudah matang, sisihkan adanan, Tiriskan.
  • Kuenya siap disajikan bersama keluarga.

Resep Kue Unik Singkong Ketiga

Bahan – Bahan :

  • Gula merah 125 gr yang sudah dihaluskan
  • Gula pasir sesuai selera
  • Daun pisang secukupnya
  • Singkong 3 buah ambil patinya dengan cara diperas airnya
  • Garam secukupnya
  • Kelapa parut 100 gr yang dikukus sebentar

Cara Membuat :

  • Masukan singkong parut, gula merah, garam, kelapa parut dan gula pasir.
  • Ambil pati singkoong lalu aduk rata dengan semua bahan.
  • Ambil daun pisang untuk membungkus adonan.
  • Agar bentuk adonan menarik, anda bisa membungkusnya dengan bentuk ssesuai selera anda.
  • Tusukan lidi pada daun pisang agar adonan lebih rapi dan matang sempurna.
  • Kukus selama 30 menit dengan api sedang sampai matangnya sempurna dan daun pisangnya mulai layu.
  • Bila sudah matang sisihkan adonan.
  • Agarrasanya lebih enak, anda bisa taburkan kelapa parut yang masih tersisa tadi dan siram juga dengan gula merah yang sudah dicairkan.
  • Kuenya siap untuk disantap bersama teman atau saudara.

Sekian dari saya bila ada salah kata mohon maaf, dan bila anda kurang sukses saat mencobanya jangan menyerah terus mencoba sampai bisa. Semoga artikel tadi dapat membantu anda, terima kasih dan selamat mencoba.

Ini Dia..! Kreasi Makanan Dari Bakso Yang Wajib Anda COBA..!

Kreasi Makanan Dari Bakso – Pada artikel kali ini saya akan membagikan kreasi makaan yang terbuat dari bakso beserta resepnya yang bisa anda praktekan di rumah sebagai inovasi baru.

Ternyata bakso selain  di sajikan dengan kuah bakso juga dapat di sajikan dengan bahan lainnya seperti di buat menjadi seperti di bawah ini :

Baca Juga : Kreasi Bakso Unik dan Resep, Resep bakso Urat

Kreasi Makanan Dari Bakso Yang Bisa Anda Coba

1.  Bakso Bakar Isi Keju

kreasi makanan dari bakso

Sebagai solusinya bagaimana jika anda buat sendiri saja makanan bakso bakar keju ini di rumah, jelas makanan yang kita konsumsi lebih baik kita mengolahnya dengan tangan kita sendirikan.

Jika anda berminat dengan resep bakso bakar kali ini, baiklah kita langsung saja simak dengan cara membuat bakso keju bakar enak dan gurih. Berikut ini akan kami ulaskan mulai dari bahan dan bumbu yang di gunakan, sampai untuk kecara-cara membuatnya berikut ini.

Bahan–Bahan Yang Diperlukan :

  • 8 butir bakso sapi atau secukupnya
  • 1 bungkus saus teriyaki
  • 30 gram keju parut
  • Mentega atau margarin secukupnya
  • Tusukan sate secukupnya

Cara-Cara Membuat Bakso Keju Bakar :

  1. Pertama ambil bakso sapi lalu dikerat-keratkan dengan menggunakan pisau namun jangan terlalu banyak.
  2. Siapkan wadah lalu masukkan saus teriyaki serta bakso dan diaduk sampai merata dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.
  3. Setelah itu ambil satu tusukan dan tusukan 2 bakso, lakukanlah sampai semua bakso habis.
  4. Pangganglah semua bakso yang sudah ditusuk kedalam penggangan lalu dibolak balik sambil diolesi margarin dan panggang sampai matang.
  5. Siapkan piring lalu letakkan bakso kemudian taburi diatasnya dengan parutan keju dan siap untuk dinikmati.

2. Tahu Isi Bakso

kreasi makanan dari bakso

Bahan-Bahan Yang Diperlukan :

  • Tahu dengan kulit kotak 17 buah, di belah jadi dua, pada bagian sisinya jangan sampai putus.

Bahan-bahan untuk isiannya :

  • Bawang putih 2 siung, di haluskan.
  • Daging giling 150 gram, kalo daginya sesuai selera anda saja.
  • Lada bubuk ¼ sendok teh.
  • Garam ½ sendok teh.
  • Tepung sagu 75 gram.
  • Penyedap rasa ¼ sendok teh.
  • Air es 50 ml.
  • Daun bawang 1 batang, di iris sampai halus.
  • Telur ayam 1 butir, di ambil bagian putihnya saja.

Cara Membuat Tahu Isi Bakso :

  1. Untuk langkah yang pertama anda buatlah isianya terlebih dahulu, daging yang sudah di giling di aduk merata dengan bahan lain seperti, garam, bawang putih, penyedap rasa, lada bubuk, air es, daun bawang, juga putih telur. kalau sudah tambahkan juga tepung sagu juga, kemudian di aduk sampai merata.
  2. Berikutnya ambilah tahu, lalu isi dengan isian sebanyak 1 sendok saja, atau hingga jadi agak munjung. Lakukan lah sampai semuanya habis juga beres.
  3. Selanjutnya tahu yang sudah di isi, terus di kukus kurang lebih selama 20 menitan, dengan menggunakan api sedang hingga jadi matang sempurna.
  4. Jika sudah silahkan angkat, dan tahu isi bakso sudah saip anda sajikan.
  5. Biar makin sedap makan menggunakan sambal/saus atau cabai

Nah itu tadi kreasi makanan dari bakso yang bisa saya bagikan semoga dapat membantu terima  kasih

« Older posts

© 2018 Belajar dan Berbagi

Theme by Anders NorenUp ↑